Langkah Mudah untuk Menyiapkan Coto Manggala khas Kotawaringin Barat, Lezat Sekali

Coto Manggala khas Kotawaringin Barat. About Press Copyright Contact us Creators Advertise Developers Terms Privacy Policy & Safety How YouTube works Test new features Press Copyright Contact us Creators. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial. Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, kita lanjut dengan membuat Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat sesuai langkah-langkah berikut.

Ciri Khas Coto Ini Adalah Berbahan Dasar Singkong Dan Juga Campuran Daging Ikan Sungai Di Bumbunya. Nyesel Udah Bikin Dikit Entar Jika Semua Bahan. Resep Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat.

Lagi mencari inspirasi resep coto manggala khas kotawaringin barat yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto manggala khas kotawaringin barat yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto manggala khas kotawaringin barat, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan coto manggala khas kotawaringin barat enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

About Press Copyright Contact us Creators Advertise Developers Terms Privacy Policy & Safety How YouTube works Test new features Press Copyright Contact us Creators. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial. Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, kita lanjut dengan membuat Coto Manggala Khas Kotawaringin Barat sesuai langkah-langkah berikut.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah coto manggala khas kotawaringin barat yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Coto Manggala khas Kotawaringin Barat memakai 23 bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Coto Manggala khas Kotawaringin Barat:

  1. Ambil 3 kg singkong,potong dadu.
  2. Ambil 1 kg sayap ayam/bisa diganti ceker ayam,atau keduanya dipakai.
  3. Ambil 200 gr kulit sapi,yg sudah direbus dan bersih,potong dadu.
  4. Sediakan 350 gr Ikan haruan/1 ekor.
  5. Ambil 4 liter air.
  6. Sediakan 3 bks Royco rasa ayam.
  7. Siapkan 5 buah wortel,potong dadu.
  8. Gunakan 2 batang Daun bawang.
  9. Gunakan Bumbu halus :.
  10. Sediakan 150 gr bawang merah.
  11. Ambil 150 gr Bawang putih.
  12. Siapkan Merica.
  13. Gunakan Sejempol Jahe.
  14. Sediakan Garam.
  15. Gunakan Rempah :.
  16. Sediakan Kayu manis.
  17. Siapkan Cengkeh.
  18. Gunakan Pelengkap :.
  19. Siapkan Kerupuk.
  20. Siapkan Irisan telur dadar.
  21. Gunakan 1 bks soun.
  22. Sediakan 2 ikat daun saledri.
  23. Ambil Bawang goreng (lihat resep).

Posbar minggu ini recook resep narasumber bedah resep khas daerah Kotawaringin Barat yaitu "Coto Manggala" dari Mba Eliza Mahyawi. Terima kasih inspirasi resepnya mba 🤗😘 Arti kata dari Coto Manggala yaitu – Coto = Soto – Manggala = Singkong Pada. DKP Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali mempromosikan Coto Manggala dalam event Pekan Daerah (Peda) XII Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) pingkat provinsi. Jika di lihat dari namanya coto manggala adalah soto singkong atau soto ketela. kenapa demikian, ini karena orang kotawaringin barat menyebut singkong / ketela dengan nama manggala.

Baca juga :  Resep Coto Ayam, Bikin Ngiler

Langkah-langkah menyiapkan Coto Manggala khas Kotawaringin Barat:

  1. Siapkan semua bahan, antara lain : cuci ikan, sayap ayam, kulit sapi, lalu potong dadu singkong,kulit sapi dan wortel,kupas bawang merah dan putih,rendam soun dengan air dingin(jika sudah mengembang,tiriskan,lalu digunting-gunting).
  2. Ikan yang sudah dibersihkan dihilangkan sisik,perut dan insangnya (note cara menghilangkan lendirnya : remas dengan jeruk nipis,bilas dengan air,tiriskan/bisa juga dibersihkan dengan air mengalir sampai lendirnya hilang),setelah bersih ikan direbus sampai mendidih(api kecil saja,agar kaldu ikannya keluar,angkat kotoran/buih kaldu) setelah mendidih, sari ikan keluar, ambil daging ikannya, pisahkan daging dari kulit dan tulangnya, air kaldunya simpan untuk campuran kaldu coto..
  3. Kupas manggala,hilangkan sumbunya,potong dadu lalu diKukus (note: ada 2 cara,dikukus dulu,atau langsung dimasak bersama kuah kaldu).
  4. Sambil mengukus singkong, rebus air untuk kuah sotonya : rebus air, kaldu ikan, sayap ayam, kulit sapi, kayu manis dan cengkeh, rebus sampai mendidih, tambahkan wortel dan manggala kukus(bisa juga langsung,tanpa dikukus dulu).
  5. Ulek merica,garam dan jahe merah,sampai halus.masukan daging ikan dan royco..
  6. Tumbuk/Ulek bawang merah dan bawang putih.tambahkan campuran ikan,aduk rata..
  7. Panaskan minyak goreng,tumis bumbu coto sampai tanak..
  8. Masukan tumisan bumbu ke dalam rebusan kaldu,aduk rata..
  9. Tambahkan irisan daun bawang, rebus sampai mendidih kembali, tes rasa. matikan kompor..
  10. Tata mangkok saji : tuang coto manggala di mangkok,tambahkan soun,irisan tipis telur dadar, kerupuk ikan yang diremukkan,irisan daun saledri dan bawang goreng..
  11. Note : ✔ diresep ini aku nggak menggunakan kepala udang,jika menggunakan akan terasa lebih gurih dan manis. ✔singkong bisa langsung direbus saja tanpa dikukus dulu. ✔biasanya selain pelengkap yang aku tulis disini,bisa ditambahkan juga mie kuning,makaroni. Bisa juga ditambahkan irisan telur rebus sebagai pengganti irisan telur dadar. ✔jika tidak ada kerupuk ikan bisa diganti kerupuk apa saja..
  12. Versi coto manggalaku sebelumnya, tapi dulu tidak menggunakan daging ikan,aku modifikasi dengan seleraku alias "soto banjar dengan kearifan lokal" 😅 (lihat resep).
  13. Ini versi coto manggalaku diawal" aku jadi cookpader 🙈 (lihat resep).

Atas prestasi ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) terus mendorong kuliner berbahan utama menggala (singkong) ini lebih dikenal masyarakat luas. Berkunjung ke Kotawaringin Barat kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi aneka hidangan khas yang kelezatannya mampu menggugah selera dan sulit kamu temukan di daerah lain. Terlebih lagi hanya menggunakan bahan-bahan dan bumbu rempah-rempah yang berkualitas. Berikut resep coto manggala khas Kotawaringin Barat dengan kreasi sajian dari penulis. Kami juga rutin mengadakan pasar malam mangkeme, yang menjual jenis makanan khas Pangkalanbun, di Kampung Sega Kelurahan Mendawai," ujarnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat coto manggala khas kotawaringin barat yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Comment