Langkah Mudah untuk Membuat Coto Menggala khas kota Pangkalan Bun, kalteng Anti Gagal

Coto Menggala khas kota Pangkalan Bun, kalteng. Coto Menggala khas kota Pangkalan Bun, kalteng. Food tour agency in Pangkalan Bun. Coto manggala khas Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, adalah soto dengan bahan utama singkong.

Mohon maaf apabila ada salah dalam penyebutan nama dan lokasi. Mengobati rasa rindu buat makanan ini.kalo dip.bun mah banyak yg jual. Sehingga tekstur lembutnya akan berbaur dengan kuah yang gurih.

Sedang mencari ide resep coto menggala khas kota pangkalan bun, kalteng yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal coto menggala khas kota pangkalan bun, kalteng yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari coto menggala khas kota pangkalan bun, kalteng, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan coto menggala khas kota pangkalan bun, kalteng yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Coto Menggala khas kota Pangkalan Bun, kalteng. Food tour agency in Pangkalan Bun. Coto manggala khas Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, adalah soto dengan bahan utama singkong.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan coto menggala khas kota pangkalan bun, kalteng sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Coto Menggala khas kota Pangkalan Bun, kalteng memakai 8 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Coto Menggala khas kota Pangkalan Bun, kalteng:

  1. Sediakan 1/4 udang kupas.
  2. Gunakan 1/4 ikan asap suir (ex.gabus, toman biasa ikan jenis tawar).
  3. Siapkan 1/2 kg ubi kayu, potong dadu kecil,pilih yg jenis empuk.
  4. Gunakan 1/4 kg Bumbu soto/sop putih (aku beli yg udah jadi).
  5. Ambil secukupnya Air.
  6. Siapkan Garam+ penyedap+ kayu manis sejari.
  7. Gunakan Daun bawang + bawang putih goreng utk taburan kuah.
  8. Sediakan Pelengkap : sambel, jernip, telur rebus, telur dadar suir, d.sop.
Baca juga :  Cara Gampang Membuat MIX YELLOW SOUP (SOTO, COTO, LESAH, LAKSA) yang Bisa Manjain Lidah

Mengenal Coto Manggala, Soto Singkong khas Pangkalan Bun. KOMPAS.com – Indonesia mempunyai beragam sajian soto, mulai dari soto Betawi sampai soto Banjar. Salah satu soto unik di Indonesia adalah coto manggala khas Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Melansir Kompasiana.com, arti dari coto manggala adalah soto dan manggala.

Cara membuat Coto Menggala khas kota Pangkalan Bun, kalteng:

  1. Didihkan air secukupx, lihat banyak sedikit bumbu soto putihnya, masukkan ubi kayu yg sdh dipotong2 dadu kecil jgn lupa buang sumbunya ya, rebus smp setgh empuk lalu masukkan kayu manis, tutupi panci biarkan kurleb 5 mnt.
  2. Masukkan kembali, udang kupas, ikan asap suir tanpa tulang, aduk rata baru masukkan bumbu soto, tambah garam, penyedap, koreksi rasa.
  3. Ingat jangan tambah gula yaa… Krn akan merubah rasa.
  4. Jika rasa sdh mantap, ubi sdh empuk dan kuah mengental, matikan api taburi bawang daun dan bawang putih goreng.
  5. Sajikan dengan irisan telur rebus, telur dadar suir, bawang goreng, sambel dan jernip.
  6. Selamat mencoba,.

Coto Menggala, merupakan makanan Khas Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah. Dengan berbahan dasar menggala atau singkong dan bertabur bumbu kaldu ayam yang khas dengan aroma nafsu, sangatlah wajar jika banyak diminati warga Kota Manis Pangkalan Bun. Pangakalan Bun merupakan sebuah kota kecil yang berlokasi di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Sebagai sebuah Ibukota Kabupaten, Pangkalan Bun memiliki keunikan tersendiri yang tidak kalah dengan daerah lain. Coto manggala adalah coto khas Kota Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. coto ini terbuat dari bahan singkong atau ketela. coto ini dinamakan coto manggala karena rakyat Pangkalan Bun menyebut singkong dengan nama manggala.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan coto menggala khas kota pangkalan bun, kalteng yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment