Langkah Mudah untuk Membuat Coto khas makassar Anti Gagal

Coto khas makassar. Coto Makassar merupakan makanan khas daerah yang sudah meluas di Indonesia. Kendati merupakan kuliner asli Makassar, kita hampir bisa menemuinya di setiap kota dan daerah di Indonesia. Hal tersebut menunjukan bahwa banyak masyarakat Indonesia yang menyukai kuliner khas Makassar satu ini.

Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus.

Sedang mencari ide resep coto khas makassar yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal coto khas makassar yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto khas makassar, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan coto khas makassar yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Coto Makassar merupakan makanan khas daerah yang sudah meluas di Indonesia. Kendati merupakan kuliner asli Makassar, kita hampir bisa menemuinya di setiap kota dan daerah di Indonesia. Hal tersebut menunjukan bahwa banyak masyarakat Indonesia yang menyukai kuliner khas Makassar satu ini.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat coto khas makassar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Coto khas makassar menggunakan 20 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Coto khas makassar:

  1. Gunakan 250 gram Daging sapi.
  2. Gunakan 250 gram Hati sapi.
  3. Gunakan 2 bh Daun jeruk.
  4. Ambil 2 bh sereh.
  5. Sediakan 1 sdt jintan bubuk.
  6. Ambil 1 sdt garam.
  7. Ambil 1 sdt gula.
  8. Gunakan 1 sdt merica.
  9. Siapkan sesuai selera Kacang goreng haluskan.
  10. Sediakan Bahan-bahan d haluskan:.
  11. Siapkan 9 siung bawang merah.
  12. Siapkan 9 siung bawang putih.
  13. Siapkan Blender sampai halus.
  14. Ambil sesuai selera Kecap manis.
  15. Sediakan sesuai selera Gula merah.
  16. Gunakan Pelengkap:.
  17. Ambil Bawang goreng.
  18. Siapkan Daun bawang iris tipis.
  19. Siapkan Telur rebus.
  20. Gunakan Ketupat/buras/lontong.

Mie titi adalah makanan khas Makassar yang tak kalah populer dari coto makassar maupun sop konro. Mie titi berupa mie kering yang disiram dengan kuah kental dari telur, air dan tepung maizena. Di dalam kuahnya, ada berbagai campuran seperti daging ayam, bakso, udang, kubis, sawi, daun seledri dan bumbu-bumbu lainnya. Tempat lebih modern dan lebih rapih adalah ciri khas dari Coto Daeng ini.

Cara membuat Coto khas makassar:

  1. Tumis bawang merah bawang putih, sereh, daun jeruk sampai harum dan minyaknya keluar bumbunya meresap.
  2. Didihkan air 2liter Masak daging hati sapi sampai sampai mendidih buang air rebusan pertama rebus kembali sampai mendidih matikan api tutup 1 jam biar daging empuk Setelah itu sisihkan daging, hati dgn airnya potong potong sesuai selera.
  3. Masukkan semua bumbu kedlm air rebusan daging masak sampai mendidih tuangkan kacang, kecap manis dan gula merah.
  4. Coto siap d sajikan Selamat mencoba yaa Semoga berhasil.

Bahan Coto Makassar di sini di antaranya menggunakan jeruk nipis, lontong, dan bawang goreng serta daun bawang. Pepes dan telur asin adalah hidangan yang sering melengkapi coto di sini. Selain sop konro, Makasar juga memiliki hidangan berkuah lainnya, yakni coto Makasar. Bahan dasar yang digunakan pada coto Makasar adalah daging sanding lemur serta jeroan. Karena aromanya yang khas, jeroan seperti babat dan paru perlu direbus sebanyak dua kali.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Coto khas makassar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Leave a Comment