Langkah Mudah untuk Membuat Nasi kebuli daging sapi(ayam) yang Enak

Nasi kebuli daging sapi(ayam). Sisihkan dalam satu wadah, tuang sedikit demi sedikit kuah kaldu sapi yang telah mendidih. Nasi kebuli ayam ini sangat cocok disajikan untuk anggota keluarga anda yang kurang menyukai daging kambing atau daging sapi. Meskipun menggunakan daging ayam akan tetapi tetap masih dapat merasakan aroma rempah yang terkandung di dalam nasi kebuli.

Diyakini nasi kebuli dibawa oleh orang Arab yang menetap di Indonesia. Kali ini Kuliner Kota akan membagikan resep Nasi Kebuli dari daging ayam yang pastinya lebih ekonomis. Untuk itu siapkan bahan-bahan dan baca lengkap cara membuat Nasi Kebuli Ayam di bawah ini.

Lagi mencari inspirasi resep nasi kebuli daging sapi(ayam) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli daging sapi(ayam) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Sisihkan dalam satu wadah, tuang sedikit demi sedikit kuah kaldu sapi yang telah mendidih. Nasi kebuli ayam ini sangat cocok disajikan untuk anggota keluarga anda yang kurang menyukai daging kambing atau daging sapi. Meskipun menggunakan daging ayam akan tetapi tetap masih dapat merasakan aroma rempah yang terkandung di dalam nasi kebuli.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli daging sapi(ayam), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi kebuli daging sapi(ayam) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan nasi kebuli daging sapi(ayam) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Nasi kebuli daging sapi(ayam) menggunakan 19 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi kebuli daging sapi(ayam):

  1. Siapkan 500 gr basmati (beras india)/ beras lokal.
  2. Ambil 400 gr daging sapi.
  3. Ambil 400 gr ayam (untuk tambahan lauk terpisah).
  4. Sediakan 1 butir bawang bombay.
  5. Siapkan 4-5 buah tomat ukuran sedang.
  6. Ambil 6 siung bawang merah.
  7. Gunakan 4 siung bawang putih.
  8. Sediakan 3 sdm bumbu kare instan.
  9. Gunakan 7 buah cabe keriting hijau.
  10. Gunakan 4 cm kayu manis potong 2 bagian.
  11. Sediakan 3-4 butir cengkeh.
  12. Sediakan secukupnya Kismis.
  13. Gunakan secukupnya Minyak samin (saya pakai 4 sdm).
  14. Sediakan secukupnya Garam.
  15. Gunakan Jeruk nipis.
  16. Ambil Margarin secukupnya utk menumis.
  17. Siapkan Air secukupnya (sesuai kebutuhan berasnya).
  18. Ambil Bawang merah goreng utk taburan.
  19. Sediakan Acar mentimun + wortel (saya tdk pakai).

Kali ini selain saya mengganti daging sapi dengan ayam, saya juga memisahkan antara ayam dan nasi. Setelah ayam di masak hingga empuk dalam bumbu rempah nasi kebuli, ayam lantas saya tiriskan dan goreng terpisah. Cara ini membuat daging ayam lebih matang hingga ke bagian dalamnya dan terasa empuk, garing dan crispy. Selain itu, kami juga menggunakan kismis dan lalapan khas seperti tomat dan cabai, yang pastinya semakin melengkapi kenikmatan cita rasa makanan ini.

Baca juga :  Langkah Mudah untuk Membuat Nasi Kebuli Sederhana, Pakai Ayam dan Rice Cooker Anti Gagal

Cara membuat Nasi kebuli daging sapi(ayam):

  1. Siapkan bahan Cuci bersih beras, rendam -+ 15 smp 20 menit. Cuci bersih ayam dan daging potong2 sesuai selera. Beri perasan jeruk nipis, diamkan sesaat, cuci kembali. Ayam saya potong jadi 4 bagian. Daging saya potong dadu kecil2..
  2. Bawang bombay dan tomat potong kecil2. Bawang merah dan bawang putih iris tipis. (Bumbu ini bisa juga dihaluskan ato diblender).
  3. Lelehkan margarin, tumis bawang bombay, bawang putih, bawang merah, kemudian menyusul tomat. Tumis sampai semua layu. Masukkan daging dan ayam. Tambahkan air (saya pakai -+1.5 liter), bumbu kare, kayu manis, cengkeh, garam. Aduk semua sampai rata. Masak sampe ayam dan daging empuk (gunakan api kecil). Kemudian saya angkat ayam dan sisihkan..
  4. Setelah daging empuk masukkan beras yg sudah direndam tadi. Aduk sampe semua beras terendam dalam air. Rebus sampai air habis (aron). Matikan api..
  5. Siapkan panci pengukus. Kukus nasi aron tadi, tambahkan cabe keriting hijau. Masak sampai matang, Angkat, tambahkan minyak samin+kismis. Aduk perlahan sampai tercampur rata. Hidangkan dengan taburan bawang merah goreng dan juga acar mentimun wortel..
  6. Bakar ato goreng ayam apabila ingin tambahan lauk..
  7. Tips. Apabila ingin membuat nasi kebuli dengan lauk terpisah, potong2 daging dg ukuran besar(spt rendang). Angkat dari rebusan apabila bumbu sudah merasuk, dan daging sudah empuk. Nasi dimasak tanpa daging apapun di dalamnya. Ketika menghidangkan, tinggal goreng ato bakar daging yg ditiriskan tadi..

Merdeka.com – Nasi kebuli merupakan salah satu hidangan olahan nasi dan daging yang populer dan banyak digemari masyarakat. Biasanya, nasi kebuli dimasak dengan berbagai bumbu rempah yang membuat cita rasanya semakin khas. Bukan hanya rasa, aroma nasi kebuli pun sedap dan selalu menggugah selera setiap penikmatnya. Selain makanan yang nikmat makan dengan cara begini sih jadi lebih seru apalagi bersama teman-teman. Apalagi ditemani dengan daging seperti kambing, sapi ataupun ayam menjadi semakin nikmat.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi kebuli daging sapi(ayam) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment