Resep Coto Perut Ikan Anti Gagal

Coto Perut Ikan. Lihat juga resep Perut Ikan bumbu Kering Kayu (Khas Ternate) enak lainnya. Ikan yang sudah dibersihkan dihilangkan sisik,perut dan insangnya (note cara menghilangkan lendirnya : remas dengan jeruk nipis,bilas dengan air,tiriskan/bisa juga dibersihkan dengan air mengalir sampai lendirnya hilang),setelah bersih ikan direbus sampai mendidih(api kecil saja,agar kaldu ikannya keluar,angkat kotoran/buih kaldu) setelah mendidih, sari ikan keluar, ambil daging ikannya. Dulunya, kapurung kerap dijadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi di rumah.

Nah bagi yang penasaran ingin mencicipi kuliner khas Makassar ini, tak perlu jauh-jauh pergi ke Makassar. Masukan daging sapi, jeroan, kayu manis dan garam ke dalam panci yang berisi air cucian beras. Dengan muka pucat dan perut keroncongan sampailah Ayah dan teman-teman menuju tempat makan favorit, Ratu Gurih, tempat makan yang menyediakan Ikan laut dan teman-temannya.

Lagi mencari ide resep coto perut ikan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto perut ikan yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari coto perut ikan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan coto perut ikan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Lihat juga resep Perut Ikan bumbu Kering Kayu (Khas Ternate) enak lainnya. Ikan yang sudah dibersihkan dihilangkan sisik,perut dan insangnya (note cara menghilangkan lendirnya : remas dengan jeruk nipis,bilas dengan air,tiriskan/bisa juga dibersihkan dengan air mengalir sampai lendirnya hilang),setelah bersih ikan direbus sampai mendidih(api kecil saja,agar kaldu ikannya keluar,angkat kotoran/buih kaldu) setelah mendidih, sari ikan keluar, ambil daging ikannya. Dulunya, kapurung kerap dijadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi di rumah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat coto perut ikan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Coto Perut Ikan memakai 23 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Coto Perut Ikan:

  1. Siapkan 500 gr perut ikan, rebus sampai matang.
  2. Gunakan 1 bh jeruk nipis, ambil airnya.
  3. Ambil secukupnya Air.
  4. Gunakan 3 sdm minyak goreng.
  5. Gunakan Bumbu Halus :.
  6. Siapkan 10 sg bawang merah.
  7. Sediakan 5 sg bawang putih.
  8. Ambil 1 cm jahe.
  9. Ambil 2 btr kemiri.
  10. Gunakan 1/4 sdt jintan.
  11. Sediakan 1/2 sdt ketumbar bubuk.
  12. Sediakan 1 sdt merica bubuk.
  13. Ambil 1/2 bh biji pala.
  14. Sediakan secukupnya Garam, gula pasir, kaldu bubuk.
  15. Sediakan Bumbu Lain :.
  16. Sediakan 50 gr kacang tanah, goreng, haluskan.
  17. Siapkan 2 sdm bawang merah goreng.
  18. Ambil 3 lbr daun salam.
  19. Siapkan 3 lbr daun jeruk.
  20. Ambil 2 cm lengkuas, memarkan.
  21. Siapkan 2 btg sereh, memarkan.
  22. Ambil 2 btg daun bawang, iris2.
  23. Sediakan 4 btg daun seledri, iris2.
Baca juga :  Resep Coto Makasar, Lezat Sekali

Untungnya masih banyak ikan yang available, goreng, bakar, bumbu rica segera dipesan. Dengan menu pembuka otak-otak ikan tenggiri, akhirnya perut kembali tersenyum. Ikan bakar Makassar terkenal akan kelezatannya yang bisa menggoyang lidah, membuat perut kenyang, dan menjadikan tubuh lebih sehat. Makanan khas Makassar satu ini menggunakan ikan laut yang segar.

Langkah-langkah membuat Coto Perut Ikan:

  1. Lumuri perut ikan yang sudah direbus dengan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Cuci kembali. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng. Masukkan bumbu halus, lengkuas, sereh, daun jeruk, daun salam. Tumis dengan api sedang sampai matang dan harum..
  3. Tuang air. Masak hingga mendidih. Masukkan perut ikan rebus. Beri garam, gula pasir, kaldu bubuk. Masak sampai mendidih dan matang.
  4. Masukkan kacang tanah giling. Aduk sebentar. Lalu masukkan daun bawang dan daun seledri. Aduk sebentar. Angkat.
  5. Taburi dengan bawang merah goreng..

Adapun jenis ikan yang digunakan antara lain ikan papakulu, ikan bawal, ikan baronang, ikan bandeng, ikan sukang, dan ikan kaci-kaci. Coto Makassar adalah kudapan tradisional khas Makassar, Sulawesi Selatan. Coto Makassar dibuat dari isi perut (jeroan) sapi yang direbus lama sehingga sangat empuk dan tidak berbau. Nantinya, semangkuk Coto Makassar akan dicampur dengan daging sapi, semuanya diiris-iris lalu diberi kuah santan yang gurih. Coto Hb'Eng terletak di Kelurahan Remu Utara, Distrik Sorong.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Coto Perut Ikan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment