Cara Gampang Membuat Ikan Salem Bumbu Bali yang Menggugah Selera

Ikan Salem Bumbu Bali. VIVA Bagi Anda yang gemar kuliner pedas coba deh sesekali memasak makanan dengan bumbu BaliSelain ayam ikan pun bisa Anda masak dengan bumbu Bali yang pedas. Lihat juga resep Ikan Salem bumbu Kuning enak lainnya. This Bumbu Bali recipe goes beyond simple curries though – you can add it to stir fries, soups and pepes (Balinese spiced meat or fish parcels that are grilled in banana leaves) for a nice kick.

Cara Memasak Sarden Kaleng Pindang Salem Bahan-bahan. Susun ikan di atasnya lalu tuang bumbu saus tomat. Pegang ujung fillet yang sudah ditaburi garam ini dan gunakan pisau tajam untuk mengiris antara daging dan kulit perlahan-lahan sampai ikan. – Tambahkan gula garam dan kaldu bubuk.

Anda sedang mencari ide resep ikan salem bumbu bali yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan salem bumbu bali yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan salem bumbu bali, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ikan salem bumbu bali enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

VIVA Bagi Anda yang gemar kuliner pedas coba deh sesekali memasak makanan dengan bumbu BaliSelain ayam ikan pun bisa Anda masak dengan bumbu Bali yang pedas. Lihat juga resep Ikan Salem bumbu Kuning enak lainnya. This Bumbu Bali recipe goes beyond simple curries though – you can add it to stir fries, soups and pepes (Balinese spiced meat or fish parcels that are grilled in banana leaves) for a nice kick.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ikan salem bumbu bali sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Ikan Salem Bumbu Bali memakai 18 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ikan Salem Bumbu Bali:

  1. Ambil Ikan Salem 500 gr / 1/2 kg.
  2. Siapkan 1 sdm Cuka.
  3. Sediakan secukupnya Kunyit Bubuk & Garam.
  4. Siapkan secukupnya Minyak.
  5. Ambil 3 sdm Kecap Manis.
  6. Siapkan 100 ml Air.
  7. Siapkan 1/2 sdt Gula.
  8. Sediakan secukupnya Garam, Kaldu Bubuk & Lada.
  9. Siapkan Bahan Bumbu Halus.
  10. Gunakan 5 siung Bawang Merah.
  11. Gunakan 2 siung Bawang Putih.
  12. Ambil 5 buah Cabe Rawit.
  13. Gunakan 10 buah Cabe Merah Keriting.
  14. Ambil 3 butir Kemiri.
  15. Ambil 1/2 butir Pala.
  16. Sediakan 1 ruas Jahe.
  17. Sediakan 1 ruas Lengkuas.
  18. Ambil sedikit Air.
Baca juga :  Bagaimana Menyiapkan Bumbu Bali 3T+🐔 yang Enak

Rasa gurih yang khas dari masakan Bali sangat ditentukan oleh bumbu (base). Bumbu utama ini dikenal dengan beberapa istilah seperti base Gede (base genep), base Suna Cekuh dan base Selem yang tidak dapat dipisahkan dari masakan Bali. Ketiga base tersebut sebenarnya memiliki bahan yang sama, hanya saja takarannya berbeda. Cara Membuat Ayam Rica Rica Kemangi Pedas Yang Enak.

Langkah-langkah menyiapkan Ikan Salem Bumbu Bali:

  1. Cuci bersih ikan, potong sesuai selera. Marinasi dengan garam, kunyit bubuk & cuka, remas-remas sampai tercampur merata. Diamkan selama 15 menit..
  2. Panaskan minyak. Goreng ikan sampai kecoklatan & matang, angkat & sisihkan..
  3. Siapkan bahan bumbu halus, iris-iris. Masukkan ke dalam blender, parut pala, lalu blender sampai halus..
  4. Panaskan minyak. Masukkan bumbu halus & daun salam, tumis sampai matang..
  5. Masukkan kecap manis, air, gula, lada, garam & kaldu bubuk, aduk merata..
  6. Masukkan ikan goreng, aduk merata, masak dengan api kecil supaya meresap. Angkat & sajikan..
  7. Taraaa… Sudah matang, silahkan mencoba~~~ 😍😍😍.
  8. Nyumss, dimakan pakai nasi hangat endul surendul~.

Cara Membuat Bumbu Bali: Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri sangrai, tomat, cabai rawit, cabai merah besar, dan gula merah dengan cara diuleg atau diblender. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus yang sudah dibuat tadi bersama daun jeruk sampai harum. Ikan salem memiliki tekstur daging yang lebih lembut bila dibandingkan ikan tongkol dan rasanya juga lebih gurih. Ikan salem dalam bentuk olahan biasanya dimasak dengan cara digoreng saja, dibuat menjadi balado, atau diolah menjadi sarden. Nah, buat kamu yang penasaran langsung simak beberapa resep ikan salem di bawah ini.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ikan salem bumbu bali yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment