Resep Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com) yang Lezat

Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com). Resep Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com). Rasanya tetap enak dan tentu saja wangi rempah-rempah. Biasanya klo bikin nasi kebuli disertakan juga acar.

Tergantung kreativitas, nasi kebuli bisa dibuat sendiri di rumah dengan aneka lauk. Gampangnya lagi, nasi ini bisa dimasak di magic com. Anak kos atau yang gak punya peralatan masak lengkap, bisa banget cobain resep yang satu ini.

Lagi mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam sambal cuka (masak magic com) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam sambal cuka (masak magic com) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com). Rasanya tetap enak dan tentu saja wangi rempah-rempah. Biasanya klo bikin nasi kebuli disertakan juga acar.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam sambal cuka (masak magic com), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi kebuli ayam sambal cuka (masak magic com) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi kebuli ayam sambal cuka (masak magic com) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com) memakai 29 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com):

  1. Gunakan 5 cup beras (=750 g, me :beras jenis pulen).
  2. Siapkan Secukupnya air (sesuai takaran menanak nasi).
  3. Siapkan 1/2 kg fillet ayam (me : dada dan punggung ayam).
  4. Siapkan 1/2 buah jeruk nipis.
  5. Gunakan 4 sdm minyak goreng.
  6. Siapkan 3 sdm margarin (minyak samin).
  7. Gunakan ⏩Bahan A (Bumbu rempah aromatik) :.
  8. Siapkan 5 cm kayu manis.
  9. Gunakan 5 butir cengkih.
  10. Sediakan 3 buah kapulaga (geprek, me: green cardamon).
  11. Sediakan 2 buah bunga lawang (pekak).
  12. Gunakan 1 sdt ketumbar bubuk.
  13. Sediakan 2 sdm bubuk kari (bisa ganti 1 sachet bumbu kari instan basah).
  14. Gunakan ⏩ Bahan B (Bumbu yang dihaluskan):.
  15. Sediakan 7 siung bawang merah.
  16. Gunakan 3 siung bawang putih.
  17. Siapkan 2 cm kunyit.
  18. Sediakan Seasoning :.
  19. Sediakan 2 sdt garam atau lebih (saat cek rasa bisa ditambahkan).
  20. Gunakan ⏩Bahan sambal cuka :.
  21. Siapkan 5 buah cabe merah keriting.
  22. Ambil 5 buah cabe rawit merah/cabe domba.
  23. Ambil 2 siung bawang merah (resep asli : bawang putih).
  24. Sediakan 1/2 sdt garam.
  25. Sediakan 1 sdm gula pasir.
  26. Siapkan 1 sdm cuka makan.
  27. Ambil 4 sdm air mineral/air matang.
  28. Ambil ⏩Pelengkap :.
  29. Gunakan iris Kerupuk, Timun iris, Telur dadar (lihat resep).
Baca juga :  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi kebuli ayam homemade Anti Gagal

Ulek cabai merah, cabai rawit, bawang putih, garam, dan gula. Setelah diulek tambahkan cuka dan air, aduk rata; Setelah nasi matang, pisahkan ayam, masukkan sisa bumbu ke dalam nasi; Tambahkan kismis dan bawang goreng, lalu aduk rata; Goreng ayam atau bisa juga langsung disajikan; Nasi Kebuli Ayam. Cara Mudah Membuat Gongso Telur Semarangan Nikmat. Iris bahan-bahan bumbu halus dan blender bersama dengan minyak sampai.

Cara menyiapkan Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com):

  1. Daging ayam dipotong sesuai selera. Diberi perasan jeruk nipis, biarkan 10 menit, cuci dan tiriskan kembali ayam. Bahan bumbu nasi kebuli lainnya disiapkan..
  2. Blender bahan B hingga halus. Panaskan minyak dan margarin. Tumis bahan B dan bahan A, hingga harum..
  3. Masukkan ayam, adukrata, masak hingga ayam berubah warna. Tambahkan air dan seasoning. Setelah ayam matang, matikan kompor. Sisihkan..
  4. Cuci beras. Masukkan kedalam panci magic com. Tuang air kaldu ayam beserta daging ayam tsb kedalamnya. Tambahkan sejumlah air sesuai kebiasaan menanak nasi (ini saya biasa setinggi 1,5 ruas jari, utk kebuli airnya jadi setinggi 1,75 ruas jari dari permukaan beras). Cek rasa. Klo kurang garam bisa ditambahkan. Jika sudah pas, tekan tombol "Cook, tunggu hingga matang..
  5. Setelah matang, aduk2 dulu dan tutup lagi magic com selama 15 menit. Catatan dari saya : Klo pake rice cooker biasa, setelah diaduk2, tekan tombol cook lagi, bila sdh selesai, biarkan 15 menit. Baru nasi kebuli siap dinikmati..
  6. Membuat sambal cuka : pastikan higienis semua bahan. Siapkan cobek dan ulekan. Potong2/gunting cabe, kemudian ulek cukup halus semua bahan. Pindahkan ke mangkok, beri cuka makan dan air matang, adukrata..
  7. Cara penyajian : tata nasi kebuli sesuai selera. Khusus utk tema clovers sy buat nasi kebuli dan dadar telur jadi bentuk hati. Lengkapi dg timun, kerupuk, dan sambal cuka. 👌.

Resep Ayam Bumbu Cuka merupakan paduan dari segarnya bumbu tambah cuka dengan gurihnya ayam menjadi sebuah paduan yang segar di mulut. Olahan ayam paling banyak digemari masayarkat Indonesia selain mengandung kadar protein hewani yang tinggi, harganya pun cukup murah. Bisa melakukan banyak variasi makanan dari ayam, baik direbus goreng ataupun bakar. Resepi Nasi Ayam yang memang pasti sedap dan sangat sesuai dihidangkan untuk majlis-majlis tertentu. Sangat berbaloi mencuba resepi ini walaupun nampak sukar dan munggunakan bahan yang banyak.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi kebuli ayam sambal cuka (masak magic com) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Comment