Resep Coto Makassar (Daging sapi&Jeroan) Anti Gagal

Coto Makassar (Daging sapi&Jeroan). Resep Coto Makassar Daging Sapi Asli Spesial Enak. Mendengar kata "coto" pastinya kita akan mengira bahwa kuliner satu ini adalah resep coto makassar daging sapi. Memang nama dan penampilannya hampir mirip antara kedua kuliner tersebut.

Pertama-tama, Sedulur harus membersihkan daging sapi dengan air biasa. Sedulur juga sebenarnya bisa memilih resep Coto Makassar pilihan daging ayam dan sapi, namun kali ini yang digunakan adalah daging sapi. Untuk isinya, hidangan ini menggunakan daging sapi dan jeroan sapi sebagai bahan isi utamanya.

Sedang mencari ide resep coto makassar (daging sapi&jeroan) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal coto makassar (daging sapi&jeroan) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Coto Makassar Daging Sapi Asli Spesial Enak. Mendengar kata "coto" pastinya kita akan mengira bahwa kuliner satu ini adalah resep coto makassar daging sapi. Memang nama dan penampilannya hampir mirip antara kedua kuliner tersebut.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari coto makassar (daging sapi&jeroan), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan coto makassar (daging sapi&jeroan) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan coto makassar (daging sapi&jeroan) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Coto Makassar (Daging sapi&Jeroan) memakai 25 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Coto Makassar (Daging sapi&Jeroan):

  1. Gunakan 700 gr Daging sapi.
  2. Ambil 200 gr Babat.
  3. Sediakan 100 gr Jantung.
  4. Ambil 50 gr Hati.
  5. Gunakan Air secukupnya untuk merebus daging dan jeroan.
  6. Sediakan Bumbu rebus:.
  7. Ambil 4 lembar daun salam.
  8. Gunakan 2 batang serai geprek.
  9. Ambil Bumbu halus:.
  10. Sediakan 1 bonggol Bawang Putih (haluskan).
  11. Ambil 5 siung Bawang Merah (haluskan).
  12. Siapkan 3 sdm Ketumbar Bubuk.
  13. Ambil 2 sdm Jintan Bubuk.
  14. Ambil 3 sdm Garam.
  15. Siapkan 2 sdm Kaldu Jamur Rasa Sapi.
  16. Ambil Bumbu rempah keprek:.
  17. Gunakan 4 batang Sereh (keprek).
  18. Gunakan 50 gr Lengkuas (keprek).
  19. Sediakan 1500 ml Air.
  20. Gunakan 150 gr Kacang Tanah (yang sudah di goreng).
  21. Gunakan Menu pendamping:.
  22. Sediakan Ketupat atau lontong (lihat resep).
  23. Siapkan Bisa juga buras (lihat resep).
  24. Gunakan Paru goreng (lihat resep).
  25. Gunakan Sambal (lihat resep).
Baca juga :  Bagaimana Membuat Cotto Makassar yang Lezat Sekali

Sama seperti soto lainnya, terdapat bahan pelengkap Coto Makassar seperti lontong, bawang goreng, daun seledri, daun bawang, kecap manis, dan air perasan jeruk nipis. Coto Makassar ini sudah menjadi hidangan khas di kota Makasar. Jadi jangan lewatkan untuk mencicipinya jika Anda berkunjung ke sana. Isian coto Makassar berupa potongan daging sapi dan jeroan seperti paru, babat, usus dan limpa.

Cara membuat Coto Makassar (Daging sapi&Jeroan):

  1. Cuci bersih daging sapi dan jeroan potong kotak-kotak kurang lebih sekitar 2 cm..
  2. Rebus daging dan babat dengan secukupnya air beri tambahan daun salam dan serai, Jika sudah mendidih, buang airnya. Tambahkan air lagi sampai mendapatkan tingkat keempukan yang diinginkan..
  3. Diwadah laen rebus jantung dan hati bersama air dan daun salam serta serai sampai mendidih lalu ganti airnya dan rebus kembali sampai mendidih saja..
  4. Haluskan bumbu-bumbu, lalu tumis bersama rempah laen hingga harum..
  5. Masukkan daging dan jeroan, aduk rata. Beri tambahan air..
  6. Blender halus kacang, masukkan kedalam kuah coto tadi, aduk rata; masukkan daun bawang kaldu dan garam sambil koreksi rasa..
  7. Aduk coto dan biarkan sampai mendidih. Sajikan deh bersama menu pendamping laennya..

Kalau ingin membuat sendiri, ikuti resep Coto Makassar dan tips membuatnya berikut ini. Coto Makassar merupakan hidangan berkuah yang super gurih. Dijamin siapa saja akan menyukai cita rasanya. Resep coto Makassar pun tak sulit untuk diikuti, Moms. Yang membuat resep oto Makassar ini tambah istimewa adalah sambal tauconya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan coto makassar (daging sapi&jeroan) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment