Resep Coto Menggala, Lezat

Coto Menggala. Coto menggala adalah makanan khas kalimantan. Seperti namanya coto, makanan ini mirip soto kebanyakan tetapi berbeda pada bahan intinya. Bahan intinya adalah manggala, merupakan bahasa daerah untuk ketela.

Coto Menggala ialah soto pada umumnya hanya saja. Coto Manggala adalah soto khas dari daerah Pangkalan Bun Kalimantan tengah👍 Menurut sumber yg saya baca Manggala artinya adalah ketela atau singkong jadi bahan utama soto ini adalah singkong yg di masak dgn bumbu soto, biasanya lauk isian yg di gunakan ada beragam misalnya. coto menggala adalah coto yang sangat unik dan sangat berbeda dengan jenis coto yang lain, bukan hanya dari bahan yang di gunakan tetapi juga dari cara membuatnya. Jika di lihat dari namanya coto manggala adalah soto singkong atau soto ketela. kenapa demikian, ini karena orang kotawaringin barat menyebut singkong / ketela dengan nama manggala.

Lagi mencari inspirasi resep coto menggala yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto menggala yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Coto menggala adalah makanan khas kalimantan. Seperti namanya coto, makanan ini mirip soto kebanyakan tetapi berbeda pada bahan intinya. Bahan intinya adalah manggala, merupakan bahasa daerah untuk ketela.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari coto menggala, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan coto menggala enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan coto menggala sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Coto Menggala memakai 19 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Coto Menggala:

  1. Ambil 600 gr potong ² dan rebus (sy skip, ganti ayam 600 gr).
  2. Gunakan 1,5 kg singkong rebus.
  3. Ambil 2 ltr air (kalo kurang blh ditambah.
  4. Sediakan 3 bh wortel potong.
  5. Sediakan 2 btg daun bawang potong tipis.
  6. Sediakan 1 bks soun rendam tiriskan.
  7. Ambil Bumbu halus.
  8. Gunakan 20 siung bawang merah.
  9. Gunakan 6 siung bawang putih.
  10. Sediakan 1/4 bj pala.
  11. Siapkan 1 ruas jahe.
  12. Sediakan 1 sdt merica.
  13. Gunakan Rempah Cemplung.
  14. Siapkan 1 jari kayu manis.
  15. Gunakan 5 bj cengkeh.
  16. Ambil 1 sdm garam.
  17. Siapkan 5 bks kaldu bubuk/Magie blok.
  18. Siapkan Secukupnya gula.
  19. Ambil Minyak goreng utk menumis.
Baca juga :  Resep Coto Makasar Anti Gagal

Ga foto, cuma lewat aja karena mau cari Coto Menggala. Kuliner Coto Menggala Pangkalanbun Coto menggala juga menjadi menu andalan di beberapa warung makan yang ada di dipinggiran kota hingga pinggiran Sungai Arut. Salah satu warung makan yang menjadikan coto menggala sebagai menu utama ialah Warung Gardu. Mengenal Coto Manggala, Soto Singkong khas Pangkalan Bun.

Cara menyiapkan Coto Menggala:

  1. Rebus air beri sedikit garam + bumbu Cemplung masak hingga mendidih lalu masukkan singkong dan kikil/ayam rebus hingga empuk kemudian masukkan wortel.
  2. Tumis bumbu halus hingga layu dan harum lalu masukkan dlm panci rebusan singkong dll + daun bawang aduk hingga tercampur rata dan bumbu meresap, cek rasa matang angkat sajikan.
  3. Cara penyajian : siapkan piring tata soun, ayam suwir² lalu siram kuah beserta singkong dan isian lainnya.

KOMPAS.com – Indonesia mempunyai beragam sajian soto, mulai dari soto Betawi sampai soto Banjar. Salah satu soto unik di Indonesia adalah coto manggala khas Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Melansir Kompasiana.com, arti dari coto manggala adalah soto dan manggala. Coto Menggala Coto Menggala adalah makanan khas dari Kabupaten Kotawaringin Barat – Kalteng, Coto ialah sebutan untuk Soto dan Menggala adalah bahasa daerah Kotawaringin Barat untuk Singkong jadi Coto Menggala bisa diartikan sebagai Soto Singkong, jika di daerah laing Singkong dibuat sebagai kue dan cemilan namun disini di olah menjadi Soto, zaman dahulu makan ini sangat digemari masyarakat. Nah, Coto Menggala ini terdiri dari singkong atau ketela bersama dengan daging ayam bagian kaki atau sayap.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Coto Menggala yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Leave a Comment