Cara Gampang Menyiapkan Coto Manggala, Menggugah Selera

Coto Manggala. Coto manggala adalah coto khas Kota Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. coto ini terbuat dari bahan singkong atau ketela. coto ini dinamakan coto manggala karena rakyat Pangkalan Bun menyebut singkong dengan nama manggala. Cara memakan coto ini juga berbeda, coto ini tidak dimakan dengan nasi, melainkan dengan singkong. Dan daging yang digunakan dalam coto ini juga berbeda, mereka menggunakan.

Kemudian dimasak dengan bumbu seperti bawang putih, merica, dan garam. Cukup ikuti bahan dan langkah-langkah yang sudah kami berikan, seluruh resep sudah teruji dengan baik Langkah-langkah Membuat Coto Manggala Nikmat. Central Kalimantan is the largest province in the island of Borneo, where most of the area is forest.

Lagi mencari ide resep coto manggala yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto manggala yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Coto manggala adalah coto khas Kota Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. coto ini terbuat dari bahan singkong atau ketela. coto ini dinamakan coto manggala karena rakyat Pangkalan Bun menyebut singkong dengan nama manggala. Cara memakan coto ini juga berbeda, coto ini tidak dimakan dengan nasi, melainkan dengan singkong. Dan daging yang digunakan dalam coto ini juga berbeda, mereka menggunakan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto manggala, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan coto manggala yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat coto manggala sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Coto Manggala memakai 29 bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Coto Manggala:

  1. Siapkan 1 kg singkong.
  2. Sediakan 2 batang wortel, potong dadu.
  3. Ambil 1 batang daun bawang, potong kasar.
  4. Ambil Kaldu Ikan :.
  5. Sediakan 250 g ikan gabus.
  6. Siapkan 1/2 buah jeruk nipis.
  7. Siapkan 400 ml air.
  8. Ambil Kuah Coto :.
  9. Sediakan 4 pasang ceker ayam kampung.
  10. Siapkan 100 g kulit sapi, rebus dan potong kotak kecil.
  11. Gunakan 400 ml kaldu ikan.
  12. Ambil 2 liter air.
  13. Siapkan Bumbu halus :.
  14. Sediakan 50 g bawang merah.
  15. Sediakan 50 g bawang putih.
  16. Siapkan 1/2 jempol jahe.
  17. Sediakan 1 sdt merica butiran.
  18. Siapkan 1 sdt mujung garam.
  19. Ambil 5 sdm minyak goreng.
  20. Siapkan Bumbu cemplung :.
  21. Siapkan 3 cm kayu manis.
  22. Sediakan 6 buah cengkeh.
  23. Gunakan 1 buah kaldu ayam blok.
  24. Gunakan Pelengkap :.
  25. Sediakan 1 Bungkus soun ukuran kecil.
  26. Siapkan 3 butir telur, dadar tipis.
  27. Gunakan 1 sdm bawang merah goreng.
  28. Gunakan 5 batang seledri.
  29. Siapkan sesuai selera Kerupuk ikan,.

Some descendants of the Dayaks still live isolated in the wilderness and forests. The common denominator in Dayak tribe in Central Kalimantan Dayak Ngaju tribe. In the Dayak tribe known as the " Rumah Betang " occupied a large. coto menggala adalah coto yang sangat unik dan sangat berbeda dengan jenis coto yang lain, bukan hanya dari bahan yang di gunakan tetapi juga dari cara membuatnya. Lihat juga resep COTO MANGGALA (sop khas Kobar) enak lainnya.

Baca juga :  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Coto Makassar, Sempurna

Cara membuat Coto Manggala:

  1. Bersihkan ikan gabus, kemudian kucuri perasan air jeruk nipis untuk membuang lendirnya, biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air. Sisihkan..
  2. Didihkan air, kemudian masukkan potongan ikan gabus. Masak dengan api kecil hingga ikan matang. Selama merebus ikan, angkat buih yang muncul di permukaan dengan sendok, buang..
  3. Setelah ikan matang, angkat ikan. Sisihkan air kadunya. Untuk daging ikan lepaskan dari tulangnya. Sisihkan..
  4. Selanjutnya dalam panci berisi air kaldu tambahakan 2 liter air, masak hingga mendidih. Masukkan ceker ayam yang sudah dibersihkan, potongan kulit sapi yang sudah direbus terlebih dahulu, kaldu blok, kayu manis, dan cengkeh. Masak hingga ceker empuk..
  5. Sambil menunggu ceker empuk, siapkan singkong. Kupas singkong, cuci bersih, buang sumbunya dan potong kotak-kotak. Kukus selama 15 menit..
  6. Selanjutnya buat bumbu halus. Untuk bawang merah dan bawang putih saya blender dengan sedikit air. Untuk jahe, garam dan merica saya uleg hingga halus..
  7. Haluskan daging ikan yang sudah dipisahkan dari tulangnya, kemudian uleg halus bersama bumbu yang diuleg..
  8. Panaskan minyak goreng, kemudian masukkan semua bumbu halus, tumis hingga harum dan tanak..
  9. Saat ceker sudah empuk, masukkan potongan wortel, potongan daun bawang, singkong kukus, dan tumisan bumbu halus. Masak hingga wortel matang dam bumbu meresap.
  10. Pindahkan Coto Manggala ke dalam piring, beri soun, irisan telur dadar, kerupuk yang diremukkan, potongan daun seledri dan bawang goreng. Sajikan..

Nikmatnya Coto Manggala khas Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Jangan ngaku pecinta kuliner Tanah Air kalau belum pernah coba makanan lezat ini. Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. About Press Copyright Contact us Creators Advertise Developers Terms Privacy Policy & Safety How YouTube works Test new features Press Copyright Contact us Creators.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Coto Manggala yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Leave a Comment