Resep Coto Makasar yang Sempurna

Coto Makasar. Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar. This thick and tasty soup is usually made with beef and a variety of innards, such as tripe, brain, lungs, or intestines.

This dish is tasty or not depends on the seasoning sauce. Makassar is the provincial capital of South Sulawesi and is famous for its coto (beef soup) and konro (ribs soup). Coto is traditionally made from beef and beef entrails such as tripes, liver, lungs, etc, and most often in combination of several types of entrails.

Sedang mencari inspirasi resep coto makasar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto makasar yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar. This thick and tasty soup is usually made with beef and a variety of innards, such as tripe, brain, lungs, or intestines.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto makasar, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan coto makasar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat coto makasar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Coto Makasar memakai 14 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Coto Makasar:

  1. Sediakan 1 kg daging bagian sengkel (daging khusus untuk sop,rawon,soto).
  2. Siapkan 3 liter air cucian beras yang kedua.
  3. Ambil 10 lembar daun salam.
  4. Siapkan 30 siung bawang putih, rajang halus.
  5. Sediakan 6 batang serai, rajang halus.
  6. Sediakan 3 ruas jari lengkuas, iris halus.
  7. Gunakan 1 sdt merica bubuk.
  8. Siapkan 2 sdt jinten sangrai, haluskan.
  9. Ambil 3 sdt ketumbar sangrai, haluskan.
  10. Sediakan 2 ruas jahe, bersihkan kulitnya, geprek.
  11. Ambil 1 butir pala, haluskan atau 1 sdt pala halus.
  12. Sediakan 250 gram kacang tanah, sangrai, kupas kulitnya, blender halus.
  13. Ambil 3 sdt garam.
  14. Sediakan 2 sdt penyedap rasa jamur merk Totole.
Baca juga :  Bagaimana Menyiapkan Coto Ayam Anti Gagal

Coto makassar termasuk salah satu kuliner legendaris khas Indonesia yang tetap eksis hingga saat ini. Beberapa di antaranya lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, daun serai, daun seledri, dan sebagainya. Berikut resep bikin Coto Makassar beserta cara memasaknya. Resep Coto Makassar – Berbicara kuliner Nusantara, seakan tidak pernah ada habisnya ya bun.

Cara membuat Coto Makasar:

  1. Presto daging sengkel, daun salam dan air cucian beras sampai daging empuk, saya prestonya 20 menit. Kalau panci prestonya kecil, presto dengan air 1,5 liter dulu kemudian sisanya bisa ditambahkan setelah proses presto selesai. Angkat daging, tunggu dingin lalu potong kotak-kotak sesuai selera. Panaskan kembali air rebusan daging, tambahkan air hingga 3 liter..
  2. Tumis bawang putih, serai, dan lengkuas sampai berubah warna dan tercium harum. Sesaat sebelum diangkat, masukkan jinten bubuk, ketumbar bubuk, pala bubuk (merica jangan ikut dimasukkan di sini karena kadar pedasnya akan berkurang), matikan api. Dinginkan sebentar, blender semua sampai halus. Masukkan ke kuah coto..
  3. Blender kacang yang sudah disangrai, masukkan ke kuah coto yang sedang dididihkan. Masukkan jahe, merica bubuk, dan daging yang telah dipotong-potong tadi. Koreksi rasa jika diperlukan. Coto siap disajikan..
  4. Sajikan coto panas-panas bersama ketupat, irisan daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis dan sambal (cabe kering direbus lalu dihaluskan). Selamat mencoba..

Mengingat Indonesia sendiri memiliki ribuan bahkan jutaan kuliner yang tersebar ke seluruh pelosok. Menariknya, kuliner-kuliner tersebut mampu menyajikan rasa yang khas dan berbeda dari setiap daerah. Salah satu kuliner tanah Resep Coto Makassar Asli Enak Spesial. Resep Coto Makassar Asli Enak Spesial – Coto Makassar merupakan hidangan berkuah seperti soto. Rasanya yang nikmat membuatnya terus eksis hingga kini.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Coto Makasar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment