Cara Gampang Membuat Usus Ayam Bumbu Bali, Lezat Sekali

Usus Ayam Bumbu Bali. Usus Ayam Bumbu Bali enak lainnya. Cara Memasak Sate Usus Ayam Bumbu Bali: Cuci bersih usus ayam segar dengan air mengalir; Rebus usus ayam dengan air yang mendidih; Angkat dan tiriskan; Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit; Panaskan minyak goreng terlebih dahulu dengan suhu api sedang. Lihat juga resep Ayam Bumbu Bali Asli enak lainnya.

Siapkan wadah, campur semua bahan tepung. Panaskan minyak goreng, goreng usus ayam sampai garing. Cuci bersih usus ayam dan lumuri jeruk nipis dan sedikit garam.

Sedang mencari ide resep usus ayam bumbu bali yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal usus ayam bumbu bali yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Usus Ayam Bumbu Bali enak lainnya. Cara Memasak Sate Usus Ayam Bumbu Bali: Cuci bersih usus ayam segar dengan air mengalir; Rebus usus ayam dengan air yang mendidih; Angkat dan tiriskan; Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit; Panaskan minyak goreng terlebih dahulu dengan suhu api sedang. Lihat juga resep Ayam Bumbu Bali Asli enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari usus ayam bumbu bali, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan usus ayam bumbu bali yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah usus ayam bumbu bali yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Usus Ayam Bumbu Bali memakai 15 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Baca juga :  Cara Gampang Menyiapkan Ayam Bumbu Bali yang Menggugah Selera

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Usus Ayam Bumbu Bali:

  1. Sediakan 1 kg usus ayam.
  2. Gunakan 1 buah jeruk nipis.
  3. Siapkan 6 buah bawang merah.
  4. Ambil 2 siung bawang putih.
  5. Sediakan 3 buah cabai rawit.
  6. Gunakan 1 batang serai.
  7. Siapkan 2 lembar daun salam.
  8. Gunakan 1 lembar daun jeruk.
  9. Gunakan 1 sdt kunyit bubuk.
  10. Ambil 2 sdm kecap manis.
  11. Sediakan 1 sdm saori saos tiram.
  12. Ambil 1 sdm penyedap rasa.
  13. Ambil 1/2 sdm garam.
  14. Sediakan 1/2 sdm gula pasir.
  15. Sediakan 150 ml air.

Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, lengkuas, dan serai. Ambil daun pisang secukupnya, tata bumbu dan usus, tutup bumbu lagi. Lipat daun pisang dan semat dengan lidi. Siapkan baskom, larutkan kapur sirih, garam, air jeruk nipis, usus dengan air sampai usus terendam.

Langkah-langkah menyiapkan Usus Ayam Bumbu Bali:

  1. Cuci dan rebus usus menggunakan jeruk nipis. Tujuannya agar usus tidak amis.
  2. Setelah di rebus potong usus kecil-kecil.
  3. Tumis semua bumbu sampai harum.
  4. Masukan usus tambahkan air, aduk sampai rata. Tunggu sampai air meresap. Jika sudah matang usus siap di santap. Selamat mencoba 💕.

Cuci bersih usus babi, hingga air cuciannya bening (tidak keruh). Ikat salah satu ujung usus babi dengan serat kelapa atau tali rapia. Seporsi terdiri dari nasi, potongan ayam betutu, tumis sayur labu, usus ayam goreng, kacang tanah goreng dan sambal. Khusus untuk menikmati ayam betutu utuh, kalian wajib order sehari sebelum datang. Hal tersebut dikarenakan tumis usus ayam menggunakan bumbu rempah alami yang mampu menghilangkan bau anyir pada usus ayam.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan usus ayam bumbu bali yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment