Resep Coto Makassar (Jeroan) yang Menggugah Selera

Coto Makassar (Jeroan). Untuk isinya, hidangan ini menggunakan daging sapi dan jeroan sapi sebagai bahan isi utamanya. Sama seperti soto lainnya, terdapat bahan pelengkap Coto Makassar seperti lontong, bawang goreng, daun seledri, daun bawang, kecap manis, dan air perasan jeruk nipis. Coto Makassar ini sudah menjadi hidangan khas di kota Makasar.

Coto makassar pada awalnya hanyalah hasil coba-coba toak atau juru masak kerajaan yang kerap dibuat gusar melihat bagian dalam kerbau terbuang sia-sia setelah memasak daging kerbau bagi para anggota kerajaan. Coto Makassar adalah makanan tradisional sejenis soto yang berasal dari kota Makassar, Sulawesi Selatan, terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Irisan rebusan jeroan bercampur daging sapi kemudian dibumbui dengan racikan bumbu khusus.

Lagi mencari inspirasi resep coto makassar (jeroan) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal coto makassar (jeroan) yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto makassar (jeroan), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan coto makassar (jeroan) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Untuk isinya, hidangan ini menggunakan daging sapi dan jeroan sapi sebagai bahan isi utamanya. Sama seperti soto lainnya, terdapat bahan pelengkap Coto Makassar seperti lontong, bawang goreng, daun seledri, daun bawang, kecap manis, dan air perasan jeruk nipis. Coto Makassar ini sudah menjadi hidangan khas di kota Makasar.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat coto makassar (jeroan) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Coto Makassar (Jeroan) menggunakan 22 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Coto Makassar (Jeroan):

  1. Siapkan 500 gr jeroan sapi (hati, jantung, paru, babat).
  2. Gunakan 1 l air rendaman beras.
  3. Sediakan 2 sdm minyak sayur.
  4. Siapkan 1 sdm kaldu bubuk.
  5. Gunakan Secukupnya garam.
  6. Siapkan Bumbu halus.
  7. Siapkan 1 buah bawang bombay.
  8. Ambil 3 siung bawang putih.
  9. Siapkan 1/3 pala.
  10. Siapkan 3 buah cengkeh.
  11. Ambil 1 sdt ketumbar.
  12. Ambil 1/2 sdt merica hitam.
  13. Ambil 4 butir kemiri.
  14. Gunakan 3 cm jahe.
  15. Ambil 2 cm lengkuas.
  16. Sediakan 1 batang serai (saya: serai kering).
  17. Sediakan 50 gr kacang tanah sangrai (saya: Almond dan lentils).
  18. Sediakan Pelengkap.
  19. Ambil Bawang goreng.
  20. Siapkan Emping.
  21. Ambil Sambal.
  22. Ambil Lemon.
Baca juga :  Langkah Mudah untuk Membuat Coto Makasar Anti Gagal

Coto biasanya dihidangkan dalam mangkok dan dimakan dengan ketupat dan buras. Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus.

Langkah-langkah membuat Coto Makassar (Jeroan):

  1. Rebus dengan air biasa jeroan hingga mengeras, buang airnya. Dinginkan.
  2. Haluskan semua bahan bumbu. Panaskan minyak, gongso bumbu halus hingga minyak terpisah dan bau langu hilang..
  3. Potong kotak jeroan atau sesuai selera.
  4. Masukan jeroan potong ke dalam tumisan bumbu, tuang air beras. Rebus dengan api kecil hingga jeroan empuk. Tambahkan kaldu dan garam. Aduk dan cicipi..
  5. Setelah matang, tuang soto diatas mangkuk (bisa dengan nasi), taburi bawang goreng dan emping. Sajikan panas dengan sambal dan potongan lemon. Nikmat..

Jeroan yang direbus dalam waktu lama dicampur dengan daging sapi yang diiris tipis, lalu dicampur dengan bumbu kacang yang diracik khusus, kaldu panas dengan irisan daun bawang dan bawang goreng adalah ciri khas dari Coto Makassar. Coto makassar termasuk salah satu kuliner legendaris khas Indonesia yang tetap eksis hingga saat ini. Beberapa di antaranya lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, daun serai, daun seledri, dan sebagainya. Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Coto Makassar (Jeroan) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment