√ 7 Penyebab Tv Led Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara MUDAH

Cirikhas.com – Zaman sekarang sudah semakin canggih dalam bidang elektronik. Misalnya TV tabung yang sekarang berkembang menjadi TV LED. TV LED ini merupakan pengembangan dari TV LCD yang sebelumnya adalah TV tabung.

TV LED hasil perkembangan dari TV LCD memiliki banyak kecanggihan. Namun tetap ada masalah seperti Penyebab Tv Led Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara? Bagaimana mengatasinya berikut tutorialnya?

Kelebihan dan Kekurangan Tv Led

TV LED memiliki kualitas gambar dengan teknologi LED Backlight untuk mengganti cahaya fluorescent yang ada pada TV LCD. Kelebihan dari TV LED ini yaitu ramah lingkungan dan tidak menyebabkan radiasi. Memang sih harga dari TV LED relatif mahal. Tetapi banyak orang juga orang yang sudah membeli dan menggunakan TV LED.

TV LED terbukti lebih tipis dari pada TV LCD. Dibandingkan dengan material TV LCD, material TV LED lebih tipis karena berbahan dasar utama cairan dan di dalamnya memerlukan tempat atau space yang agak luas. Itulah mengan TV LED lebih tipis dan cenderung lebih ringan dibanding TV LCD.

Namun, kerusakan pada TV LED yang sangat kompleks membuat beberapa pengguna bingung bagaimana cara memperbaiki kerusakan-kerusakannya. Jadi, TV LED ini hasil dari pengembangan TV LCD bukan berarti tanpa konsekuensi ya.

Perawatan terhadap TV LED ini diperlukan, karena TV LED juga dapat rusak. Contoh kerusakannya ialah tidak muncul gambar tapi masih bersuara. Tentu saja ini akibat perawatan yang kurang baik. Tetapi kerusakan tersebut bisa anda perbaiki sendiri tanpa harus membawa TV LED ke tukang servis.

Namun, jika anda akan memperbaiki sendiri TV LED anda tentunya anda harus mengetahui apa-apa saja yang menjadi penyebab TV LED anda menjadi tidak muncul gambar tapi masih bersuara.

Penyebab Tv Led Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

Penyebab Tv Led Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

Kerusakan tidak adanya gambar tidak memandang merek. Baik itu merek LG, Samsung, Sharp, Phillips, Panasonic, Polytron, Toshiba, Akari, dll. Karena kerusakan ini umum terjadi pada TV LED. Berikut beberapa penyebab TV LED tidak ada / muncul gambar tetapi masih ada suara :

1. Kabel Jack LVDS Belum Terkonek

Penyebab TV LED tidak ada gambar tapi ada suara yang pertama karena kabel jack LVDS belum terkonek, kendur, atau bahkan lepas. Namun, tidak serta merta selalu pada kabelnya ya. Bisa juga port yang ada pada TV LED sudah karatan atau malah sudah rusak. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan cara membongkar casing TV dan melakukan pengecekan.

2. Supply Tegangan Kurang Memadai

Penyebab yang kedua mengapa TV LED tidak ada gambar tapi masih bersuara adalah supply tegangan T-Con tidak mencukupi atau kurang tegangan. T-Con seharusnya mendapatkan supply tegangan sebesar 12V. Jika tegangan kurang dari 12V, maka kerusakan akan terjadi pada power supply. Untuk mengecek supply tegangan, gunakan alat AVOmeter.

3. Fuse SMD Putus

Penyebab tidak ada gambar pada TV LED yang ketiga adalah Fuse SMD pada board T-Con terputus. Lokasi Fuse SMD ini berada di dekat kabel LVDS. Jika ini yang terjadi pada TV LED anda, maka anda harus mengganti Fuse yang putus.

4. T-Con Rusak

Penyebab kerusakan TV LED tidak ada gambar yang keempat adalah T-Con rusak. Karena T-Con berfungsi sebagai control untuk menghidupkan panel TV LED sehingga bisa menghasilkan kualitas video yang baik. Jadi, jika T-Con rusak maka TV LED tidak akan muncul gambar. Anda perlu mengganti T-Con yang rusak tersebut dengan T-Con yang normal.

5. IC Gamma AS-15 Rusak

Selanjutnya penyebab kerusakan TV LED tidak ada gambar adalah IC Gamma AS-15 rusak. IC ini berada satu board dengan T-Con. Anda hanya perlu mengganti komponen tersebut agar TV LED dapat berfungsi normal kembali.

Itulah beberapa penyebab mengapa TV LED tidak ada gambar tetapi masih ada suara.

Cara Memperbaiki TV LED Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

Jika anda sudah mengetahui penyebab-penyebab mengapa TV LED tidak ada gambar tapi ada suara, anda tinggal memperbaikinya. Tapi jika anda kurang paham mengenai TV LED, sebaiknya anda bawa saja TV LED anda ke teknisi atau tukang servis. Namun, sebelum itu anda bisa mencoba beberapa langkah-langkah perbaikan TV LED dibawah ini :

  • Periksa tegangan pada power supply serta pastikan tegangan power supply normal
  • Kemudian periksa pula tegangan pada output driver LED
  • Periksa bagian lain secara bertahap jika tegangan-tegangan tersebut sudah anda cek dan normal
  • Jika power supply tidak ada tegangan kala diukur, kemungkinan besar anda perlu mengganti IC driver
  • Pengecekan tegangan menggunakan multitester akan memberi tahu apakah IC Driver rusak atau tidak. Apabila setelah pengecekan multitester menunjukkan 50 volt, maka IC driver bisa dipastikan rusak.

Baca Juga: Cara Agar Tv Jernih dengan Antena Dalam

Demikian pembahasan dari admin mengenai penyebab tv led tidak ada gambar tapi ada suara. Semoga dapat bermanfaat bagi anda. Sekian Terimakasih.

 

Leave a Comment