Resep Ayam Bumbu Bali Asli, Enak Banget

Ayam Bumbu Bali Asli. Ayam Bumbu Bali Asli by Ibu Dewa. Resep ibu yang paling ngangenin dan sehat tentunya. Kalau ala Aji (bapak) memasak ayam ditambah lagi ekstra coconut oil (bukan minyak goreng ya) yang lebih banyak, jadi gurih banget😍.

Indonesia sangat kaya dengan ragam masakan daerahnya. Jadi kita bisa bebas mencari berbagai resep dari daerah lain. Apalagi di cookpad ini yang pesertanya dari Sabang sampai Merauke.

Anda sedang mencari ide resep ayam bumbu bali asli yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bumbu bali asli yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bumbu bali asli, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam bumbu bali asli enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Ayam Bumbu Bali Asli by Ibu Dewa. Resep ibu yang paling ngangenin dan sehat tentunya. Kalau ala Aji (bapak) memasak ayam ditambah lagi ekstra coconut oil (bukan minyak goreng ya) yang lebih banyak, jadi gurih banget😍.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam bumbu bali asli yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam Bumbu Bali Asli menggunakan 19 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Bumbu Bali Asli:

  1. Gunakan 1 ekor Ayam, potong-potong.
  2. Ambil 2 lembar Daun salam.
  3. Sediakan 4 lembar Daun jeruk.
  4. Ambil 500 ml Air.
  5. Gunakan Garam dan gula secukup rasa.
  6. Gunakan Sedikit Air jeruk nipis.
  7. Sediakan Sedikit Kecap manis (optional, saya tidak pakai).
  8. Sediakan Bumbu halus :.
  9. Gunakan 1 buah Bawang merah besar.
  10. Ambil 5 siung Bawang putih.
  11. Ambil 15 buah Cabe merah besar.
  12. Gunakan 2 cm Jahe.
  13. Ambil 2 cm Lengkuas.
  14. Sediakan 2 cm Kunyit.
  15. Gunakan 5 biji Kemiri.
  16. Ambil 1 sdt Ketumbar bubuk.
  17. Siapkan 1/2 sdt Cabe bubuk.
  18. Ambil 1/2 sdt Lada bubuk.
  19. Gunakan 2 cm Terasi (lebih kurang).
Baca juga :  Resep Ati Ampela Bumbu Bali 🤤 Anti Gagal

Untuk Anda yang sudah pernah makan ayam bumbu bali, mungkin hari ini Anda ingin memakannya dan mencoba membuatnya sendiri di rumah. Tapi sayangnya Anda belum tahu cara pembuatannya. Jika Anda belum tahu bagaimana langkah membuat dan bahan, serta bumbunya, silahkan simak Resep ayam bumbu bali asli berikut ini. Masakan khas Indonesia yang satu ini memakai rempah yang cukup komplit sebagai bumbunya.

Cara membuat Ayam Bumbu Bali Asli:

  1. Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis. Aduk rata..
  2. Didihkan air dan garam, rebus ayam sampai matang. Proses ini akan mengurangi kandungan minyak dalam ayam sehingga lebih sehat. Bisa juga digoreng dulu biar lebih gurih. Saya memilih untuk direbus..
  3. Untuk bumbu halus, sebaiknya untuk bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, kemiri dan terasi digongseng dulu sebentar agar bumbu lebih beraroma. Baru kemudian semua bahan dihaluskan..
  4. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan daun salam, daun jeruk, serai dan air perasan jeruk nipis..
  5. Tambahkan air, masak hingga mendidih. Masukkan garam dan gula dan juga kecap manis bagi yang suka rasa gurih manis. Saya tidak pakai kecap manis disini..
  6. Masukkan ayam, aduk rata. Masak sampai bumbu meresap dan agak kering. Koreksi rasa dan siap dihidangkan..

Selain itu ayam bumbu bali yang original juga memakai terasi. Jadi, masakan ini dijamin bakal kaya rasa. Ciri khas utamanya adalah warna merah yang diperoleh dari cabe merah yang. Masakan ayam bumbu bali menjadi resep favorit keluarga. Bunda bisa belajar membuat masakan ayam dengan bumbu bali.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam Bumbu Bali Asli yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Leave a Comment