Cara Gampang Membuat Coto Manggala Khas KoBar yang Enak Banget

Coto Manggala Khas KoBar. Resep Membuat Coto Manggala Khas Kobar. Berikut ini adalah cara membuat dengan praktis. Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Coto Manggala Khas Kobar.

Waktu demi waktu telah kurasakan kerasnya hidup diperantauan menjadi mahasiswa, akan tetapi akhirnya ketakutan tersebut bisa aku kalahkan bersama-sama kawan-kawan dengan semangat kami. Adanya jiwa kekeluargaan yang terasa di kami sebagai mahasiswa perantauan. Resep Membuat Coto Manggala Khas KoBar.

Anda sedang mencari inspirasi resep coto manggala khas kobar yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto manggala khas kobar yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto manggala khas kobar, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan coto manggala khas kobar yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Resep Membuat Coto Manggala Khas Kobar. Berikut ini adalah cara membuat dengan praktis. Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Coto Manggala Khas Kobar.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah coto manggala khas kobar yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Coto Manggala Khas KoBar memakai 22 bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Coto Manggala Khas KoBar:

  1. Ambil 3 kg Singkong, potong dadu (saya 1500 gr).
  2. Sediakan 1/2 kg Sayap dan / ceker ayam (saya pake sayap).
  3. Ambil 350 gr / 1 ekor Ikan haruan (saya 200 gr udang kupas).
  4. Siapkan 200 gr Kulit sapi yg sdh direbus&bersih, potong dadu (sy 250 gr).
  5. Ambil 5 buah Wortel, potong dadu.
  6. Siapkan 2 batang Daun bawang.
  7. Siapkan 4 liter Air (saya 2 liter).
  8. Ambil Bumbu halus :.
  9. Gunakan 150 gr Bawang merah.
  10. Sediakan 150 gr Bawang putih.
  11. Gunakan Merica (saya 1/4 sdt merica bubuk).
  12. Siapkan Sejempol jahe.
  13. Siapkan Garam (saya 1 sdt).
  14. Gunakan 3 bungkus Kaldu instan (saya Royco ayam).
  15. Gunakan Kayu manis (saya 5 cm).
  16. Siapkan Cengkeh (saya 7 buah).
  17. Siapkan Pelengkap :.
  18. Sediakan 1 bungkus Soun (saya 88 gr bihun jagung).
  19. Siapkan Telur dadar, iris (saya pake 6 butir telur rebus).
  20. Sediakan 2 ikat Daun seledri.
  21. Sediakan Bawang goreng.
  22. Sediakan Kerupuk (saya pake kerupuk udang).

Berikut ini adalah cara membuat nya. Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Coto Manggala Khas KoBar. Kuliner tradisional khas Kobar ini bisa menjadi pilihan kuliner bagi para tamu dari luar Kotawaringin Barat. #publisherstory Coto Manggala khas Kobar siap untuk disajikan, selamat mencoba🙏🥰. Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini.

Baca juga :  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Coto Manggala khas Kotawaringin Barat, Lezat Sekali

Cara membuat Coto Manggala Khas KoBar:

  1. Siapkan semua bahan. Kupas singkong, potong2, cuci bersih. Tambahkan jeruk nipis peras pada ayam dan udang. Rebus kulit sapi jika kurang empuk. Kupas wortel, bawang merah dan bawang putih.
  2. Buang sumbu singkong. Potong dadu.
  3. Kukus sampai matang. Bisa juga langsung tanpa dikukus dulu.
  4. Rebus dengan api kecil udang dengan air secukupnya. Buang jika ada buih. Pisahkan udang dengan kuahnya.
  5. Rendam soun sampai mengembang. Potong2. Rebus sampai matang. Potong dadu kulit sapi dan wortel. Potong 1 cm daun bawang dan daun seledri. Potong2 bawang merah, bawang putih dan jahe. Masukkan dalam blender.
  6. Blender sampai halus. Tambahkan udang rebus. Blender sampai halus.
  7. Tumis bumbu sampai matang.
  8. Didihkan air. Masukkan kaldu udang, sayap ayam, kulit sapi, kayu manis dan cengkeh. Rebus sampai ayam setengah matang.
  9. Masukkan tumisan bumbu, singkong kukus dan wortel. Masak sampai wortel setengah matang. Masukkan garam, kaldu instan. Aduk rata. Masak sampai wortel matang.
  10. Masukkan daun bawang. Masak sampai mendidih kembali.
  11. Siapkan pelengkap.
  12. Tata di dalam mangkuk. Soto beserta kuahnya. Tambahkan bihun jagung, telur rebus yang diiris tipis, seledri, bawang goreng dan jangan sampai ketinggalan kerupuk… 😁 Coto Manggala siap untuk disajikan.
  13. Hmmm… enak lo….
  14. Apalagi kalo dimaem hangat2… 🤤.

Lihat juga resep COTO MANGGALA (sop khas Kobar) enak lainnya. Soto Manggala, Makanan Khas Kobar yang Selalu Laris. Kabupaten Kotawaringin Barat memiliki banyak aneka kuliner, salah satunya soto manggala makanan khas Kobar banyak ditemukan di Pasar Ramadhan, Lapangan Tugu Pangkalan Bun. Bagi masyarakat Kobar, tentu sudah familiar dengan soto manggala. Namun bagi para pendatang, banyak yang belum tahu.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Coto Manggala Khas KoBar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Leave a Comment