√ Printer Tidak Bisa Scan ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

Printer Tidak Bisa Scan – Alat elektronik bernama printer merupakan salah satu alat penting bagi Anda yang bekecimpung di perkantoran atau juga mengenyam dunia pendidikan. Karena dengan printer nantinya memudahkan urusan cetak mencetak dokumen.

Apalagi kini berbagai merk dan tipe printer dapat dengan mudah untuk di jumpai. Salah satu merk printer yang terkenal salah satunya seperti Epson, Cannon, HP dan masih banyak merk lainnya. Untuk urusan harga bervariatif tergantung dengan tipe yang diinginkan.

Namun di pembahasan kali ini kami bukan akan membahas mengenai harga dari salah satu merk printer, melainkan akan bahas terkait masalah yang kerap terjadi pada printer saat digunakan. Di mana yang akan di bahas adalah tentang printer tidak bisa scan.

Memang bagi para pengguna printer akan banyak menjumpai berbagai masalah seperti misal printer tidak bisa mencetak tulisan, tidak bisa scan, tidak bisa isi tinta dan masih banyak lainnya. Itulah yang akan mengganggu urusan cetak mencetak dokumen keperluan Anda.

Printer Tidak Bisa Scan

Jika Anda mengalami masalah serupa terkait printer yang tidak bisa scan, kali ini akan disajikan secara lengkap apa saja penyebab dan cara mengatasinya. Jadi untuk terus simak pembahasan printer gagal scan di bawah ini sampai akhir.

Penyebab Printer Tidak Bisa Scan

Penyebab Printer Tidak Bisa Scan

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasi printer tidak bisa melakukan scanner, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu faktor penyebabnya. Adapun secara umum gangguan printer tidak bisa scan dikarenakan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Port kabel bermasalah.
  • Scanner rusak.
  • Penempatan instalasi ada kekeliruan.
  • Driver corrupt.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Scan

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Scan

Jika faktor penyebab di atas sudah diketahui, maka penyelesaian akan lebih mudah. Hal itu karena nantinya mengatasi tinggal sesuaikan dengan faktoe penyebab. Adapun untuk cara mengatasi ada beberapa, guna lebih jelas maka bisa simak di bawah ini.

1. Reset Printer

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah dengan reset ulang printer, silakan sesuaikan dengan printer apa yang Anda miliki. Namun secara umum, proses reset printer sendiri cukup mudah dan berikut langkahnya:

  • Pertama silakan tekan tombol power untuk menyalakan printer.
  • Setelah printer berhasil menyala, cabut kabel power dari sumber listrik.
  • Lalu tunggu sampai 15 detik, setelah itu colok kembali kabel power ke sumber listrik.
  • Kemudian jika sudah dimasukan kembali ke sumber listrik maka printer akan menyala otomatis.
  • Namun saat printer belum bisa menyala otomatis, maka tekan tombol power guna menyalakannya.

Setelah itu lakukan langkah scanning, jika mengikuti cara pertama dengan benar maka scanner pada printer bisa berjalan normal.

2. Instal Ulang Program Printer

Saat mengatasi cara pertama tidak berhasil, silakan coba dengan menggunakan CD instal. Setiap printer punya CD instal berbeda pada saat awal instalasi. Nah untuk langkah instal ulang printer bisa simak dan ikuti berikut:

  • Pertama silakan uninstal dulu program printer pada komputer.
  • Lalu masukan CD instalnya ke dalam CD Driver.
  • Kemudian tunggu sampai muncul halaman instal.
  • Setelah itu lakukan instal seperti biasa.

Jika semua tahapan instal sudah dilakukan, cobalah untuk kembali menggunakan scanner. Langkah ini merupakan cara yang paling umum dilakukan jika scanner printer tidak bisa digunakan.

3. Cek Driver

Dengan melalui cara kedua tetap saja tidak berhasil, maka bisa jadi ada salah satu instalasi yang tidak sempurna. Dengan begitu, terjadilah apa itu driver corrupt yang akan akibatkan scanner tidak bisa maksimal dalam melakukan scanning.

Untuk mengatasinya, Anda tinggal instal ulang kembali driver seperti yang dilakukan pada poin kedua. Jika terjadi error pada saat instalasi, sebaiknya segera lakukan pembatalan. Catatan uninstal dahulu program yang sebelumnya sudah error baru install ulang.

4. Benarkan Instalasi

Selain cara atasi printer tidak bisa scan di atas, coba Anda lakukan instalasi pada drive C. Namun pada beberapa kasus ada juga yang menginstalnya pada drive selain C, seperti diketahui sendiri jika drive C adalah drive default semua program yang di instal pada komputer.

Jika menginstal suatu program pada komputer selain drive C, maka aplikasi tidak akan maksimal saat menjalankan program. Oleh karena itu, silakan periksa apakah program printernya diinstal pada drive C atau tidak. Jika memang diinstal pada drive lain, maka uninstal dan instal ulang.

5. Cek & Periksa Port Kabel

Cara mengatasi printer tidak bisa scan berikutnya adalah dengan periksa port kabelnya. Secara umum tidak bisa scan akibat adanya kabel yang rusak, terutama dibagian scanner. Guna mengetahui port kabelnya masih bagus atau tidak adalah dengan menggunakan port kabel lain.

Jika pada saat menggunakan port kabel justru proses scanning bisa bekerja, maka permasalahan benar adanya pada port kabel dan mesin printer tidak ada masalah. Untuk mengatasi hal ini, silakan Anda beli kabel yang sesuai dengan jenis kabel printer.

6. Cek & Periksa Scanner

Setelah melakukan beberapa cara mengatasi di atas sudah dilakukan dan printer masih saja tidak bisa melakukan scan, maka bisa dipastikan ada masalah pada scannernya. Kerusakan scanner paling umum terjadi di bagian cahaya, prosesor, perangkat penangkap hasil scan.

Jika memang scanner rusak maka hanya ada dua cara untuk mengatasinya yaitu dengan memperbaikinya di tempat servis. Namun jika permasalahan tetap saja tidak bisa ditangani maka silakan beli printer baru.

Demikian kiranya pembahasan terkait printer tidak dapat scan yang dapat cirikhas.com sajikan baik dari penyebab beserta cara mengatasinya. Semoga dengan adanya pembahasan terkait printer tidak bisa scan di atas bisa bermanfaat, terutama bagi pengguna printer yang alami hal serupa.

Leave a Comment