Cara Gampang Menyiapkan 113. Ayam bumbu Bali yang Enak Banget

113. Ayam bumbu Bali. Cuci bersih ayam lalu tiriskan hingga tidak berair. Bumbu: Rebus cabe merah besar, cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih hingga lunak. Giling bumbu yang direbus bersama kemiri, ketumbar, merica, jahe dan kunyit serta garam hingga halus.

Setelah matang dan bumbu meresap, angkat dan sajikan ayam bumbu bali ini. Itulah resep ayam bumbu bali yang empuk dan bumbunya meresap sempurna. Lihat juga resep Ayam Bumbu Bali Asli enak lainnya.

Lagi mencari ide resep 113. ayam bumbu bali yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal 113. ayam bumbu bali yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Cuci bersih ayam lalu tiriskan hingga tidak berair. Bumbu: Rebus cabe merah besar, cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih hingga lunak. Giling bumbu yang direbus bersama kemiri, ketumbar, merica, jahe dan kunyit serta garam hingga halus.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 113. ayam bumbu bali, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan 113. ayam bumbu bali yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan 113. ayam bumbu bali sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 113. Ayam bumbu Bali memakai 17 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan 113. Ayam bumbu Bali:

  1. Siapkan 1/2 kg ayam (paha atas).
  2. Gunakan secukupnya Air.
  3. Sediakan 2 sdm kecap manis/sesuai selera.
  4. Ambil 70 gr gula jawa/sesuai selera.
  5. Gunakan 2 sdm air asam jawa.
  6. Siapkan 2 lembar daun jeruk.
  7. Gunakan 1 batang sereh(geprek).
  8. Sediakan 3 cm lengkuas (geprek).
  9. Gunakan secukupnya Kaldu jamur dan lada.
  10. Ambil Bumbu halus :.
  11. Siapkan 3 butir kemir.
  12. Sediakan 2 siung bawang putih.
  13. Siapkan 8 butir bawang merah.
  14. Gunakan 1 ruas jahe.
  15. Ambil 10 cabe rawit/sesuai selera.
  16. Siapkan 1 sdt garam.
  17. Ambil 2 cm kunyit (tanpa kunyit juga enak).
Baca juga :  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Cumi Bumbu Bali yang Sempurna

Resep Masak Ayam bumbu Bali, Merah sedap. Bumbu bali tak hanya enak untuk memasak telur dan bandeng, namun juga umum untuk ayam. Ciri khas utamanya adalah warna merah yang diperoleh dari cabe merah yang dihaluskan. Dengan kuah yang kental, aroma yang kuat, bumbu Bali memang suka bikin ketagihan.

Cara membuat 113. Ayam bumbu Bali:

  1. Bersihkan ayam, marinasi dengan garam dan lada secukupnya. Diamkan 15 menit. Ini saya ayam nya digoreng dulu ya kalau mau langsung dimasak dengan bumbu juga tidak apa. Goreng ayam setengah matang lalu sisihkan.
  2. Haluskan bumbu, kemudian tumis sampai matang dan harum. Masukan daun jeruk, sereh dan lengkuas..
  3. Setelah harum tambahkan air, masukan kaldu jamur. Tambahkan ayam yang telah digoreng. Aduk rata.
  4. Tambahkan kecap, cek rasa. Masak hingga kuah menyusut. Sajikan.

Jika Anda pernah merasakan masakan ini dari orang. Ayam Bumbu Bali Asli by Ibu Dewa. Resep ibu yang paling ngangenin dan sehat tentunya. Kalau ala Aji (bapak) memasak ayam ditambah lagi ekstra coconut oil (bukan minyak goreng ya) yang lebih banyak, jadi gurih banget😍. Bumbu bali merupakan bumbu dengan segala rupa rempah dengan komposisi pas yang menghasilkan cita.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan 113. Ayam bumbu Bali yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment