Langkah Mudah untuk Membuat 35. Coto Makasar, Lezat

35. Coto Makasar. Selain sop konro, Makasar juga memiliki hidangan berkuah lainnya, yakni coto Makasar. Bahan dasar yang digunakan pada coto Makasar adalah daging sanding lemur serta jeroan. Karena aromanya yang khas, jeroan seperti babat dan paru perlu direbus sebanyak dua kali.

Coto Makassar di sini sangatlah enak dan khas, sehingga membuatmu bisa merasakan sensasi Coto Makassar yang berbeda. Di dalam satu mangkok coto berisi kuah rempah kecokelatan, daging, dan jeroan sapi. Lalu untuk menikmatinya, coto makassar disantap bareng buras, ketupat, ataupun nasi.

Sedang mencari inspirasi resep 35. coto makasar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal 35. coto makasar yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Selain sop konro, Makasar juga memiliki hidangan berkuah lainnya, yakni coto Makasar. Bahan dasar yang digunakan pada coto Makasar adalah daging sanding lemur serta jeroan. Karena aromanya yang khas, jeroan seperti babat dan paru perlu direbus sebanyak dua kali.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 35. coto makasar, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan 35. coto makasar enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah 35. coto makasar yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan 35. Coto Makasar memakai 21 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan 35. Coto Makasar:

  1. Siapkan 250 gr tetelan/daging sapi/jeroan sapi.
  2. Sediakan Secukupnya air untuk merebus tetelan.
  3. Gunakan Bumbu A,Ulek:.
  4. Sediakan 1 1/2 sdm ketumbar sangrai.
  5. Gunakan 1 sdm jinten sangrai.
  6. Ambil 1/2 sdt merica utuh sangrai.
  7. Gunakan Bumbu B (Blender bersama Bumbu A).
  8. Ambil 10 siung bawang putih goreng.
  9. Gunakan 2 cm lengkuas goreng.
  10. Sediakan 2 sereh iris2 bagian putihnya,goreng.
  11. Ambil 5 butir kemiri goreng.
  12. Sediakan Bahan Lain:.
  13. Siapkan 100 gr kacang tanah sangrai.
  14. Sediakan 750 ml air.
  15. Sediakan Secukupnya garam.
  16. Sediakan Secukupnya gula pasir.
  17. Ambil Secukupnya kaldu jamur/penyedap/optional.
  18. Siapkan 2 cm jahe geprek.
  19. Gunakan 3 cm lengkuas geprek.
  20. Gunakan 2 lembar daun salam.
  21. Sediakan Minyak untuk menumis.
Baca juga :  Cara Gampang Membuat Coto makassar, Lezat Sekali

Meskipun berasal dari Makassar, kamu juga bisa kok menikmatinya di luar daerah tersebut. Kalau mikir tentang soto sapi pertama yang saya fikirkan Coto Makassar Sudirman, karena rasanya asli enak. Dalam satu mangkuk, disajikan Coto Makassar dengan porsi yang lumayan mengenyangkan. Coto Makassar [image source] Siapa yang tak kenal dengan kuliner Makassar satu ini?

Cara menyiapkan 35. Coto Makasar:

  1. Pertama rebus dulu tetelan/daging dengan secukupnya air,aku pakai metode 5.30.7 (didihkan air,masukkan daging masak selama 5 menit trhitung setelah air mndiidh kembali.Lalu matikan api,diamkan 30 menit,setelah itu rebus lagi selama 7 menit terhitung setelah air mendidih kembali,tiriskan).
  2. Ulek bumbu A sampai halus,lalu blender bersama bumbu B,sisihkan.
  3. Sangrai kacang tanah,lalu blend sampai halus.
  4. Masak air 750 ml sampai mendidih,masukkan daging,jahe,sereh,lengkuas,salam.Sementara menunggh air mendidih tumis bumbu A dan B sampai harum..lalu masukkan ke dalam air daging..bubuhi garam,gula,penyedap dan masukkan kacang tanah halus,masak hingga bumbu meresap.. tes rasa.
  5. Sajikan dengan buras/lontong,potongan daun bawang,bawang goreng,sambel dan jeruk nipis…..

Apang Paranggi [image source] Kue tradisional ini merupakan perpaduan dari gula merah serta bumbu spekuk. Resep Coto Makassar ini.kiriman mba Yuni Noeraida, resep ini adalah resep andalan dari Tante beliau yang asli dari Bonto, Sulawesi Selatan. Sekilas terlihat mahal, namun di dalamnya terdapat banyak daging, jadi cukup puas dan mengenyangkan. Untuk rasanya sendiri, saat disajikan kuahnya terasa hambar. Lihat juga resep Coto makasar (paru babat)simple enak lainnya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan 35. Coto Makasar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment