√ 3 Cara Atasi Tv Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Cirikhas.com – Televisi atau TV yang merupakan bagian dari barang elektronik memang tidak bisa terhindar dari yang namanya kerusakan. Walau perawatan yang baik sudah diberikan tetapi terkadang kerusakan tetap terjadi pada TV. Seperti misalnya Tv Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup.

Bagaimanapun juga sebuah produk ciptaan manusia pasti akan mengalami kerusakan seiring lamanya umur pemakaian. Umur pemakaian ini pun sudah diperkirakan oleh para produser agar produksi mereka tetap laku.

Jaman sekarang TV LED sudah banyak menggantikan posisi tren TV tabung. Televisi layar datar atau sering dikenal LED (Light Emitting Diode) tersedia dengan berbagai ukuran. Cara kerja dari TV LED ini menggunakan teknologi LED yang mampu memancarkan cahaya saat diberikan tegangan listrik.

Secara tampilan memang TV LED ini tidak banyak perbedaan dengan TV LCD, namun jumlah konsumsi daya listrik lebih sedikit daripada TV tabung dan TV LCD. TV LED pun tidak mudah panas dalam penggunaanya karena konsumsi daya listrik yang sedikit ini.

TV LED pengembangan dari TV LCD menggunakan mode backlight. Teknologi ini memungkinkan LED memancarkan gambar dengan warna lebih cerah dibanding model-model TV pendahulunya. Selain itu, backlight membuat kontras warna tayangan menjadi lebih tajam pada TV LED.

Walaupun begitu, yang namanya TV pasti tidak luput dari kerusakan seperti yang admin sudah jelaskan diatas. Bahwa barang elektronik mempunyai umur pemakaian. Kerusakan atau kendala yang sering terjadi adalah TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

Kendala seperti diatas pastinya membuat anda bingung. Tetapi jika anda ingin memperbaikinya, maka anda harus mencari tahu lebih dulu penyebab error agar bisa memperbaikinya. Bagaimana cara atasi TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup?

Penyebab Tv Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Tv Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup
Tv Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Kondisi TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup ketika dinyalakan. Yang pasti dari kendala tersebut pemicunya karena ada salah satu atau lebih komponen pada TV yang tidak bekerja secara normal. Berikut beberapa penyebab yang mengakibatkan TV mengalami kendala tersebut berikut penyebab TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup:

1. Komponen Elco Bermasalah

Kendala TV tidak bisa hidup tapi lampu indikator power menyala disebabkan yang pertama oleh komponen elco pada TV bermasalah. Kondisi seperti ini sering disebut dengan mati Standby yang menyebabkan televisi tidak mau hidup tetapi lampu indikator power menyala setelah TV tersebut dihidupkan.

2. Tidak Berfungsinya Horizontal Flyback

Penyebab yang selanjutnya ialah karena Horizontal Flyback TV tidak berfungsi atau tidak bekerja. Horizontal Flyback tidak bekerja pun ada penyebabnya yaitu transistor horizontal atau bisa juga disebut transistor short tidak menerima sinyal input driver sehingga tidak aktif. Driver horizontal tidak bekerja dikarenakan tegangan untuk driver tidak ada.

3. Tegangan Regulator Drop

Tegangan regulator yang drop juga menjadi salah satu penyebab tv tidak bisa hidup tapi lampu indikator power nyala. Tegangan regulator drop menyebabkan TV tidak hidup dan biasanya terjadi pada beberapa level tegangan tinggi saja.

Jadi tidak terjadi pad tegangan 5 volt untuk menyuplai IC Program sehingga lampu power menyala dengan keadaan TV mati.

Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Hidup Tapi Lampu Power Nyala

Setelah mengetahui penyebab mengapa TV tidak bisa hidup tapi lampu power nyala, maka anda bisa memperbaiki TV sesuai penyebab kerusakan. Biasanya tv yang sering mengalami kerusakan seperti itu adalah merk LG, Polytron, Coocaa, dan merk China.

Adapun dua tindakan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki TV tidak bisa hidup tapi lampu power nyala. Anda bisa mencoba menerapkan cara memperbaiki TV tidak bisa hidup tapi lampu power nyala milik anda.

1. Membongkar Casing TV

Cara pertama yang bisa anda lakukan apabila TV tidak bisa hidup tapi lampu power nyala ialah membongkar casing TV. Setelah itu lakukan pengukuran tegangan pada bagian B+115 TV tersebut.

Kemudian anda akan menjumpai dua kondisi. Apabila pengukuran menunjukkan B+ norma maka lanjutkan ke pemeriksaan komponen transistor horizontal.

Tapi, jika B+ tidak norma (drop) maka copot transistor horizontal dan ukur kembali kembali apakah masih drop atau tidak.Akan tetapi jika masih drop, maka kemungkinan power supplynya yang bermasalah.

2. Menggunakan Tombol

Cara kedua, coba gunakan tombol switch channel ataupun volume. Setelah menekan tombol switch maupun volume namun tetap saja tidak ada perubahan.

Maka ada salah satu komponen dalam TV yang bermasalah atau sudah rusak. Jika layar TV tidak mengalami perubahan dan tetap mati, penyebab utamanya ialah pada komponen elco yang bermasalah.

Kondisi ini menyebabkan televisi mati Standby.Umumnya elco harus diganti dengan jangka waktu tertentu. Tapi dengan catatan spesifikasi dan karakteristik elco harus sama dengan elco TV sebelumnya yang bermasalah tersebut. Jangan sampai berbeda.

Baca Juga: Penyebab Tv Led Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

Demikianlah Pembahasan dari admin mengenai TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Semoga bisa bermanfaat bagi anda. Sekian Terimakasih.

Leave a Comment