Resep Coto Manggala Khas Kobar Anti Gagal

Coto Manggala Khas Kobar. Resep Membuat Coto Manggala Khas Kobar. Berikut ini adalah cara membuat dengan praktis. Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Coto Manggala Khas Kobar.

Harapan kami, olahan Coto Manggala Khas Kobar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Resep Membuat Coto Manggala Khas KoBar. Berikut ini adalah cara membuat nya.

Lagi mencari inspirasi resep coto manggala khas kobar yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto manggala khas kobar yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto manggala khas kobar, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan coto manggala khas kobar enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Resep Membuat Coto Manggala Khas Kobar. Berikut ini adalah cara membuat dengan praktis. Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Coto Manggala Khas Kobar.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan coto manggala khas kobar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Coto Manggala Khas Kobar memakai 30 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Coto Manggala Khas Kobar:

  1. Sediakan 1 kg singkong.
  2. Siapkan 2 buah wortel ukuran besar.
  3. Gunakan 2 batang daun bawang.
  4. Gunakan 500 gr sayap/kaki ayam (saya skip Krn suami tdk suka).
  5. Ambil 250 gr kulit sapi (kikil).
  6. Gunakan 4 butir cengkeh.
  7. Gunakan 1-2 buah kayu manis ukuran setengah jari telunjuk.
  8. Gunakan 1/2 ikan gabus (saya pakai 1-2 genggam udang).
  9. Ambil 1 sachet kaldu bubuk.
  10. Sediakan 1500 ml air.
  11. Sediakan Bumbu Halus :.
  12. Sediakan 5 buah bawang merah.
  13. Siapkan 5 siung bawang putih.
  14. Gunakan 1 sendok teh garam halus (bisa kurang/lebih).
  15. Siapkan 1/2 sendok teh merica.
  16. Ambil 1 ruas jahe.
  17. Gunakan 2-3 sendok makan minyak untuk menumis.
  18. Gunakan Bahan Pelengkap.
  19. Sediakan 2 batang daun seledri.
  20. Siapkan 1 buah jeruk nipis.
  21. Siapkan 1-2 lembar telur dadar tipis.
  22. Sediakan 1/2 bungkus kecil mie soun.
  23. Ambil 1-2 sendok makan bawang merah goreng.
  24. Sediakan 1 buah kerupuk udang (kerupuk ikan yang lainnya).
  25. Siapkan Bahan Sambal versi saya.
  26. Ambil 10 biji cabe rawit.
  27. Ambil 2 biji cabe merah besar/keriting.
  28. Gunakan 1/2 siung bawang putih.
  29. Sediakan 1 butir kemiri goreng.
  30. Ambil Sejumput garam.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Coto Manggala Khas KoBar. Kuliner tradisional khas Kobar ini bisa menjadi pilihan kuliner bagi para tamu dari luar Kotawaringin Barat. #publisherstory Kepala Dinas Pariwisata Wahyudi menambahkan, Coto Manggala tidak hanya memiliki cita rasa yang khas, tapi juga bergizi tinggi dan rendah kalori karena berbahan dasar singkong. "Mari kita jaga dan terus populerkan makan khas Kobar ini. DKP Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali mempromosikan Coto Manggala dalam event Pekan Daerah (Peda) XII Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) pingkat provinsi. Waktu demi waktu telah kurasakan kerasnya hidup diperantauan menjadi mahasiswa, akan tetapi akhirnya ketakutan tersebut bisa aku kalahkan bersama-sama kawan-kawan dengan semangat kami.

Langkah-langkah membuat Coto Manggala Khas Kobar:

  1. Bersihkan dan potong kotak2 singkong, wortel dan juga kulit sapi plus daun bawang sesuai selera lalu sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, jahe dan garam..
  2. Didihkan air, lalu masukan udang/ikan gabus yg sudah dibersihkan. Biarkan sampai sari dari udang/ikan gabus keluar (kurang lebih 15 menit) dgn api sedang cenderung kecil. Setelah itu angkat udang/ikan gabus, tiriskan lalu haluskan bersama dgn bumbu halus. Jika memakai ikan gabus, setelah diangkat, ambil dagingnya saja untuk dihaluskan bersama bumbu halus..
  3. Masukkan kedalam kaldu udang/ikan gabus cengkeh dan kayu manis biarkan mendidih, lalu masukan potongan singkong, ayam (jika pakai) dan kulit sapi. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus yg dicampur udang halus sampai matang tua..
  4. Saat singkong setelah matang, kita masukan wortel kedalamnya. Tambahkan bumbu yg sudah matang lalu tambahkan kaldu bubuk aduk2 hingga semua tercampur. Setelah wortel, singkong dan kulit sapi empuk kita masukan daun bawang, jangan lupa untuk koreksi rasa. Jika dirasa pas, kita matikan api dan angkat..
  5. Untuk pelengkapnya kita iris tipis telur dadar dan Daun seledri. Siapkan soun yg sdh direndam air panas, setelah mengembang lalu ditiriskan. Jangan lupa juga irisan jeruk nipis..
  6. Untuk sambal, rebus/ goreng cabe rawit dan bawang putih. Setelah matang angkat lalu tiriskan. Haluskan cabe rawit, bawang putih, kemiri dan garam. Sambal siap untuk disajikan..
  7. Masukan coto dalam piring saji, tambahkan soun dan irisan telur dadar. Taburi rajangan seledri dan bawang goreng. Jangan lupa kucuri dgn jeruk nipis dan kerupuk ikan yang sudah di remukan plus sambal juga cabe rawit mentah jika suka. Coto Manggala khas Kobar siap untuk disajikan, selamat mencoba🙏🥰..

Lihat juga resep COTO MANGGALA (sop khas Kobar) enak lainnya. Soto Manggala, Makanan Khas Kobar yang Selalu Laris. Kabupaten Kotawaringin Barat memiliki banyak aneka kuliner, salah satunya soto manggala makanan khas Kobar banyak ditemukan di Pasar Ramadhan, Lapangan Tugu Pangkalan Bun. Bagi masyarakat Kobar, tentu sudah familiar dengan soto manggala. Namun bagi para pendatang, banyak yang belum tahu.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan coto manggala khas kobar yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment