Resep Nasi Kebuli Ayam Praktis yang Sempurna

Nasi Kebuli Ayam Praktis. Nasi kebuli adalah sajian khas Indonesia yang mendapatkan pengaruh budaya dari Arab. Jika versi asli nasi kebuli menggunakan daging domba atau kambing, anda juga bisa menggantinya dengan ayam. Soal rasa tak kalah nikmat dengan resep praktis berikut.

Haluskan bawang merah, bawang putih dan jahe. Panaskan minyak, tumis bumbu halus tadi hingga harum. Masukkan kayu manis, jintan, ketumbar, pala, kapulaga dan cengkih.

Sedang mencari ide resep nasi kebuli ayam praktis yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli ayam praktis yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli ayam praktis, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi kebuli ayam praktis enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nasi kebuli adalah sajian khas Indonesia yang mendapatkan pengaruh budaya dari Arab. Jika versi asli nasi kebuli menggunakan daging domba atau kambing, anda juga bisa menggantinya dengan ayam. Soal rasa tak kalah nikmat dengan resep praktis berikut.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi kebuli ayam praktis sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi Kebuli Ayam Praktis menggunakan 26 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Nasi Kebuli Ayam Praktis:

  1. Sediakan 1/2 ekor Ayam, potong 8.
  2. Siapkan 1 liter Beras pulen.
  3. Siapkan 2 sdm fiber creme.
  4. Ambil 3 sdm minyak samin.
  5. Gunakan 2 sdm margarine.
  6. Gunakan 2 sdm minyak goreng.
  7. Sediakan 3 cm kayu manis.
  8. Ambil 2 sdm kismis.
  9. Ambil 2 lembar daun salam.
  10. Siapkan 1 batang sereh, simpulkan, geprek.
  11. Sediakan 500 ml air.
  12. Ambil 1 sdm garam.
  13. Siapkan 1 sdt kaldu bubuk.
  14. Siapkan 2 sdt gula pasir.
  15. Siapkan Bumbu Iris :.
  16. Siapkan 6 siung bawang putih.
  17. Siapkan 4 siung bawang merah.
  18. Sediakan 1 buah bawang bombay.
  19. Ambil Bumbu Kering :.
  20. Sediakan 2 sdm ketumbar.
  21. Gunakan 1 sdt jinten.
  22. Siapkan 2 buah biji kapulaga.
  23. Gunakan 10 buah cengkeh.
  24. Gunakan 1 sdt lada halus.
  25. Siapkan 1 sdt pala bubuk.
  26. Siapkan 1 sdm kunyit bubuk.
Baca juga :  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi kebuli ayam homemade Anti Gagal

Masukkan daging ayam dan aduk perlahan. Rasa nasi kebuli ayam memang sangat khas dan lezat. Menu yang satu ini juga bisa bunda buat sendiri dirumah dengan resep dan cara yang mudah. Lihat juga resep Nasi Kebuli Ayam Rice Cooker enak lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Kebuli Ayam Praktis:

  1. Cuci bersih beras, lalu rendam dengan cengkeh dan bunga lawang minimal 1 jam. Sangrai bahan bumbu kering sampai harum, lalu haluskan. Iris bawang merah, cincang kasar bawang putih dan bawang bombay..
  2. Panaskan minyak goreng, minyak samin dan margarin. Lalu tumis bawang sampai harum, lalu masukkan bumbu kering, daun salam dan sereh, aduk rata. Tumis sampai harum..
  3. Tambahkan air, garam, gula, kaldu bubuk dan tunggu sampai air mendidih, lalu masukkan ayam, tambahkan fiber creme dan masak sampai ayam matang..
  4. Angkat ayam, taruh dalam wadah. Lalu goreng sampai matang..
  5. Tiriskan beras yg td direndam. Masukkan dalam panci magiccom, tambahkan kuah ayam tadi, dan juga masukkan kismis. aduk sampai rata. Sesuaikan dengan takaran memasak nasi biasa, bila kurang bisa ditambahkan air lagi. Bila sudah setengah jalan, bisa buka magiccom dan adukĀ² agar matangnya merata..
  6. Setelah matang bisa disajikan bersama emping, bawang goreng dan ayam goreng..

Resep Nasi kebuli ayam ini adalah resep dari keluarga,yang sangat mudah dengan bahan yang ada di rumah,penyajian cepat dan rasanya mantap,selamat mencoba#na. Bumbu dihaluskan: Nasi kebuli kerap dimasak dengan daging kambing, namun bisa dikreasikan dengan mengganti daging ayam atau sapi. Cara membuat nasi kebuli termasuk praktis dengan bahan dasar yang mudah dijumpai. Sehingga tak perlu repot mengeluarkan kocek mahal untuk menikmati di restoran. Berikut resep dan cara membuat nasi kebuli yang praktis dan menggiurkan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi kebuli ayam praktis yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment