Resep Coto Makasar *JJ* yang Enak Banget

Coto Makasar *JJ*. Lihat juga resep Coto makasar (paru babat)simple enak lainnya. Coto makassar dan pallubasa-nya sangat enak. Dagingnya juga cukup empuk tapi tidak hancur, pas untuk dimakan.

Coto Makassar Gurih dan Lembut enak lainnya. Coto & Konro Bakar Khas Marannu. Beberapa minggu yang lalu pas ke Kelapa Gaging saya di rekomendasikan salah satu tempat makan yang menyediakan makanan khas Makassar oleh salah satu teman saya, nama tempat rumah makan-nya adalah Marannu.

Lagi mencari ide resep coto makasar *jj* yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto makasar *jj* yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Coto makasar (paru babat)simple enak lainnya. Coto makassar dan pallubasa-nya sangat enak. Dagingnya juga cukup empuk tapi tidak hancur, pas untuk dimakan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari coto makasar *jj*, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan coto makasar *jj* yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan coto makasar *jj* sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Coto Makasar *JJ* memakai 22 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Coto Makasar *JJ*:

  1. Ambil Bahan kaldu.
  2. Sediakan 1 kg tulangan sapi.
  3. Sediakan 1 sere.
  4. Sediakan 1 ruas lengkuas.
  5. Ambil 2 daun salam.
  6. Gunakan 2 daun jeruk.
  7. Ambil secukupnya Air.
  8. Sediakan Bahan bumbu :.
  9. Siapkan 12 bawang putih.
  10. Ambil 16 bawang merah.
  11. Gunakan 4 kemiri.
  12. Siapkan 4 lombok/cabe merah kering.
  13. Gunakan 1 jempol jahe.
  14. Siapkan 1 jempol lengkuas.
  15. Siapkan 2 sdt jinten.
  16. Ambil 1 sdt pala.
  17. Gunakan 2 sdt ketumbar.
  18. Ambil Bahan cemplung :.
  19. Sediakan 1 sere geprek.
  20. Gunakan 3 daun salam.
  21. Sediakan 5 daun jeruk.
  22. Siapkan 1 ruas lengkuas geprek.

Mungkin bagi yang tinggal di Kelapa Gaging atau yang suka makanan khas Makassar sudah tahu rumah makan ini. Menurut Ust Sharhan Shafie, busut di bawah rumah merupakan tempat yang tidak baik bagi kita kerana menjadi tempat persinggahan jin. Dari penampilan luarnya, makanan ini mirip dengan Coto Makassar, tetapi dari bumbunya dan cara pengolahan daging sapinya sendiri berbeda. Hal yang unik dari Pallu Basa ini adalah daging sapi lokalnya memiliki campuran kelapa parut yang disangrai dengan kuah yang kental dan nendang karena menggunakan beberapa rempah-rempah, seperti ketumbar, gula merah, asam jawa, dan lainnya.

Baca juga :  Cara Gampang Membuat Coto Makassar, Enak Banget

Cara menyiapkan Coto Makasar *JJ*:

  1. Cuci bersih tulangan kemudian rebus dengan bahan kaldu hingga matang. Biarkan dingin. Kalau sudah dingin bisa dipotong" Dagingnya dan lemak yang mengapung bisa diambil. Q buang. Soalnya kata ibu itu gak bagus untuk kesehatan. Padahal. Kalau diliat paklek bakso malah seneng kalau lemaknya banyak 😅.
  2. Siapkan bahan bumbu, kemudian blender hingga halus. Bisa juga di lirik/ulek. Tapi sumpah.. Q nya gak sanggup mak 😂.
  3. Blender semua bahan bumbu. Dan tumis..
  4. Karena blender nya tadi pake air, jadi tumis hingga air menyusut. Tambahkan minyak dan masukan bahan cemplungan. Masak dengan api sedang hingga benar" Matang. Agak lama ya.. Biar tabel matangnya. Tapi tidak gosong..
  5. Goreng kacang tanah hingga matang. Dan blender hingga halus. Sisihkan.
  6. Tambahkan air kaldu, gilingan kacang tanah yang telah digoreng dan tulangan beserta dagingnya, pada bumbu yang telah ditumis. Masak hingga mendidih..
  7. Setelah mendidih, masukan gula, garam dan penyedap. Q pakai masako sapi. Karena memang pake sapi kan ya. Tapi menurut Q masako sapi lebih greget sih dari pada si ayam..
  8. Terakhir masukan potongan daun prei/daun bawang. Masak sebentar Dan coto pun siap disajikan dengan cinta 🥰.
  9. Selamat mencoba…..

Coto, Soto, Sauto dan variasinya, umum ditemui di seluruh Indonesia. Menghadirkan kenikmatan khas Sulawesi Selatan, Rm Coto Maros menyajikan coto dan konro khas Sulawesi Selatan. Manado yang dipenuhi para pecinta kuliner, menyambut baik kehadiran Coto Maros. Senarai Kafe (Cafe) di Beaufort, Sabah. Serambi Olong Bawang Cafe, Coto Makassar Bingkul, Serambi Olung Bawang Cafe.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Coto Makasar *JJ* yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Leave a Comment