Cara Gampang Membuat Nasi Kebuli Ayam yang Menggugah Selera

Nasi Kebuli Ayam. Coba resep nasi kebuli ayam yang bisa kamu masak menggunakan beras biasa. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan beras basmati dan daging kambing. Namun, cara membuat nasi kebuli yang satu ini terbilang sederhana dan simpel dilakukan siapa saja.

Mari kita simak bersama cara membuatnya di sini! Nasi Kebuli Ayam memang tiada bandingannya. Hidangan yang kerap ditemukan di Jakarta dan dijual oleh para keturunan Arab yang bermukim di Indonesia selama banyak.

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nasi kebuli ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Coba resep nasi kebuli ayam yang bisa kamu masak menggunakan beras biasa. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan beras basmati dan daging kambing. Namun, cara membuat nasi kebuli yang satu ini terbilang sederhana dan simpel dilakukan siapa saja.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi kebuli ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Kebuli Ayam menggunakan 25 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:

  1. Ambil 500 gr beras Manti (bs ganti beras biasa).
  2. Ambil 1 ekor ayam potong 8 (atau sesuai selera bisa lebih banyak).
  3. Sediakan 150 gr fillet daging dada ayam (boleh banget dilebihin.
  4. Sediakan 2 batang serai (di geprek).
  5. Gunakan 3 buah cengkeh.
  6. Sediakan 3 batang kayu manis.
  7. Sediakan 3 Butir kapulaga.
  8. Siapkan 2 Buah bunga lawang.
  9. Siapkan 200 Ml susu cair.
  10. Gunakan 200 ml santan Kara (boleh pakai santan asli tapi tetep 200 ml).
  11. Sediakan 250 ml Air.
  12. Siapkan 1 buah bawang Bombay.
  13. Siapkan 1,5 sdt Garam.
  14. Gunakan 1/2 sdt Gula.
  15. Ambil Bumbu yang dihaluskan.
  16. Siapkan 2 sdt ketumbar (disangrai).
  17. Ambil 2 sdt Jintan (disangrai).
  18. Ambil 1 sdt Lada butiran (disangrai).
  19. Siapkan 15 siung bawang merah (digoreng).
  20. Siapkan 7 siung bawang putih (digoreng).
  21. Gunakan 1 buah Tomat (dibelah2 Dan digoreng).
  22. Gunakan Bahan pelengkap :.
  23. Sediakan Acar Merah.
  24. Ambil Krupuk.
  25. Sediakan Bawang Goreng.

Siapkan ayam, letakkan ayam di atas wadah datar atau talenan. Gosok permukaan kulit ayam dengan garam hingga licin dan halus, kalau perlu gosokkan juga garam ke dalam rongga ayam. Lakukan ini pada seluruh permukaan ayam, jangan ada bagian yang terlewat. Cara ini membuat ayam menjadi bebas bau.

Baca juga :  Resep NASI KEBULI AYAM versi Ekonomis Anti Gagal

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:

  1. Siapkan ketumbar, Lada dan Jintan yg sdh di sangrai, kemudian ulek halus, siapkan bawang merah, Bawang Putih dan tomat yg sudah digoreng ulek halus diatas Lada, ketumbar dan Jintan yang sudah dihaluskan tadi. Geprek sereh..
  2. Setelah bumbu halus, rajang kasar bawang bombay. Kemudian sisihkan. Cuci bersih kayumanis, cengkeh, kapulaga dan bunga lawang, sisihkan..
  3. Potong2 fillet daging ayamnya ukuran dadu (jangan terlalu kecil) kemudian belah ayam utuh menjadi 8 bagian. Sisihkan. Panaskan wajan / panci yg agak besar Tumis bawang Bombay sampai harum kemudian masukan bumbu halus dan sereh tumis sampai berbau harum..
  4. Kemudian masukkan kayumanis, cengkeh, kapulaga dan bunga lawang aduk rata Setelah itu masukan ayam fillet yg sdh dipotong2 aduk rata setelah itu masukan potongan ayam (dari ayam utuh) aduk rata. Masak dengan api kecil..
  5. Siapkan susu, santan instant (Saya pakai Kara) serta air aduk rata, masukkan Garam Dan gula, kemudian tutup rapat masak selama kurang lebih 30 Menit..
  6. Setelah 30 menit angkat ayam Dan sisihkan. Masukkan beras yang sudah di cuci bersih aduk rata, masak selama kurang lebih 15 menit, setelah 15 menit matikan api (jangan Buka tutup panci) biarkan selama 15 menit lagi. Setelah 15 Menit air akan mengering dan terserap oleh beras, beras Akan membesar. Siapkan dandang untuk mengukus..
  7. Masak Nasi selama 30 Menit, sambil menunggu nasi matang, Kita siapkan penggorengan dan minyak untuk menggoreng ayam. Goreng ayam hingga kecoklatan, setelah matang angkat sisihkan. Setelah 30 menit Nasi kebuli ayam telah matang, siap di sajikan dengan pendamping ayam goreng, acar Merah (resep akan Saya share segera) Serta taburan bawang Goreng. Bisa jg ditambahkan krupuk. Nasi kebuli siap dinikmati. Selamat makan 🤤 (lihat resep).

Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Masukkan ayam, aduk hingga ayam kaku. Tuangi kaldu, masak hingga air habis terhisap oleh beras. To be honest, the dish in this episode was requested by a kind viewer and I am interested to make it.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi Kebuli Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Leave a Comment