Langkah Mudah untuk Menyiapkan COTO MAKASSAR (AYAM), Lezat

COTO MAKASSAR (AYAM). The process of preparing coto Makassar is time-consuming, and the meat is left to simmer in the spice-enriched broth for many hours. It is typically served in bowls with a dollop of traditional Indonesian chili sauce known as sambal. The dish is typically served with rice or rice cakes packed in woven palm or coconut leaves.

Coto makassar termasuk salah satu kuliner legendaris khas Indonesia yang tetap eksis hingga saat ini. Beberapa di antaranya lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, daun serai, daun seledri, dan sebagainya. Cara membuat coto Makassar yang enak: a.

Sedang mencari ide resep coto makassar (ayam) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto makassar (ayam) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

The process of preparing coto Makassar is time-consuming, and the meat is left to simmer in the spice-enriched broth for many hours. It is typically served in bowls with a dollop of traditional Indonesian chili sauce known as sambal. The dish is typically served with rice or rice cakes packed in woven palm or coconut leaves.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto makassar (ayam), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan coto makassar (ayam) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah coto makassar (ayam) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat COTO MAKASSAR (AYAM) memakai 23 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan COTO MAKASSAR (AYAM):

  1. Siapkan 1 ekor ayam, dipotong kecil².
  2. Sediakan 200 gr kacang tanah goreng, haluskan.
  3. Siapkan 2 lbr daun salam.
  4. Gunakan 2 lbr daun jeruk.
  5. Gunakan 1 btg daun bawang, iris2.
  6. Siapkan 1 ruas lengkuas, geprek.
  7. Ambil 1 ltr air (aku pake air dari cucian beras yg ke 2 dan ke 3).
  8. Ambil 1 potong kecil kayu manis.
  9. Sediakan secukupnya Minyak goreng,.
  10. Sediakan secukupnya Garam,.
  11. Ambil secukupnya Kaldu ayam bubuk.
  12. Ambil Bumbu halus.
  13. Sediakan 10 siung bawang merah.
  14. Sediakan 6 siung bawah putih.
  15. Siapkan 1 ruas jahe.
  16. Siapkan 1 ruas lengkuas.
  17. Gunakan 10 btg sereh (putihnya aja).
  18. Siapkan 1 sdt merica bubuk.
  19. Gunakan 1 sdm ketumbar bubuk.
  20. Gunakan Pelengkap.
  21. Siapkan Irisan jeruk nipis.
  22. Sediakan Potongan daun bawang.
  23. Ambil Bawang goreng.
Baca juga :  Cara Gampang Menyiapkan Coto Makasar, Enak Banget

Rebus air, tunggu mendidih, masukkan ayam, masak hingga kaldu ayam keluar. b. Haluskan bumbu, tambahkan sedikit sereh, haluskan. Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama.

Langkah-langkah menyiapkan COTO MAKASSAR (AYAM):

  1. Rebus air hingga mendidih.
  2. Sebelum bumbu2 dihaluskan sebaiknya ditumis dulu setelah semua bumbu diiris2, agar warna coto nanti bs lebih gelap dan bumbu lebih harum (tips).
  3. Setelah bumbu kecoklatan maka blender hingga halus dan tumis hingga harum. Jangan lupa masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas geprek dan kayu manis.
  4. Kemudian masukkan ayam, aduk hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam.
  5. Jangan lupa masukkan daun bawang.
  6. Aduk terus hingga ayam berubah warna agak pucat. Lalu tuang ke dalam panci berisi air yg telah mendidih tadi. (Kelupa foto).
  7. Masukkan kacang goreng halus, garam dan kaldu ayam bubuk. Masak hingga ayam matang..
  8. Setelah mendidih dan ayam masak, angkat dan sajikan dengan pelengkap irisan jeruk nipis, irisan daun bawang, dan bawang goreng.

Lihat juga resep Coto Ayam Makassar enak lainnya. Kini tak perlu pergi jauh ke Makassar hanya untuk mencicipi coto, karena dengan berbekal resep coto Makassar berikut anda sudah dapat membuatnya sendiri di rumah. Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan COTO MAKASSAR (AYAM) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment