Resep Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali, Enak Banget

Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali. KOMPAS.com – Ayam pelalah khas Bali merupakan ayam suwir yang sudah dimasak dengan bumbu pedas. Ayam mentah harus dimarinasi dulu bersama bumbu sebelum dimasak. Salah satu cara memasak ayam pelalah adalah dipanggang.

Tumis bumu halus sampai harum dan matang. Cara Masak Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali – Kemarin siang kebetulan ada stok ayam yang sudah di rebus dan saya diamkan begitu saja di kulkas. Awalnya sih mau di masak ayam pop atau Gulai Ayam yang dicampur irisan tahu tempe, kayanya enak.

Anda sedang mencari ide resep ayam suwir pedas bumbu bali yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam suwir pedas bumbu bali yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

KOMPAS.com – Ayam pelalah khas Bali merupakan ayam suwir yang sudah dimasak dengan bumbu pedas. Ayam mentah harus dimarinasi dulu bersama bumbu sebelum dimasak. Salah satu cara memasak ayam pelalah adalah dipanggang.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam suwir pedas bumbu bali, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ayam suwir pedas bumbu bali enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam suwir pedas bumbu bali yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali memakai 19 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali:

  1. Sediakan 250 gram Dada Ayam.
  2. Ambil 1 buah jeruk nipis / cuka.
  3. Siapkan Bumbu Halus :.
  4. Ambil 10 buah Cabe merah keriting.
  5. Gunakan 6 buah Cabe rawit.
  6. Siapkan 6 siung Bawang merah.
  7. Gunakan 2 siung Bawang putih.
  8. Sediakan 2 cm Kencur.
  9. Gunakan 2 cm Kunyit.
  10. Sediakan 1/4 sdt terasi.
  11. Gunakan Bumbu lainnya :.
  12. Gunakan 1 lembar daun salam.
  13. Ambil 2 lembar daun jeruk.
  14. Siapkan 1 batang sereh digeprek.
  15. Gunakan 2 cm Lengkuas digeprek (skip karena lagi tdk ada).
  16. Sediakan 2 sdm gula merah.
  17. Siapkan 1 sdm air asam.
  18. Sediakan 65 ml santan kental, dicairkan dengan 100 ml air kaldu ayam.
  19. Siapkan Secukupnya gula, garam, kaldu bubuk bila perlu.
Baca juga :  Bagaimana Menyiapkan Sayap ayam bumbu bali, Lezat Sekali

Tapi saya lagi program diet, jadi lagi belajar mengurangi penggunaan santan ke dalam masakan, kue maupun puding. Ayam suwir pedas merupakan sajian ayam khas pulau dewata. Seperti hidangan Bali lainnya sajian ayam ini memakai bumbu lengkap dengan rasa pedas menyengat. Daging ayam yang direbus lalu disuwir kasar dan dimasak dengan bumbu ini jadi lauk pelengkap nasi Bali.

Langkah-langkah membuat Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali:

  1. Cuci bersih ayam dan kucuri dengan jeruk nipis/cuka. Diamkan 5 menit. Bilas. Kemudian rebus ayam hingga matang, sekitar 5-6 menit. Air kaldu jangan dibuang. Haluskan bumbu-bumbunya.
  2. Tumis bumbu halus hingga matang dengan menambahkan daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan serai..
  3. Masukkan suwiran ayam, santan, dan air kaldu rebusan ayam. Tambahkan juga air asam jawa, gula merah, secukupnya gula, garam, kaldu bubuk bila perlu. Koreksi rasa sesuai selera..
  4. Angkat dan sajikan.

Belakangan sering dipakai untuk lauk nasi rames. Resep Ayam Suwir Pedas ala Bali (Ayam Sisit Bali) Tweet. Ayam suwir ini mempunyai rasa yang unik, tidak hanya sekedar bumbu tumis biasa tetapi menggunakan terasi, kencur dan air asam jawa di dalamnya. Rasanya lezat, khas racikan bumbu dari Pulau Dewata dan membuatnya pun mudah. Ayam suwir atau sisit ini merupakan salah satu lauk pelengkap nasi.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment