Cara Gampang Membuat Ati Ampela (Jeroan) Bumbu Bali Anti Gagal

Ati Ampela (Jeroan) Bumbu Bali. Cara membuat Ati ampela goreng Bali : Aduk ati ampela dengan bumbu halus hingga rata. Panaskan minyak,masukkan ati ampela berbumbu,daun salam,daun jeruk,dan serai. Aduk hingga ati ampela berubah warna.

Masukkan ati ampela yang sudah direbus ke dalam bumbu sambal. Tambahkan garam, gula, merica bubuk, kaldu bubuk, dan sedikit gula merah. Setelah airnya menyusut tambahkan kecap manis (opsional).

Anda sedang mencari inspirasi resep ati ampela (jeroan) bumbu bali yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ati ampela (jeroan) bumbu bali yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Cara membuat Ati ampela goreng Bali : Aduk ati ampela dengan bumbu halus hingga rata. Panaskan minyak,masukkan ati ampela berbumbu,daun salam,daun jeruk,dan serai. Aduk hingga ati ampela berubah warna.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ati ampela (jeroan) bumbu bali, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ati ampela (jeroan) bumbu bali enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ati ampela (jeroan) bumbu bali sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ati Ampela (Jeroan) Bumbu Bali memakai 26 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ati Ampela (Jeroan) Bumbu Bali:

  1. Siapkan 1/2 kg Ati Ampela (Jeroan).
  2. Gunakan Usus Ayam (boleh di skip).
  3. Sediakan /+ 700 ml air.
  4. Gunakan Bumbu Rebusan Ati Ampela (Jeroan).
  5. Ambil 1 sdt garam kasar.
  6. Gunakan 1 siung besar bawang putih.
  7. Sediakan 1 ruas kunyit.
  8. Gunakan 1 ruas jahe.
  9. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk.
  10. Sediakan 1/4 sdt merica bubuk.
  11. Ambil 2 lembar daun jeruk.
  12. Gunakan Bumbu Bali.
  13. Ambil Garam secukupnya (-/+ setengah sendok teh).
  14. Siapkan sesuai selera Cabai kecil.
  15. Ambil 3 Cabai merah besar.
  16. Gunakan 5 siung bawang merah.
  17. Ambil 2 siung bawang putih.
  18. Siapkan 1/2 ruas jahe.
  19. Sediakan 1/2 ruas lengkuas.
  20. Gunakan 4 biji kemiri.
  21. Siapkan secukupnya Merica.
  22. Ambil 1 buah tomat.
  23. Ambil 2 lembar daun jeruk.
  24. Siapkan 300 ml air.
  25. Sediakan secukupnya Gula.
  26. Ambil secukupnya Penyedap rasa.
Baca juga :  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Telur Bumbu Bali, Sempurna

Masak sambal goreng ati kembali hingga airnya menyusut. Teknik Masak yang Bisa Hilangkan Bau Jeroan. Chef Andry Stefanus dari The Sultan Hotel & Residences Jakarta mengatakan, hati ampela direbus tergantung jenis makanannya. "Tergantung masakannya, kalau balado ya harus direbus dulu. Ati Ampela ayam memang halal untuk dikonsumsi.

Langkah-langkah menyiapkan Ati Ampela (Jeroan) Bumbu Bali:

  1. Cuci bersih ati ampela (jeroan), Lalu diamkan agar tiris..
  2. Haluskan bumbu rembusan ati ampela (jeroan), kecuali daun jeruk. Jika sudah halus, baru tambahkan daun jeruk dan ulek kasar (Jangan sampai lembut agar tidak pait).
  3. Masukan ati ampela (jeroan) kedalam ulekan bumbu rebusan, aduk kasar supaya bumbu rata. Tambahkan air -/+ 600 ml ke panci. Lalu masukan jeroan, rebus sampai matang/air menyusut dan tinggal sedikit..
  4. Jika ati ampela (jeroan) sudah matang, angkat dan diamkan agar dingin dulu..
  5. Sembari menunggu ati ampela (jeroan) dingin, mari kita racik bumbu bali. Haluskan semua bahan bumbu bali (kecuali daun jeruk). Jika sudah halus, baru tambahkan daun jeruk dan ulek kasar..
  6. Jika ati ampela (jeroan) sudah dingin, iris-iris sesuai selera..
  7. Tumis bumbu bali sampai harum. Jika sudah, tambahkan 300 ml air (secukupnya). Tambahkan gula dan penyedap rasa secukupnya. Koreksi rasa..
  8. Jika bumbu sudah mendidih, masukan irisan ati ampela (jeroan), aduk pelan, pastikan bumbunya rata..
  9. Tunggu sampai airnya menyusut sembari di aduk. Koreksi rasa lagi. Jika sudah pas angkat dan siap disajikan dengan nasi hangat..

Selain halal, bahan makanan ini juga cukup sehat dan menyehatkan tubuh. Umumnya, ati ampela dimasak dengan teknik goreng. Rasanya semakin istimewa bila dibalur dengan bumbu kuning. Resep Ati Ampela Pedas Bumbu Kuning. Kalo dulu pas di kampung, ibuku suka banget beli jeroan ayam dimasak tumis bumbu kuning.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ati ampela (jeroan) bumbu bali yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment