Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam Suwir Kemangi Bumbu Bali, Lezat Sekali

Ayam Suwir Kemangi Bumbu Bali. Cukup sediakan daging ayam bagian dada, beberapa jenis bumbu-bumbu rempah, dan daun kemangi. Yuk simak langsung resep lengkap ayam suwir kemangi khas Bali. Lihat juga resep Ayam suwir kemangi bumbu bali enak lainnya.

And the recipe I'm sharing with you here will teach you how to make your spices from scratch, so you will have more control in how much chillies you. Ayam suwir pedas jadi lauk wajib nasi rames. Suwiran ayam yang empuk gurih dibalut bumbu yang pedas gurih.

Anda sedang mencari ide resep ayam suwir kemangi bumbu bali yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam suwir kemangi bumbu bali yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Cukup sediakan daging ayam bagian dada, beberapa jenis bumbu-bumbu rempah, dan daun kemangi. Yuk simak langsung resep lengkap ayam suwir kemangi khas Bali. Lihat juga resep Ayam suwir kemangi bumbu bali enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam suwir kemangi bumbu bali, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam suwir kemangi bumbu bali yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam suwir kemangi bumbu bali yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam Suwir Kemangi Bumbu Bali menggunakan 16 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ayam Suwir Kemangi Bumbu Bali:

  1. Ambil 1/2 dada ayam rebus, suwir2 (sisihkan air rebusannya 100 ml).
  2. Sediakan 2 batang serai geprek.
  3. Ambil 3 daun jeruk.
  4. Siapkan 1 ikat kemangi, ambil daunnya.
  5. Gunakan 1 sdm air asam jawa.
  6. Gunakan 1 sdt gula aren, iris.
  7. Sediakan Secukupnya garam, kaldu jamur.
  8. Sediakan Bumbu halus (blend dgn sedikit air kaldu).
  9. Sediakan 8 cabai merah keriting.
  10. Siapkan 3 cabai rawit.
  11. Ambil 5 siung bawang merah.
  12. Sediakan 2 siung bawang putih.
  13. Gunakan 2 cm jahe.
  14. Siapkan 3 cm kunyit.
  15. Siapkan 2 butir kemiri sangrai.
  16. Ambil 1/2 bks terasi abc.
Baca juga :  Bagaimana Membuat Bandeng Bumbu Bali Anti Gagal

Diberi tambahan kemangi hingga aromanya makin wangi. Ayam suwir pedas yang di Bali dikenal dengan ayam sisit. Ayam berbumbu pedas ini jadi pelengkap nasi Bali atau nasi rames. Seringkali disajikan sebagai lauk hajatan, karena mudah disantap.

Cara membuat Ayam Suwir Kemangi Bumbu Bali:

  1. Siapkan suwiran ayam, tumis bumbu halus sampai air sat dan bumbu matang.. kemudian masukkan serai dan daun jeruk salam.
  2. Masukkan air sisa rebusan ayam, aduk rata.. bumbui dengan garam, air asam jawa, gula aren, penyedap.. masukkan ayam suwir, aduk rata…
  3. Jika air sudah menyerap ke ayam, masukkan kemangi.. sampai layu lalu matikan api, sajikan deh😋.

Bumbu ayam suwir pedas adalah dada ayam, daun kemangi, bumbu dasar merah, lengkuas, serai, dan daun jeruk. Sobat Cookpad Jhunine Putry @MamiiJhun_ punya resep ayam suwir pedas kemangi berkuah. Kalau ingin membuat ayam suwir pedas kering, tinggal tumis sampai air menyusut. Lumuri ayam dengan bumbu halus, garam, gula pasir, daun salam, dan serai. Ayam suwir ini mempunyai rasa yang unik, tidak hanya sekedar bumbu tumis biasa tetapi menggunakan terasi, kencur dan air asam jawa di dalamnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam suwir kemangi bumbu bali yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment