7 Tips Belanja Online Agar Mendapat Harga Termurah & Berkualitas

Tidak dipungkiri kini belanja online sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat. Bahkan belanja online ini digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua. Asalkan memiliki perangkat seperti smartphone dan juga koneksi internet, semua bisa mengakses platform belanja online ini.

Belanja online juga semakin menarik karena banyaknya promo yang dihadirkan setiap bulannya. Promo yang ditawarkan pun tidak hanya sekedar potongan harga saja, tetapi juga promo lainnya seperti cashback, point reward, hingga gratis ongkos pengiriman.

Selain itu, kemudahan dalam mencari berbagai barang juga menjadi alasan mengapa orang kini beralih ke belanja online. Tanpa harus meluangkan waktu mendatangi toko, kamu dapat dengan mudah mencari barang,  seperti mencari smartphone terbaru dengan harga termurah.

Akan tetapi, belanja online bukan berarti tidak akan memunculkan kekhawatiran. Hal yang tidak diinginkan seperti barang yang tidak sama seperti gambar atau deskripsi, hingga sulitnya membandingkan harga.

Kamu tidak perlu khawatir, berikut kami hadirkan tips belanja online agar mendapat harga termurah dan juga aman.

Cek Penjual/Toko

Untuk menghindari penipuan ada baiknya kamu melakukan riset penjual terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan setelah memutuskan untuk mencari suatu barang, penting bagi calon pembeli untuk melakukan pengecekan dan membandingkan antara satu toko dengan yang lainnya. Dalam melakukan riset ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Di antaranya adalah memeriksa berapa lama toko sudah beroperasi, status toko yang aktif, hingga testimoni toko tersebut.

Pahami Deskripsi Produk

Memahami deskripsi produk adalah hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya agar terhindar dari kekecewaan pasca membeli barang. Banyaknya barang yang beredar bisa saja tidak semuanya asli, meskipun beberapa terlihat seperti asli. Penting juga bagi kamu untuk mempelajari sebuah barang sebelum membeli.

Agar lebih yakin, calon pembeli bisa memperhatikan hal-hal yang sederhana. Misalnya saja, kamu dapat menyesuaikan judul dan deskripsi, periksa spesifikasi, hingga foto produk satu per satu yang ditampilkan pada halaman tersebut. Jika dirasa kurang lengkap, silakan menghubungi si penjualnya.

Bandingkan Harga

Saat sedang membuka platform belanja online tak jarang kita melihat perbedaan harga untuk barang yang sama. Hal ini terjadi biasanya karena beberapa hal, di antaranya adalah promosi yang sedang berlangsung. Tidak hanya di platform yang sama, bahkan perbedaan harga yang signifikan pun bisa terlihat di platform lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan situs belanja iPrice untuk membandingkan harga suatu barang dari platform yang berbeda pada waktu yang sama. Misalnya, ketik “iPhone 13 Pro Max” pada kolom pencarian, kemudian kamu dapat melihat daftar harga yang berbeda-beda pada halaman yang sama.

Sebagai contoh perbandingan, produk iPhone 13 Pro Max dengan kapasitas memori 128GB dan berwarna Biru Sierra dihargai Rp17,550,000 di platform A. Sementara, pada platform B kamu akan menemukan iPhone yang sama dengan harga yang sedikit lebih tinggi, yaitu Rp17,800,000.

Dengan cara mudah untuk membandingkan harga ini, tentu sangat cocok bagi kamu yang mengincar suatu barang dengan harga yang paling bersahabat. Akan tetapi, sebagai calon pembeli yang bijak kamu tetap harus waspada apabila harga yang dipasang dirasa tidak masuk akal.

Pilih yang Memberikan Gratis Ongkos Kirim

Untuk memberikan pelayanan yang lebih kepada pengguna, tidak jarang platform belanja online memberikan promosi free shipping atau gratis ongkos kirim.  Hal ini juga sekaligus memberikan solusi atas mahalnya biaya ongkos pengiriman yang dirasakan pembeli.

Pastinya dengan adanya promo gratis ongkos kirim ini akan membuat kamu lebih hemat. Apalagi terkadang biaya pengiriman dirasa mahal, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah dan juga tergantung pada ukuran barang.

Menggunakan Voucer Belanja

Siapa bilang voucer hanya dapat digunakan saat belanja di pusat perbelanjaan saja. Justru, daya tarik berbelanja online selanjutnya adalah banyaknya voucer atau kupon yang bisa kamu gunakan. Untuk menggunakan voucer yang ada, kamu bisa memilihnya sebelum proses pembayaran dilakukan.

Pada umumnya, kamu akan mendapatkan berbagai potongan harga yang berbeda pada setiap minimum transaksi. Misalnya, jika kamu berbelanja minimum Rp100,000 maka si penjual tersebut akan memberikan potongan harga 5%. Berbeda apabila kamu berbelanja minimum Rp150,000 mungkin pembeli akan mendapatkan voucer 10%.

Gunakan Fitur Wishlist

Fitur wishlist ternyata berguna loh untuk membantu kamu mendapatkan harga termurah. Fitur ini bekerja saat kamu menginginkan suatu barang tetapi berencana untuk membelinya di masa yang akan datang.

Dengan memasukkan barang-barang ke daftar ini, maka kamu bisa mendapatkan notifikasi atau penanda bahwa barang yang kamu inginkan sedang diskon. Tentunya fitur ini membutuhkan sedikit kesabaran hingga kamu menerima notifikasi tersebut.

Berlangganan Newsletter

Tips belanja online agar mendapat harga termurah terakhir murah saat kamu berbelanja online adalah berlangganan newsletter. Pada umumnya saat pembeli melakukan registrasi di sebuah platform, kamu akan menyertakan alamat email dan mengizinkan promosi terkini dari platform tersebut.

Salah satu tujuan promosi tersebut adalah newsletter yang dikirimkan secara berkala ke alamat email pembeli. Saat menerima email tersebut kamu tidak akan ketinggalan informasi seputar promosi terbaru yang sedang berlangsung.

Bagaimana? Dengan 7 tips belanja online agar mendapat harga termurah di atas diharapkan kamu dapat membeli barang yang kamu inginkan dengan harga termurah. Selamat berbelanja!

Leave a Comment