Resep Coto Makasar Anti Gagal

Coto Makasar. Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar. This thick and tasty soup is usually made with beef and a variety of innards, such as tripe, brain, lungs, or intestines.

This dish is tasty or not depends on the seasoning sauce. Makassar is the provincial capital of South Sulawesi and is famous for its coto (beef soup) and konro (ribs soup). Coto is traditionally made from beef and beef entrails such as tripes, liver, lungs, etc, and most often in combination of several types of entrails.

Sedang mencari ide resep coto makasar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto makasar yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari coto makasar, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan coto makasar yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar. This thick and tasty soup is usually made with beef and a variety of innards, such as tripe, brain, lungs, or intestines.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan coto makasar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Coto Makasar menggunakan 26 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Coto Makasar:

  1. Ambil Bahan Rebusan Daging.
  2. Sediakan 500 gr daging sengkel.
  3. Siapkan 2 lembar daun sereh.
  4. Gunakan 2 ruas lengkuas.
  5. Ambil 4 lembar daun salam.
  6. Ambil 1,5 liter air.
  7. Ambil Bahan bumbu halus.
  8. Sediakan 1 sdm jintan.
  9. Ambil 3 sdm ketumbar.
  10. Gunakan 1 sdt biji lada.
  11. Sediakan 3 lembar sereh iris halus.
  12. Sediakan 1 ruas lengkuas iris halus.
  13. Ambil 10 butir kemiri goreng.
  14. Siapkan 100 gr kacang tanah.
  15. Siapkan 8 siung bawang putih.
  16. Gunakan 10 siung bawang merah.
  17. Sediakan 1 ruas kayu manis.
  18. Siapkan 5 buah cengkeh.
  19. Sediakan secukupnya Garam, gula.
  20. Ambil Bahan pelengkap.
  21. Ambil iris Daun bawang.
  22. Siapkan Bawang goreng.
  23. Siapkan Sambal Rica Bawang (lihat resep).
  24. Ambil Ketupat.
  25. Ambil Jeruk nipis.
  26. Sediakan optional Kecap manis.
Baca juga :  Cara Gampang Membuat Coto makassar yang Enak Banget

Coto makassar termasuk salah satu kuliner legendaris khas Indonesia yang tetap eksis hingga saat ini. Beberapa di antaranya lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, daun serai, daun seledri, dan sebagainya. Berikut resep bikin Coto Makassar beserta cara memasaknya. Resep Coto Makassar – Berbicara kuliner Nusantara, seakan tidak pernah ada habisnya ya bun.

Langkah-langkah menyiapkan Coto Makasar:

  1. Didihkan air lalu masukkan daging bersama sereh, daun salam, dan lengkuas masak daging sampai empuk.
  2. Iris bawang putih lalu goreng sampai tampak renyah angkat simpan kmudian lanjutkan dg menggoreng kemiri setelah matang angkat simpan terakhir goreng sereh dan lengkuas yg telah diiris sampai tampak kering angkat dan simpan.
  3. BUMBU SANGRAI : sangrai jintan, ketumbar dan biji lada sampai harum angkat dan simpan bersama bumbu yg telah digoreng kmudian sangrai kacang tanah gunakan api kecil sampai ada bunyi kletek2 dari kulit kacang yg menandakan kacang akan matang setelah matang angkat.
  4. Langkah haluskan bumbu: siapkan wadah blender masukkan bumbu yg telah di goreng (bawang putih, kemiri, lengkuas dan sereh) tambahkan bumbu yg telah di sangrai (jintan, ketumbar dan biji lada) tambahkan air sedikit lalu haluskan pake blender kemudian sisihkan di piring. Lanjutkan blender kacang…Blender tak perlu dicuci langsung saja blender kacang tanahnya sampai halus gak ke foto (liat di pawonku aja langkahnya ya lengkap disana)😅.
  5. Panaskan minyak masukkan bumbu halus tambahkan kayu manis dan cengkeh sampai mengeluarkan aroma harum tambahkan air daging dan masukkan kacang tanah halus aduk2 tambahkan garam, gula koreksi rasa.
  6. Potong2 daging lalu siram dengan kuah coto sajikan dengan bahan pelengkap.

Mengingat Indonesia sendiri memiliki ribuan bahkan jutaan kuliner yang tersebar ke seluruh pelosok. Menariknya, kuliner-kuliner tersebut mampu menyajikan rasa yang khas dan berbeda dari setiap daerah. Salah satu kuliner tanah Resep Coto Makassar Asli Enak Spesial. Resep Coto Makassar Asli Enak Spesial – Coto Makassar merupakan hidangan berkuah seperti soto. Rasanya yang nikmat membuatnya terus eksis hingga kini.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan coto makasar yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Comment