Resep Coto ayam khas makassar, Sempurna

Coto ayam khas makassar. Mie titi adalah makanan khas Makassar yang tak kalah populer dari coto makassar maupun sop konro. Mie titi berupa mie kering yang disiram dengan kuah kental dari telur, air dan tepung maizena. Coto Makassar autentik siap dihidangkan dengan bahan pelengkap.

Seperti, resep ayam masak nasu likku khas Makassar serta resep ikan bandeng bakar bumbu Makassar spesial. Resep Coto Makassar – Berbicara kuliner Nusantara, seakan tidak pernah ada habisnya ya bun. Mengingat Indonesia sendiri memiliki ribuan bahkan jutaan kuliner yang tersebar ke seluruh pelosok.

Anda sedang mencari ide resep coto ayam khas makassar yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto ayam khas makassar yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto ayam khas makassar, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan coto ayam khas makassar yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Mie titi adalah makanan khas Makassar yang tak kalah populer dari coto makassar maupun sop konro. Mie titi berupa mie kering yang disiram dengan kuah kental dari telur, air dan tepung maizena. Coto Makassar autentik siap dihidangkan dengan bahan pelengkap.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan coto ayam khas makassar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Coto ayam khas makassar memakai 8 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Coto ayam khas makassar:

  1. Ambil 1 ekor ayam.
  2. Siapkan mangkok sereh yg sudah diiris.
  3. Ambil 1 mangkok lengkuas yg sdh diiris kurangi sedikit dr porsi sereh.
  4. Siapkan 3 bawang putih.
  5. Siapkan 1 sendok merica bubuk, kurangi bila tdk suka pedasnya.
  6. Gunakan 1/2 kg kacang sangrai yg sudah di haluskan.
  7. Siapkan Santan kelapa dr 1 butir kelapa.
  8. Gunakan Bumbu penyedap.
Baca juga :  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Coto Makassar, Enak Banget

Menariknya, kuliner-kuliner tersebut mampu menyajikan rasa yang khas dan berbeda dari setiap daerah. Salah satu kuliner tanah Mungkin yang langsung terpikirkan adalah coto dan jalangkote. Sebenarnya, Makassar punya lebih banyak makanan khas yang sama enaknya dengan dua makanan tersebut. Makanan-makanan yang ada di bawah ini menjadi ikon kuliner Makassar yang patut untuk dicoba.

Langkah-langkah menyiapkan Coto ayam khas makassar:

  1. Haluskan bumbu lalu tumis 2.Potong potong kecil ayam bersama dgn tulang tulangnya sebesar 1 ruas jari 3.Masak daging ayam yg sudah di potong potong dalam bumbu Coto 4.jika sudah empuk masukkan santan dan kacang sangrai yg sudah dihaluskan 5. Masukkan bumbu penyedap dan bila sudah mendidih Coto siap disajikan bersama dgn ketupat.
  2. Potong potong kecil ayam bersama dgn tulang tulangnya sebesar 1 ruas jari.
  3. Masak daging ayam yg sudah di potong potong dalam bumbu Coto.
  4. Jika sudah empuk masukkan santan dan kacang sangrai yg sudah dihaluskan.
  5. Masukkan bumbu penyedap dan bila sudah mendidih Coto siap disajikan bersama dgn ketupat.
  6. Jangan lupa taburkan bawang goreng dan daun seledri sebelum di sajikan.selamat mencoba.

Coto makassar termasuk salah satu kuliner legendaris khas Indonesia yang tetap eksis hingga saat ini. Beberapa di antaranya lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, daun serai, daun seledri, dan sebagainya. Salah satu kuliner khas yang menjadi ikon di Kota Makassar ini yakni Coto Makassar atau dalam Bahasa setempat disebut CotoMangkasara'. Kuliner tradisional ini merupakan kuliner khas dari Kota Makassar, selain rasanya yang enak dan lezat, kuliner ini juga kaya akan kandungan gizi karena di ramu dari campuran daging sapi atau kerbau lokal. Makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan ini memang menjadi salah satu soto nusantara yang enak untuk dinikmati.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat coto ayam khas makassar yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Comment