Resep Tuung Timbung Bumbu Bali, Sempurna

Tuung Timbung Bumbu Bali. Minggu ini KopiJos ngajakin kita dolan ke Bali. Mamah juga ngajakin kita rekreasi ke Bali niih. Sebenernya baru sekaliii ke sana itupun jaman masih putih abu-abu.

Jukut tuung timbung adalah masakan khas Bali. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa jukut tuung timbung khas Bali ini. Mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya.

Sedang mencari inspirasi resep tuung timbung bumbu bali yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tuung timbung bumbu bali yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Minggu ini KopiJos ngajakin kita dolan ke Bali. Mamah juga ngajakin kita rekreasi ke Bali niih. Sebenernya baru sekaliii ke sana itupun jaman masih putih abu-abu.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tuung timbung bumbu bali, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan tuung timbung bumbu bali enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan tuung timbung bumbu bali sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Tuung Timbung Bumbu Bali menggunakan 11 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Tuung Timbung Bumbu Bali:

  1. Sediakan 2 buah terong hijau.
  2. Gunakan 3 butir bawang merah.
  3. Siapkan 4 siung bawang putih.
  4. Sediakan 2 lembar daun salam.
  5. Sediakan 1,5 ruas jahe.
  6. Ambil 1,5 ruas kunyit.
  7. Ambil 1 sdt garam.
  8. Sediakan Sejumput terasi bakar.
  9. Siapkan 1 sdt kaldu bubuk.
  10. Gunakan 3 sdm minyak goreng.
  11. Ambil 100 ml air.
Baca juga :  Resep Daging bumbu bali pedas yang Lezat Sekali

Hidangan ini mempunyai aroma dan cita rasa yang lezat. Ayam tersebut tentunya sudah dibumbui dengan bumbu khas Bali yang bercitarasa pedas asin. Selain ayam dan bumbu, dimasukkan pula sayuran berupa potongan kacang panjang, kacang tanah, serta daun singkong. Timbungan sendiri berasal dari kata embung atau timbung yang memiliki arti bambu.

Langkah-langkah membuat Tuung Timbung Bumbu Bali:

  1. Potong terong, lalu cuci bersih.
  2. Panaskan kompor, goreng terong hingga layu.
  3. Siapkan wajan bersih (tanpa menyalakan api), masukkan semua bumbu (kecuali kaldu bubuk dan air).
  4. Remas-remas bumbu tadi hingga tercampur rata. Gunakan plastik supaya tangan tidak terasa panas.
  5. Nyalakan api, tumis bumbu hingga harum. Lalu tambahkan air, tunggu hingga mendidih.
  6. Masukkan terong, aduk rata. Tunggu hingga air mulai berkurang. Lalu matikan kompor. Sajikan.

Jadi, Bebek Timbungan adalah hidangan daging bebek yang dimasak dengan bumbu basa genep (racikan bumbu utama khas Bali) menggunakan bilah bambu. Lihat juga resep Pindang Suwir sambal Embe khas Bali enak lainnya. Baluran bumbu basa genep membuat cita rasanya gurih, meresap hingga ke dalam serat daging. Perlahan, tercecap pula rasa pedas yang tak terlalu kuat. Sambal matahnya terasa segar dan cukup membakar lidah.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan tuung timbung bumbu bali yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Comment