Resep Nasi Kebuli Ayam yang Lezat

Nasi Kebuli Ayam. Coba resep nasi kebuli ayam yang bisa kamu masak menggunakan beras biasa. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan beras basmati dan daging kambing. Namun, cara membuat nasi kebuli yang satu ini terbilang sederhana dan simpel dilakukan siapa saja.

Mari kita simak bersama cara membuatnya di sini! Nasi Kebuli Ayam memang tiada bandingannya. Hidangan yang kerap ditemukan di Jakarta dan dijual oleh para keturunan Arab yang bermukim di Indonesia selama banyak.

Sedang mencari ide resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi kebuli ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Coba resep nasi kebuli ayam yang bisa kamu masak menggunakan beras biasa. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan beras basmati dan daging kambing. Namun, cara membuat nasi kebuli yang satu ini terbilang sederhana dan simpel dilakukan siapa saja.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi kebuli ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Nasi Kebuli Ayam menggunakan 20 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Kebuli Ayam:

  1. Gunakan 4 cup beras cuci bersih.
  2. Ambil 500 g ayam.
  3. Ambil 8 siung bawang merah.
  4. Gunakan 8 siung bawang putih.
  5. Ambil 2 buah tomat haluskan.
  6. Ambil 1 ruas jahe.
  7. Ambil 1 ruas lengkuas.
  8. Ambil 1 btg sereh.
  9. Sediakan 2 lembar daun salam.
  10. Ambil 1 buah bumbu kare indofood.
  11. Gunakan 1 buah santan instan.
  12. Ambil 1 sdt ketumbar bubuk.
  13. Siapkan 1/2 sdt merica.
  14. Ambil 2 bh kapulaga.
  15. Ambil 5 bh cengkeh.
  16. Sediakan 1 sdt garam.
  17. Siapkan 2 sdt kaldu ayam.
  18. Sediakan 1 sdt gula pasir.
  19. Ambil secukupnya Air.
  20. Siapkan Minyak untuk goreng ayam.
Baca juga :  Bagaimana Menyiapkan Nasi Kebuli Ayam Anti Gagal

Siapkan ayam, letakkan ayam di atas wadah datar atau talenan. Gosok permukaan kulit ayam dengan garam hingga licin dan halus, kalau perlu gosokkan juga garam ke dalam rongga ayam. Lakukan ini pada seluruh permukaan ayam, jangan ada bagian yang terlewat. Cara ini membuat ayam menjadi bebas bau.

Cara membuat Nasi Kebuli Ayam:

  1. Haluskan bawang merah putih dan jahe lalu tumis dg lengkuas,sereh dan salam hingga tanak,lalu masukan kapulaga cengkeh dan ketumbar bubuk.
  2. Masukan tomat yg sudah dihaluskan,tumis hingga tanak.
  3. Masukan air, setelah mendidih masukan ayam dan tunggu smpai mendidih lg.
  4. Masukan garam, gula,kaldu bubuk dan merica.
  5. Masukan bumbu kare dan santan smbil diaduk agar santan tidak pecah,,tunggu sampai air aga menyusut dan ayam matang.
  6. Sisihkan ayam dan saring sisa air rebusan ayam.
  7. Masak nasi menggunakan air rebusan ayam seperti biasanya kita masak nasi hingga matang.
  8. Goreng ayam di minyak panas.
  9. Daaann nasi kebuli ayamnya bisa dinikmati bersama keluarga,,lebih nikmat dihidangkan dg acar, sambal dan kerupuk.

Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Masukkan ayam, aduk hingga ayam kaku. Tuangi kaldu, masak hingga air habis terhisap oleh beras. To be honest, the dish in this episode was requested by a kind viewer and I am interested to make it.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi kebuli ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Comment