Resep Coto Makassar yang Enak Banget

Coto Makassar. Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar. This thick and tasty soup is usually made with beef and a variety of innards, such as tripe, brain, lungs, or intestines.

HOW TO MAKE Coto Makassar: Boiled beef, tripe, liver and heart, give lemongrass, galangal, ginger. Once cooked remove and drain, cut into cubes. Heat oil, sauté the crushed spices until fragrant, put into the broth, add fried peanuts, bring to a boil.

Anda sedang mencari inspirasi resep coto makassar yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto makassar yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari coto makassar, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan coto makassar yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar. This thick and tasty soup is usually made with beef and a variety of innards, such as tripe, brain, lungs, or intestines.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat coto makassar sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Coto Makassar memakai 19 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Coto Makassar:

  1. Sediakan 1 kg babat sapi.
  2. Siapkan 1/2 kg daging.
  3. Sediakan 1/2 kg ampelo sapi.
  4. Sediakan 20 siung bawang merah.
  5. Ambil 15 siung bawang putih.
  6. Ambil 5 batang serai.
  7. Ambil 2 ruas jari jahe.
  8. Siapkan 2 ruah lengkuas muda.
  9. Gunakan 1 sdm adas bubuk (sangrai).
  10. Sediakan 1 sdm jinteng bubuk (sangrai).
  11. Siapkan 1 sdm ketumbar bubuk (sangrai).
  12. Gunakan 1 sdm merica bubuk (sangrai).
  13. Siapkan 5 sachet royco sapi.
  14. Sediakan 1/2 kg kacang tanah.
  15. Ambil 1/4 kg kemiri.
  16. Sediakan 1/4 biji kelapa parut.
  17. Gunakan 6 liter air bersih (kurang lebih).
  18. Ambil Daun bawang.
  19. Ambil Bawang goreng.
Baca juga :  Resep Coto Makasar / Coto Daging Khas Makasar yang Bikin Ngiler

The presentation, prepare a bowl, fill with meat and. Coto Makassar or Coto Mangkasara (Makassarese), is an Indonesian traditional soup originating from Makassar, South Sulawesi. It is a variant of soto traditional beef and offal stew with seasoned broth made from ground peanuts and spices. The main ingredient of this soup is beef and it can be mixed with innards such as intestine, liver, lungs, heart, tripe, or cow brain.

Langkah-langkah membuat Coto Makassar:

  1. Bersihkan babat, dan daging.
  2. Panaskan air hingga mendidih lalu masukan daging dan jeroaan masak hingga lembut kurang lebih 2 jam (pake api sedang).
  3. Buat bumbunya : bawang, lengkuas, jahe, serai dihaluskan lalu ditumis hingga wangi dan mateng.
  4. Kacang tanah, kemiri, dan kelapa di sangatai hingga mateng, khusus kelapa pastikan sudah kering banget yah jangan sampai ada airnya ini disangrai pake api kecil.
  5. Lalu kacang, kemiri, dan kelapa di haluskan hingga minyaknya keluar (hahha sabar yah ini agak melelahkan).
  6. Buat daun bawnag diiris tipis yah.
  7. Kalau daging dan jeroan udah siap, tinggal diangkat terus ntr dipotong potong.
  8. Kalau udah diangkat dagingnya, ceplukan bumbunya, buat kacang, kemiri, sama kelapa dilarutkan dulu yah di air (pake air rebusan daging tadi) biar gak mengumpal pas dikuahnya.
  9. Masukan, royco (penyedap), merica, adas, ketumbar dan jintan, koreksi rasa yah. Kalau kalian mau kental lagi tambahin aja kacangnya.

Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, yang ditambah dengan beberapa bagian dalam dari sapi. Bagian – bagian tersebut seperti jeroan, paru, hati, usus, jantung, hingga babat.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan coto makassar yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment