Bagaimana Menyiapkan Coto Makassar yang Menggugah Selera

Coto Makassar. Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar. This thick and tasty soup is usually made with beef and a variety of innards, such as tripe, brain, lungs, or intestines.

Coto Makassar or Coto Mangkasara (Makassarese), is an Indonesian traditional soup originating from Makassar, South Sulawesi. It is a variant of soto traditional beef and offal stew with seasoned broth made from ground peanuts and spices. The main ingredient of this soup is beef and it can be mixed with innards such as intestine, liver, lungs, heart, tripe, or cow brain.

Anda sedang mencari inspirasi resep coto makassar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto makassar yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar. This thick and tasty soup is usually made with beef and a variety of innards, such as tripe, brain, lungs, or intestines.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari coto makassar, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan coto makassar yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah coto makassar yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Coto Makassar menggunakan 21 bahan dan 12 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Coto Makassar:

  1. Ambil 1 kg daging sapi (kalau suka jeroan bisa dicampur dengan jeroan).
  2. Sediakan 100 gr kacang tanah (dipasar ada yg sudah digoreng dan digiling).
  3. Siapkan 2 sdm tauco (opsional).
  4. Gunakan 3 liter air cucian beras yg ke 2 dan ke 3.
  5. Ambil Daun bawang.
  6. Gunakan Bawang goreng.
  7. Ambil Jeruk nipis.
  8. Gunakan Bumbu sangrai.
  9. Ambil 2 sdm ketumbar.
  10. Sediakan 1 sdm jinten.
  11. Ambil 1 sdm merica bubuk.
  12. Sediakan Bumbu digoreng.
  13. Siapkan 25 butir bawang merah.
  14. Ambil 20 butir bawang putih.
  15. Gunakan 5 butir kemiri.
  16. Ambil 1 ruas lengkuas.
  17. Gunakan 1 ruas jahe.
  18. Ambil 5 batang sereh besar (ambil putihnya).
  19. Ambil Bahan cemplung.
  20. Gunakan 3 batang sereh besar (geprek).
  21. Siapkan 3 lembar daun salam.

HOW TO MAKE Coto Makassar: Boiled beef, tripe, liver and heart, give lemongrass, galangal, ginger. Once cooked remove and drain, cut into cubes. Heat oil, sauté the crushed spices until fragrant, put into the broth, add fried peanuts, bring to a boil. The presentation, prepare a bowl, fill with meat and.

Cara menyiapkan Coto Makassar:

  1. Siapkan air cucian beras dalam panci masukkan sereh dan daun salam, tunggu mendidih lalu masukkan daging (bisa direbus dengan menggunakan metode 5.30.7) kalau pake presto gausah tunggu mendidih ya airnya langsung masukkan semuanya.
  2. Sementara merebus daging, sangrai ketumbar, jinten dan merica. Setelah disangrai diulek/dihaluskan.
  3. Lalu goreng bawang merah, bawang putih, jahe diiris, lengkuas diiris, kemiri, dan sereh diiris (bisa digabung bisa satu2) digoreng sampai matang dan wangi tp jangan gosong.
  4. Blender bahan2 yg sudah digoreng dan bahan2 yg sudah diulek (digabung).
  5. Haluskan tauco.
  6. Setelah diblender ditumis kembali sampai matang dan wangi (bisa memggunakan minyak sisa menggoreng bahan2 yg tadi). Setelah itu sisihkan.
  7. Kacang tanah yg sudah halus bisa ditambahkan sedikit air lalu diaduk2 agar tidak menggumpal saat dimasukkan dikuah.
  8. Masukkan bumbu yg sudah ditumis ke panci,aduk rata.
  9. Setelah itu masukkan kacang tanah, masukannya bertahap ya agar bisa dikoreksi dan disesuaikan dengan selera (agar rasa bumbunya ga kalah dengan rasa kacangnya).
  10. Masukkan juga tauco yg sudah dihakuskan, masukan sedikit2 juga sambil dikoreksi karna aroma tauco yg kuat bisa disesuaikan dengan selera. Tauco ini opsional tp dia bisa membuat kuahnya lebih coklat menarik dan rasanya lebih enak.
  11. Tambahkan garam, gula, dan penyedap (sesuaikan dengan selera).
  12. Setelah rasanya pas, angkat dan sajikan dengan tambahan daun bawang dan bawang goreng.

Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, yang ditambah dengan beberapa bagian dalam dari sapi. Bagian – bagian tersebut seperti jeroan, paru, hati, usus, jantung, hingga babat.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan coto makassar yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Comment