Cara Gampang Menyiapkan Coto Makasar, Enak Banget

Coto Makasar. Berikut resep bikin Coto Makassar beserta cara memasaknya. Coto makassar termasuk salah satu kuliner legendaris khas Indonesia yang tetap eksis hingga saat ini. Beberapa di antaranya lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, daun serai, daun seledri, dan sebagainya.

This dish is tasty or not depends on the seasoning sauce. Resep Coto Makassar – Berbicara kuliner Nusantara, seakan tidak pernah ada habisnya ya bun. Mengingat Indonesia sendiri memiliki ribuan bahkan jutaan kuliner yang tersebar ke seluruh pelosok.

Sedang mencari inspirasi resep coto makasar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto makasar yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto makasar, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan coto makasar yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut resep bikin Coto Makassar beserta cara memasaknya. Coto makassar termasuk salah satu kuliner legendaris khas Indonesia yang tetap eksis hingga saat ini. Beberapa di antaranya lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, daun serai, daun seledri, dan sebagainya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan coto makasar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Coto Makasar menggunakan 27 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Coto Makasar:

  1. Ambil 500 gr daging sapi (bisa dicampur jeroan sapi), potong-potong.
  2. Gunakan 2 lt air cucian beras yang ke-2 dan ke-3.
  3. Gunakan 100 gr Kacang tanah, sangrai lalu blender.
  4. Sediakan 2 batang Serai, geprek.
  5. Gunakan 2 lembar Daun salam.
  6. Ambil 2 lembar Daun Jeruk purut, buang tulang daunnya.
  7. Sediakan 2 ruas Lengkuas, geprek.
  8. Gunakan 3 cm Kayu manis.
  9. Sediakan Secukupnya Garam.
  10. Siapkan Secukupnya Gula.
  11. Gunakan Secukupnya Lada bubuk.
  12. Siapkan Secukupnya minyak untuk menumis.
  13. Gunakan Bumbu Halus:.
  14. Siapkan 6 siung Bawang merah.
  15. Gunakan 6 siung Bawang putih.
  16. Siapkan 6 butir Kemiri, sangrai.
  17. Siapkan 1 sdm Ketumbar.
  18. Ambil 1/2 sdt Jintan.
  19. Siapkan 1/2 cm Pala.
  20. Siapkan 1 ruas Jahe.
  21. Ambil 3 bh Cabai merah.
  22. Ambil Pelengkap.
  23. Ambil Ketupat/lontong (lihat resep).
  24. Gunakan Daun Bawang dan seledri.
  25. Siapkan Bawang goreng.
  26. Siapkan Jerupk Nipis.
  27. Gunakan Kecap manis.

Menariknya, kuliner-kuliner tersebut mampu menyajikan rasa yang khas dan berbeda dari setiap daerah. Salah satu kuliner tanah Selain konro, Coto Makassar merupakan makanan khas Makassar yang cukup populer di masyarakat. Makanan ini terbuat dari daging sapi bersama jeroannya, yang kemudian dimasak dengan sejumlah bumbu khusus. Bumbu khusus tersebut kelak akan membuat makanan ini memiliki cita rasa yang gurih, serta memiliki kuah kental dan gurih pula.

Cara membuat Coto Makasar:

  1. Sangrai kacang tanah, lalu belender dan sisihkan. Rebus air secukupnya lalu rebus daging sampai berubah warna lalu buang airnya, sisihkan daging. Rebus air cucian beras sampai mendidih lalu masukkan daging, serai, daun jeruk, lengkuas, daun salam dan kayu manis..
  2. Tumis bumbu halus sampai matang lalu masukkan ke rebusan daging. Masukkan kacang tanah, gula, garam dan lada bubuk. Aduk rata. Cicipi dan koreksi rasa. Masak sampai daging empuk..
  3. Hidangkan Soto Makasar dengan pelengkap: lontong, bawang goreng, daun bawang/seledri, kecap manis dan air perasan jeruk nipis..

Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan coto makasar yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment