Bagaimana Membuat Nasi Kebuli Ayam Anti Gagal

Nasi Kebuli Ayam. Coba resep nasi kebuli ayam yang bisa kamu masak menggunakan beras biasa. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan beras basmati dan daging kambing. Namun, cara membuat nasi kebuli yang satu ini terbilang sederhana dan simpel dilakukan siapa saja.

Mari kita simak bersama cara membuatnya di sini! Nasi Kebuli Ayam memang tiada bandingannya. Hidangan yang kerap ditemukan di Jakarta dan dijual oleh para keturunan Arab yang bermukim di Indonesia selama banyak.

Sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli ayam yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nasi kebuli ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Coba resep nasi kebuli ayam yang bisa kamu masak menggunakan beras biasa. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan beras basmati dan daging kambing. Namun, cara membuat nasi kebuli yang satu ini terbilang sederhana dan simpel dilakukan siapa saja.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi kebuli ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi Kebuli Ayam memakai 19 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:

  1. Siapkan 5 gelas belimbing beras, cuci bersih.
  2. Gunakan 1 ekor ayam, potong 14, marinate dg 2 buah jeruk nipis, cuci lg.
  3. Sediakan 100 gr margarin.
  4. Gunakan 2 buah bawang bombay, iris melintang/bulat.
  5. Siapkan 1,5 sdm garam.
  6. Gunakan 1 sdt ladaku.
  7. Sediakan 1 bks royco ayam.
  8. Gunakan Bumbu cemplung.
  9. Gunakan 1 bks Desaku bubuk kari / 2 sdm bubuk kari (cek step 1).
  10. Siapkan 2 btg kayu manis seukuran kelingking.
  11. Siapkan 10 buah cengkeh.
  12. Sediakan 6 butir kapulaga.
  13. Ambil 2 buah bunga lawang.
  14. Sediakan 5 lbr daun salam kering.
  15. Siapkan Bumbu halus.
  16. Siapkan 8 butir bawang merah.
  17. Gunakan 4 siung bawang putih.
  18. Ambil 1 sdt peres jintan.
  19. Gunakan 1 sdt peres ketumbar bubuk.

Siapkan ayam, letakkan ayam di atas wadah datar atau talenan. Gosok permukaan kulit ayam dengan garam hingga licin dan halus, kalau perlu gosokkan juga garam ke dalam rongga ayam. Lakukan ini pada seluruh permukaan ayam, jangan ada bagian yang terlewat. Cara ini membuat ayam menjadi bebas bau.

Baca juga :  Resep Nasi kebuli ayam enakkk yang Enak Banget

Langkah-langkah membuat Nasi Kebuli Ayam:

  1. Siapkan semua bahannya. Utk air, secukupnya aja ssuai dg beras masing², tp belum dg takaran merebus ayamnya ya. ⚠️Sbg pengganti bubuk kari Desaku, di recook kmrin ak bikin bubuk kari sndiri, alhamdulillah rasanya lebih mantap -3 btg kayu manis spanjang uk jempol -9 butir kapulaga -3 buah pekak/kembang lawang -2 sdm jinten -8 butir cengkeh -1 sdm ketumbar bubuk -1 sdm kunyit bubuk Semua rempah yg utuh disangrai dulu, lalu diblender halus brsama rempah yg sdh bubuk. Selesai..
  2. Panaskan margarin. Tumis bawang bombay smp layu. Masukkan bumbu halus&bumbu rempah cemplung ⚠️Klau pkai bubuk kari homemade, pakai 2 sdm saja. Bisa ditambah kunyit bubuk lg kl skiranya kurang kuning. Di recook kmrin ak tambah 1 buah tomat, buang bijinya, cincang. Dan 2 sdm saos tomat..
  3. Beri air (kurleb 1 liter) aduk rata. Masukkan ayam. Aduk kembali smp ayam terendam. Diamkan smp ayam setengah matang. ⚠️CARA 2: atau bisa juga ayam cm diungkep dg kuah bumbu smp matang+empuk sprti ungkep ayam biasa. Angkat. Tiriskan. Lalu baru masukkan berasnya lgsg ke sisa kuah.(kl pkai wajan besar) Bisa ditambah air&dikoreksi lg rasanya sesuai beras yg dipakai Kmrn ak recook dg cara 2 ini. Jd ayamnya digoreng, ga ikut dikukus dg nasi..
  4. Setelah itu, masukkan ayam&kuah bumbu ke beras. Aroni smp airnya surut. Nah di step ini bisa ditambah air lg ssuai dg beras masing².
  5. Siapkan kukusan. Kukus nasi aron beserta ayamnya selama kurleb 45-60 menit. Di menit ke 40, boleh mulai tes keempukan nasinya. Apakah msh ada yg kletis² atau ngga..
  6. Setelah matang, sajikan dg acar nanas & sambal.. nyamiiii🤤 (lihat resep).

Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Masukkan ayam, aduk hingga ayam kaku. Tuangi kaldu, masak hingga air habis terhisap oleh beras. To be honest, the dish in this episode was requested by a kind viewer and I am interested to make it.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi kebuli ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment