Resep Coto Manggala khas Kobar, Enak

Coto Manggala khas Kobar. Resep Membuat Coto Manggala Khas Kobar. Berikut ini adalah cara membuat dengan praktis. Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Coto Manggala Khas Kobar.

Harapan kami, olahan Coto Manggala Khas Kobar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Resep Membuat Coto Manggala Khas KoBar. Berikut ini adalah cara membuat nya.

Sedang mencari inspirasi resep coto manggala khas kobar yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal coto manggala khas kobar yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto manggala khas kobar, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan coto manggala khas kobar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Resep Membuat Coto Manggala Khas Kobar. Berikut ini adalah cara membuat dengan praktis. Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Coto Manggala Khas Kobar.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat coto manggala khas kobar yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Coto Manggala khas Kobar menggunakan 26 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Coto Manggala khas Kobar:

  1. Sediakan 500 gram singkong.
  2. Gunakan 300 gram sayap ayam.
  3. Gunakan Kulit sapi(skip).
  4. Gunakan 250 gram ikan(salap).
  5. Sediakan 2 Liter air.
  6. Sediakan 1 bks royco ayam.
  7. Siapkan 1/2 sdt garam.
  8. Gunakan 1 buah wortel.
  9. Sediakan 2 batang daun bawang.
  10. Siapkan Bumbu halus:.
  11. Siapkan 50 gram bawang merah.
  12. Gunakan 50 gram bawang putih.
  13. Siapkan Merica.
  14. Sediakan 1/2 jempol Jahe.
  15. Siapkan Rempah:.
  16. Ambil Kayu manis.
  17. Siapkan Cengkeh.
  18. Gunakan Pelengkap:.
  19. Siapkan Kerupuk.
  20. Ambil Irisan telur dadar.
  21. Gunakan 2 keping bihun.
  22. Gunakan 1 ikat daun seledri.
  23. Siapkan Jeruk limau.
  24. Ambil Sambal.
  25. Siapkan Bawang goreng.
  26. Sediakan Minyak untuk menumis bumbu.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Coto Manggala Khas KoBar. Kuliner tradisional khas Kobar ini bisa menjadi pilihan kuliner bagi para tamu dari luar Kotawaringin Barat. #publisherstory Kepala Dinas Pariwisata Wahyudi menambahkan, Coto Manggala tidak hanya memiliki cita rasa yang khas, tapi juga bergizi tinggi dan rendah kalori karena berbahan dasar singkong. "Mari kita jaga dan terus populerkan makan khas Kobar ini. DKP Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali mempromosikan Coto Manggala dalam event Pekan Daerah (Peda) XII Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) pingkat provinsi. Waktu demi waktu telah kurasakan kerasnya hidup diperantauan menjadi mahasiswa, akan tetapi akhirnya ketakutan tersebut bisa aku kalahkan bersama-sama kawan-kawan dengan semangat kami.

Baca juga :  Resep 35. Cotto Makassar, Enak

Langkah-langkah menyiapkan Coto Manggala khas Kobar:

  1. Siapkan bahan: singkong yang sudah dikupas kulitnya cuci bersih buang sumbunya lalu potong dadu,wortel potong dadu,rendam bihun dengan air putih sampai mengembang angkat tiriskan lalu diguntingĀ²,kupas kulit bawang merah dan bawang putihnya juga cuci bersih,iris daun bawang dan seledri..
  2. Ikan yang sudah dibersihkan remas dengan air perasan jeruk agar lendirnya hilang,setelah itu ikan direbus sampai mendidih dengan api kecil agar kaldu ikan keluar,setelah matang angkat ikannya,pisahkan daging ikan dan tulangnya,sisihkan kaldu untuk campuran kuah coto..
  3. Kukus manggala hingga matang.
  4. Rebus air untuk kuah soto masukan sayap ayam,kayu manis dan cengkeh,rebus hingga mendidih,masukan wortel,dan manggala..
  5. Ulek merica dan jahe lalu bawang merah bawang putih,karena aku gak punya tumbukan maka bawangnya aku blender sebentar tidak terlalu halus, masukan daging ikan dan royco ayam aduk rata.
  6. Panaskan minyak,tumis bumbu coto sampai tanak.
  7. Masukan bumbu dan Rempah kedalam rebusan kaldu aduk rata.
  8. Tambahkan irisan daun bawang dan rebus kembali tambahkan garam cek rasa jika kurang boleh ditambah.
  9. Tata didalam mangkok,tambahkan remukan kerupuk,bawang goreng,kucuran jeruk limau dan sambal hemmmm yummy cocok sekališŸ˜‹ pas dengan cuaca yang akhirĀ² ini hujan..

Lihat juga resep COTO MANGGALA (sop khas Kobar) enak lainnya. Soto Manggala, Makanan Khas Kobar yang Selalu Laris. Kabupaten Kotawaringin Barat memiliki banyak aneka kuliner, salah satunya soto manggala makanan khas Kobar banyak ditemukan di Pasar Ramadhan, Lapangan Tugu Pangkalan Bun. Bagi masyarakat Kobar, tentu sudah familiar dengan soto manggala. Namun bagi para pendatang, banyak yang belum tahu.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan coto manggala khas kobar yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment