Cara Gampang Menyiapkan Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat yang Lezat

Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat. About Press Copyright Contact us Creators Advertise Developers Terms Privacy Policy & Safety How YouTube works Test new features Press Copyright Contact us Creators. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial. Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, kita lanjut dengan membuat Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat sesuai langkah-langkah berikut.

Ciri Khas Coto Ini Adalah Berbahan Dasar Singkong Dan Juga Campuran Daging Ikan Sungai Di Bumbunya. Nyesel Udah Bikin Dikit Entar Jika Semua Bahan. Resep Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat.

Sedang mencari inspirasi resep coto manggala khas kotawaringin barat yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto manggala khas kotawaringin barat yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto manggala khas kotawaringin barat, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan coto manggala khas kotawaringin barat enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

About Press Copyright Contact us Creators Advertise Developers Terms Privacy Policy & Safety How YouTube works Test new features Press Copyright Contact us Creators. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial. Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, kita lanjut dengan membuat Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat sesuai langkah-langkah berikut.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah coto manggala khas kotawaringin barat yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat menggunakan 29 bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat:

  1. Gunakan Bahan Kuah Coto Manggala:.
  2. Ambil 350 gr ikan nila.
  3. Ambil 300 gr sayap ayam.
  4. Sediakan 250 gr ceker ayam.
  5. Siapkan 250 gr kulit ayam.
  6. Siapkan 1 kg singkong.
  7. Siapkan 2 buah wortel ukuran sedang.
  8. Sediakan 4 batang daun bawang.
  9. Ambil 2.500 ml air (1000 ml u/ kaldu ikan,1500ml u/ rebusan ayam).
  10. Siapkan 1 sacset Royco Ayam.
  11. Gunakan Secukupnya garam.
  12. Sediakan Secukupnya minyak goreng untuk menumis bumbu halus.
  13. Ambil Bumbu Cemplung:.
  14. Gunakan 5 buah cengkeh.
  15. Siapkan 5 cm kayu manis.
  16. Sediakan Bahan Bumbu Halus:.
  17. Siapkan 100 gr bawang merah.
  18. Ambil 100 gr bawang putih.
  19. Siapkan 1 jempol jahe.
  20. Ambil 2 sdt lada bubuk.
  21. Ambil 1 sdt garam.
  22. Sediakan Pelengkap:.
  23. Sediakan Soun/Bihun.
  24. Ambil Irisan telur dadar/telur rebus (optional).
  25. Siapkan Irisan daun sop.
  26. Ambil Sambal.
  27. Ambil Jeruk nipis.
  28. Gunakan Bawang Goreng.
  29. Sediakan Krupuk ikan (me. Skip).

Posbar minggu ini recook resep narasumber bedah resep khas daerah Kotawaringin Barat yaitu "Coto Manggala" dari Mba Eliza Mahyawi. Terima kasih inspirasi resepnya mba 🤗😘 Arti kata dari Coto Manggala yaitu – Coto = Soto – Manggala = Singkong Pada. DKP Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali mempromosikan Coto Manggala dalam event Pekan Daerah (Peda) XII Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) pingkat provinsi. Jika di lihat dari namanya coto manggala adalah soto singkong atau soto ketela. kenapa demikian, ini karena orang kotawaringin barat menyebut singkong / ketela dengan nama manggala.

Baca juga :  Resep Coto Makassar Iga Sapi Ala Al Khair, Lezat

Cara menyiapkan Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat:

  1. Siapkan bahan yang akan datang.
  2. Siangi bersih ikan, ceker dan ayam, untuk kulit ayam buang lemak tebal yang melekat pada kulitnya, kemudian marinasi ikan nila, sayap ayam, ceker, dan kulit ayam dengan garam dan jeruk nipis, diamkan selama 10 menit, kemudian bilas kembali.
  3. Rebus ikan sampai matang, gunakan api kecil agar kaldu ikan keluar. Kemudian angkat ikan, dinginkan, dan suwir-suwir daging ikan..
  4. Buat kuah coto dengan cara: rebus sayap ayam, kulit ayam dan ceker, masukkan semua kaldu ikan, tambahkan air 1.5 liter air dan bumbu cemplung, rebus dengan api kecil sampai ayam dan cekernya matang.
  5. Sambil menunggu kuah coto, potong-potong wortel dan singkong, untuk singkong buang sumbu tengahnya.
  6. Lanjut lagi kita buat bumbu tumis. Ulek jahe dan merica/lada bubuk sampai halus, kemudian tambahkan daging ikan yang sudah disuwir-suwir, ulek kembali, sebentar saja sampai tercampur rata.
  7. Kemudian ulek bawang merah, bawang putih, dan garam sampai halus, tambahkan campuran ikan, aduk rata.
  8. Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bumbu halus sampai harum.
  9. Kemudian masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan kuah sop, aduk rata. Kemudian tambahkan singkong, garam, dan royco. Koreksi rasa. Jika sudah pas, masak sampai terlihat kuah mendidih. Setelah kuah terlihat mendidih, masukkan potongan wortel, masak kembali sampai singkongnya empuk.
  10. Sebelum matikan kompor, tambahkan irisan daun bawang, masak sebentar saja sampai daun bawang terlihat layu. Matikan kompor.
  11. Penyajian: Siapkan mangkok, masukkan kuah coto berserta singkong, wortel dan ayam secukupnya, tambahkan bihun dan irisan telur dadar secukupnya, kemudian taburi irisan daun sop dan bawang goreng. Sajikan selagi masih hangat, lebih yummii… dengan tambahkan sambal dan perasaan jeruk nipis 😊.

Atas prestasi ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) terus mendorong kuliner berbahan utama menggala (singkong) ini lebih dikenal masyarakat luas. Berkunjung ke Kotawaringin Barat kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi aneka hidangan khas yang kelezatannya mampu menggugah selera dan sulit kamu temukan di daerah lain. Terlebih lagi hanya menggunakan bahan-bahan dan bumbu rempah-rempah yang berkualitas. Berikut resep coto manggala khas Kotawaringin Barat dengan kreasi sajian dari penulis. Kami juga rutin mengadakan pasar malam mangkeme, yang menjual jenis makanan khas Pangkalanbun, di Kampung Sega Kelurahan Mendawai," ujarnya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Leave a Comment