Resep Ikan Bakar Bumbu Bali (Jimbaran) Anti Gagal

Ikan Bakar Bumbu Bali (Jimbaran). Jimbaran sangat terkenal dengan " Ikan Bakar Jimbaran ". Dengan ciri khas disajikan di Pinggir Pantai. Semua restoran disini menyajikan makanan laut dalam bentuk bakar alias grill dengan ciri khas bumbu Bali dan dengan konsep.

Kekhasan ikan bakar Jimbaran terletak pada sambal mentah yang digunakan sebagai pelengkap dalam menyantap ikan bakar. Berikut bahan-bahannya: Ikan bakar juga jadi menu favorit banyak orang saat pesta BBQ di malam tahun baru. Agar makin spesial, kamu bisa mencoba resep ikan bakar khas Jimbaran Bali yang tersohor pedas dan gurih rasanya.

Sedang mencari ide resep ikan bakar bumbu bali (jimbaran) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan bakar bumbu bali (jimbaran) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Jimbaran sangat terkenal dengan " Ikan Bakar Jimbaran ". Dengan ciri khas disajikan di Pinggir Pantai. Semua restoran disini menyajikan makanan laut dalam bentuk bakar alias grill dengan ciri khas bumbu Bali dan dengan konsep.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan bakar bumbu bali (jimbaran), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan ikan bakar bumbu bali (jimbaran) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ikan bakar bumbu bali (jimbaran) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Ikan Bakar Bumbu Bali (Jimbaran) memakai 20 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Ikan Bakar Bumbu Bali (Jimbaran):

  1. Ambil 1 kg Ikan nila (dibersihkan, lalu digeret-geret).
  2. Gunakan Garam, jeruk nipis untuk direndam di ikan, habis dibersihkan.
  3. Sediakan Bahan halus :.
  4. Ambil 1 bawang bombai.
  5. Siapkan 4 siung bawang putih.
  6. Sediakan 3 ruas kunyit.
  7. Ambil 1 ruas jahe.
  8. Ambil 2 blok terasi (kalau kurang suka, pakai secukupnya saja).
  9. Gunakan Secukupnya minyak goreng utk blender (saya 3 sdm).
  10. Ambil Bahan lain :.
  11. Ambil 4 sdm saus tiram.
  12. Sediakan 3 sdm saus tomat.
  13. Gunakan 2 sdm saus sambal.
  14. Ambil 2 buah jeruk limau.
  15. Siapkan 200 ml air.
  16. Sediakan sesuai selera Garam, gula, lada.
  17. Gunakan Bahan Sambal kecap rawit :.
  18. Ambil 1 mangkuk kecil Kecap manis.
  19. Sediakan 1 tomat potong dadu kecil.
  20. Ambil 5 rawit hijau potong kecil.
Baca juga :  Bagaimana Membuat Telur Bumbu Bali yang Enak

Kamu bisa mencontek resep ikan bakar Jimbaran Bali dari chef Wayan Sukranata dari The Westin Resort Nusa Dua, Bali. Ikan bakar enak di Jimbaran selanjutnya berada di Warung Jegeg. Warung ini memanglah tidak terlihat mewah, namun untuk rasa ikan bakarnya tentu tidak perlu kamu ragukan lagi. Warung ini menyajikan olahan ikan bakar dengan bumbu khas Bali yang sangat lezat, ditambah lagi dengan sambal matah yang pedasnya nendang.

Cara membuat Ikan Bakar Bumbu Bali (Jimbaran):

  1. Ikan yang sudah dibersihkan, digeret-geret, laluh beri garam dikit saja, kemudian perasan air jeruk nipis. Sisihkan di 1 wadah..
  2. Blender bahan-bahan halus. (Saya kurang terblender sempurna, maka saya kasih sedikit air waktu ngeblender)..
  3. Panaskan wajan, tumis bumbu halus sampai mengering dan minyak agak terpisah dari bumbu..
  4. Lalu masukkan air perlahan, dan bahan lainnya. Aduk merata. Tunggu sampai agak kering. Lalu matikan..
  5. Campur bumbu dengan ikan, sampai rata. Resep aslinya, marinasi tidak ada hanya oles bumbu saat mau dibakar. Tapi, cara saya, ikan saya ungkep dengan bumbu yg sudah dimasak tp tunggu agak dingin (karena buatnya pas sudah malam, simpan kulkas, paginya baru saya bakar)..
  6. Panaskan teflon (saya pakai happy call), yang sudah dilumuri minyak. Tunggu ikan berada di suhu normal, baru dibakar di teflon. Bakar bolak balik, jangan sampai gosong..
  7. Buat sambal kecap rawitnya : campurkan semua bahan sambal, lalu diaduk jadi satu..
  8. Ikan bakar siap disajikan dengan nasi, sambil cocol sambal kecap rawit..

Salah satu contoh adalah ikan bakar goreng khas Jimbaran. Ikan bakar khas jimbaran memilki citarasa unik karena bumbu dan sambalnya. Biasanya, ikan yang dibakar untuk ikan bakar khas jimbaran adalah ikan mas, ikan bandeng, ikan gurame. Namun juga banyak ikan lain yang dapat dibakar sesuai selera. Telah Hadir di Indonesia,Bumbu Otentik Khas Bali !.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ikan Bakar Bumbu Bali (Jimbaran) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment