Resep Coto Makassar Anti Gagal

Coto Makassar. Coto makassar termasuk salah satu kuliner legendaris khas Indonesia yang tetap eksis hingga saat ini. Beberapa di antaranya lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, daun serai, daun seledri, dan sebagainya. Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan.

Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, yang ditambah dengan beberapa bagian dalam dari sapi. Bagian – bagian tersebut seperti jeroan, paru, hati, usus, jantung, hingga babat. Makassar is the provincial capital of South Sulawesi and is famous for its coto (beef soup) and konro (ribs soup).

Lagi mencari inspirasi resep coto makassar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto makassar yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Coto makassar termasuk salah satu kuliner legendaris khas Indonesia yang tetap eksis hingga saat ini. Beberapa di antaranya lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, daun serai, daun seledri, dan sebagainya. Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari coto makassar, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan coto makassar yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan coto makassar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Coto Makassar memakai 23 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Coto Makassar:

  1. Ambil Bahan Utama.
  2. Gunakan 1/2 kg daging sapi.
  3. Sediakan 100 gr kacang tanah sangrai.
  4. Ambil 600 ml air cucian beras yang ke 2&3.
  5. Gunakan secukupnya Garam, gula, dan kaldu bubuk.
  6. Gunakan Air untuk merebus daging.
  7. Gunakan Bumbu Halus.
  8. Siapkan 10 siung bawang merah.
  9. Ambil 5 siung bawang putih.
  10. Sediakan 1/2 sdt jintan.
  11. Ambil 3 butir kemiri.
  12. Gunakan 1 sdt ketumbar.
  13. Gunakan 1 ruas jahe.
  14. Sediakan Bumbu cemplung.
  15. Ambil 2 batang serai, memarkan.
  16. Sediakan 3 lembar daun salam.
  17. Sediakan 1 ruas lengkuas, memarkan.
  18. Siapkan Pelengkap.
  19. Sediakan Ketupat.
  20. Ambil Jeruk nipis.
  21. Siapkan Seledri.
  22. Siapkan Daun bawang.
  23. Siapkan Bawang goreng.
Baca juga :  Resep Warung Sulawesi : Coto Makassar, Buras, Konro Bakar yang Lezat

Coto is traditionally made from beef and beef entrails such as tripes, liver, lungs, etc, and most often in combination of several types of entrails. Resep Coto Makassar – Berbicara kuliner Nusantara, seakan tidak pernah ada habisnya ya bun. Mengingat Indonesia sendiri memiliki ribuan bahkan jutaan kuliner yang tersebar ke seluruh pelosok. Menariknya, kuliner-kuliner tersebut mampu menyajikan rasa yang khas dan berbeda dari setiap daerah.

Cara menyiapkan Coto Makassar:

  1. Siapkan semua bahan-bahannya.
  2. Rebus daging hingga setengah empuk.
  3. Sangrai kemiri, ketumbar, dan jintan. Lalu haluskan bersama bumbu lainnya dengan blendee.
  4. Haluskan juga kacang yang sudah disangrai.
  5. Tumis bumbu halus hingga matang, tambahkan kacang sangrai. Aduk hingga tercampur rata, lalu masukkan ke dalam panci kaldu daging rebus, tambahkan air cucian beras, aduk rata, tambahkan garam, gula, merica bubuk, dan penyedap. Rebus hingga empuk, koreksi rasa, matikan api. Sajikan coto makassar bersama pelengkapnya..

Salah satu kuliner tanah Coto Nusantara merupakan salah satu kedai terfavorit di Makassar bahkan kalangan artis pun sering ke sini untuk menikmati kelezatan coto ini. Yang menjadi poin plus di sini adalah pengunjung dapat menikmati coto dengan ekstra daun bawang dan bawang goreng yang disiapkan di piring terpisah. HOW TO MAKE Coto Makassar: Boiled beef, tripe, liver and heart, give lemongrass, galangal, ginger. Once cooked remove and drain, cut into cubes. Heat oil, sauté the crushed spices until fragrant, put into the broth, add fried peanuts, bring to a boil.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat coto makassar yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Comment