Resep Coto makasar – empuk dengan metode 7-30-7 yang Enak Banget

Coto makasar – empuk dengan metode 7-30-7. Ini gurih dan empuk banget dagingnya. Udah lama baca tentang metode ini dari jtt tapi baru sempet praktek ini pas liat resepnya mbak nadia ^-^. Sekalian ber hai hai dan chit chat an lagi dengan mbak Nadia yang udah lama.

Cara memasak ini awalnya dipopulerkan seorang perempuan bernama Fah Umi Yasmin sebelum viral di dunia maya. Tanpa disadari saat api kompor dimatikan, proses pematangan masih berlangsung secara alami loh. Coto Makassar merupakan salah satu kuliner khas dari Makassar tentunya.

Lagi mencari inspirasi resep coto makasar – empuk dengan metode 7-30-7 yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto makasar – empuk dengan metode 7-30-7 yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari coto makasar – empuk dengan metode 7-30-7, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan coto makasar – empuk dengan metode 7-30-7 yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Ini gurih dan empuk banget dagingnya. Udah lama baca tentang metode ini dari jtt tapi baru sempet praktek ini pas liat resepnya mbak nadia ^-^. Sekalian ber hai hai dan chit chat an lagi dengan mbak Nadia yang udah lama.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah coto makasar – empuk dengan metode 7-30-7 yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Coto makasar – empuk dengan metode 7-30-7 menggunakan 20 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Coto makasar – empuk dengan metode 7-30-7:

  1. Gunakan 1 kg daging sapi.
  2. Gunakan 100 gr kacang tanah goreng, blender halus (saya di sangrai).
  3. Gunakan 1,5 liter air.
  4. Ambil Bumbu halus.
  5. Siapkan 10 butir Bawang merah.
  6. Ambil 15 butir bawang putih.
  7. Gunakan 1/2 sdm jinten.
  8. Sediakan 1 sdm ketumbar bubuk.
  9. Ambil 2 sdt merica bubuk.
  10. Ambil 4 cm jahe.
  11. Siapkan 1 butir pala.
  12. Gunakan 7 butir kemiri.
  13. Ambil Bumbu lainnya.
  14. Sediakan 3 lembar daun salam.
  15. Siapkan 3 cm lengkuas digeprek.
  16. Sediakan 4 batang serai digeprek.
  17. Sediakan 2 sdt garam.
  18. Ambil 2 sdm gula jawa.
  19. Siapkan 1 sdt kaldu bubuk.
  20. Ambil Minyak untuk menumis.
Baca juga :  Langkah Mudah untuk Membuat Coto Makassar, Enak

Sebenarnya Coto ini sekilas sama dengan Resep Soto pada umumnya. Di warung coto ini pengunjung akan merasakan coto dengan tekstur daging yang lebih empuk dari warung coto kebanyakan. Tempat makan Coto Makassar di Surabaya yang wajib Anda kunjungi pertama kali adalah Coto Makassar Daeng Kulle. Tempatnya kecil dan sederhana, tapi selalu ada saja pengunjung yang berdatangan kemari.

Langkah-langkah membuat Coto makasar – empuk dengan metode 7-30-7:

  1. Bersihkan daging dengan tissue dapur. Potong dadu. Siapkan semua bumbu halus dan bumbu lainnya..
  2. Panaskan minyak di panci atau wajan. Tumis bumbu sampai harum dan matang. Masukkan daging, tumis bersama bumbu sampai daging berubah warna..
  3. Tambahkan air, dan bumbu lainnya. Biarkan mendidih lalu rebus salama 7 menit. Matikan kompor lalu tutup rapat panci dan biarkan selama 30 menit..
  4. Setelah itu hidupkan kembali kompornya, rebus lagi sampai mendidih. Masukkan kacang tanah yg sudah dihaluskan, koreksi rasanya dan masak selama 7 menit. Lalu matikan kompor..
  5. Siap dihidangkan. Metode 7-30-7 ini membuat daging empuk sekali… praktis. Hitung 7 menit pertama dan kedua setelah air mendidih ya ^-^.

Baca juga: Resep Sop Konro Khas Makassar, Cocok untuk Santapan Idul Adha. Maka dari itu, panci dipastikan harus selalu tertutup rapat dan tidak sering dibuka-tutup. Kini tak perlu pergi jauh ke Makassar hanya untuk mencicipi coto, karena dengan berbekal resep coto Makassar berikut anda sudah dapat membuatnya sendiri di rumah. Di warung Anging Mammiri ini juga ada es pisang hijau, es palu butung. Sayang saat itu saya tak mencobanya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat coto makasar – empuk dengan metode 7-30-7 yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Comment