Resep NASI KEBULI AYAM versi Ekonomis Anti Gagal

NASI KEBULI AYAM versi Ekonomis. Aha, Alhamdulillah banget saya menemukan bumbu nasi kebuli yang praktis dan ekonomis. Lihat juga resep Nasi Kebuli Ayam Rice Cooker enak lainnya. Sajian Praktis & Higienis dengan Harga Ekonomis.

Nasi minyak biasanya dikenal sebagai salah satu makanan khas Malaysia. Namun, Indonesia juga memiliki nasi minyak khas Palembang. Sekilas, nasi minyak khas Palembang mirip dengan nasi kebuli.

Lagi mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam versi ekonomis yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam versi ekonomis yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Aha, Alhamdulillah banget saya menemukan bumbu nasi kebuli yang praktis dan ekonomis. Lihat juga resep Nasi Kebuli Ayam Rice Cooker enak lainnya. Sajian Praktis & Higienis dengan Harga Ekonomis.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli ayam versi ekonomis, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan nasi kebuli ayam versi ekonomis enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah nasi kebuli ayam versi ekonomis yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat NASI KEBULI AYAM versi Ekonomis menggunakan 18 bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan NASI KEBULI AYAM versi Ekonomis:

  1. Sediakan 500 gr ayam kampung.
  2. Siapkan 500 gr beras basmati.
  3. Sediakan 2 L kaldu (ambil dari rebusan ayam).
  4. Siapkan 80 ml yogurt plain.
  5. Siapkan 5 sdm minyak wijen (untuk menumis).
  6. Siapkan 3 sdm ghee/minyak samin (untuk campuran akhir).
  7. Ambil bahan bumbu halus.
  8. Gunakan 6 siung bawang merah.
  9. Ambil 5 siung bawang putih.
  10. Sediakan 1 buah bawang bombay ukuran besar.
  11. Ambil 3 buah tomat ukuran sedang.
  12. Ambil bahan bumbu cemplung.
  13. Sediakan 1 sdt Adas Manis.
  14. Siapkan 1 sdt Cengkeh.
  15. Gunakan 1 sdt Kayu manis bubuk.
  16. Ambil 1,5 sdm garam.
  17. Sediakan 1 sdt merica bubuk.
  18. Gunakan 50 gr bumbu kebuli instan.

Olahan nasi ini juga disajikan dengan berbagai lauk pauk. Nasi minyak ini terbuat dari beras yang bentuknya panjang. Nasi kebuli adalah sajian khas Indonesia yang mendapatkan pengaruh budaya dari Arab. Jika versi asli nasi kebuli menggunakan daging domba atau kambing, anda juga bisa menggantinya dengan ayam.

Baca juga :  Resep Nasi Kebuli Ayam, Enak Banget

Cara membuat NASI KEBULI AYAM versi Ekonomis:

  1. Pertama cuci beras basmati lalu rendam hingga tenggelam ya, biarkan selama 1 jam..
  2. Sambil nunggu basmati-nya.. kita siapkan bahan lainnya. Potong ayam kecil kecil. Lalu siapkan bahan bumbunya pula..
  3. Rebus ayam hingga setengah matang. Kalau sudah matikan api. Air rebusannya jangan dibuang ya. Cukup disaring, nanti kita pakai untuk kaldu..
  4. Ambil ayam yang udah direbus.. tiriskan.. Haluskan bumbunya, saya pakai blender aja biar cepet..
  5. Panaskan minyak wijen. Saya pakai minyak wijen homemade bikinan sendiri.. resep MINYAK WIJEN HOMEMADE klik sini >> (lihat resep).
  6. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan merica bubuk Adas Manis, Cengkeh, dan Kayu manis bubuk. Aduk rata…
  7. Masukkan bumbu kebuli instan. Tumis lagi hingga bumbu agak kering.
  8. Kalau bumbu tumis sudah mulai mengering, masukkan ayam yang tadi sudah kita rebus. Lanjut masukkan air kaldu bekas rebusan ayam.. bumbui dengan garam. Untuk takaran garamnya jangan pelit ya.. karena ini untuk dimasak ke nasi, gapapa asin diawal.. nanti ketika nasi dikukus rasanya akan tone-down kok. Ga asin tapi pas…
  9. Beri yogurt plain…
  10. Lanjut.. Masukkan beras basmati yang sudah kita rendam tadi ya. Aduk aduk terus…masak hingga air habis. Matikan api..
  11. Siapkan kukusan, panaskan hingga beruap banyak..
  12. Kukus nasi kebuli hingga matang dan beras basmatinya mengembang sempurna.. kalau sudah matang. Matikan api..
  13. Oh iya… sebelum disajikan, campurkan 2-3sdm penuh ghee atau minyak samin ke nasi kebuli dalam keadaan panas. Aduk rata sajikan.

Soal rasa tak kalah nikmat dengan resep praktis berikut. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Kali ini Kuliner Kota akan membagikan resep Nasi Kebuli dari daging ayam yang pastinya lebih ekonomis. Untuk itu siapkan bahan-bahan dan baca lengkap cara membuat Nasi Kebuli Ayam di bawah ini. Saya juga tidak pakai pelengkap kismis dan almond seperti nasi arab original. Proteinnya pun hanya ayam dan bukan kambing seperti lazimnya masakan timur tengah.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan NASI KEBULI AYAM versi Ekonomis yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment