Bagaimana Membuat Ayam Bumbu Bali Pedas yang Enak Banget

Ayam Bumbu Bali Pedas. Ayam Bumbu Bali ini enak dan pastinya puedesssssssss. Mirip dengan Ayam Bumbu Rujak tetapi beda bumbu rempah. Level pedasnya boleh kok disesuaikan dengan selera.

Untuk ayam bumbu Bali bisa dipakai ayam jantan dan ayam negeri. Tumis bumbu hingga benar-benar matang baru masukkan potongan ayam agar aromanya tidak langu. Basicnya adalah ayam ungkep digoreng, atau ayam asap (intinya ayam yg memang sudah ada rasa bumbu yg digoreng kering), baru diolah lagi dengan bumbu pedas ala bali.

Anda sedang mencari ide resep ayam bumbu bali pedas yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bumbu bali pedas yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ayam Bumbu Bali ini enak dan pastinya puedesssssssss. Mirip dengan Ayam Bumbu Rujak tetapi beda bumbu rempah. Level pedasnya boleh kok disesuaikan dengan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bumbu bali pedas, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan ayam bumbu bali pedas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam bumbu bali pedas sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Ayam Bumbu Bali Pedas memakai 13 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Bumbu Bali Pedas:

  1. Gunakan 1 ekor ayam potong 12.
  2. Ambil Santan dari 1/2 kelapa.
  3. Sediakan 12 Bawang merah.
  4. Ambil 5 Bawang putih.
  5. Gunakan Jahe seruas jari.
  6. Sediakan 3 butir Kemiri bakar.
  7. Siapkan 1/2 buletan Gula merah.
  8. Siapkan 6 lembar Daun jeruk.
  9. Sediakan 6 Cabe merah keriting.
  10. Gunakan 3 Cabe rawit merah.
  11. Sediakan 1 sdm Kecap manis.
  12. Sediakan secukupnya Garam.
  13. Sediakan Jeruk nipis.
Baca juga :  Resep Telur Bumbu Bali simpel yang Lezat

Agak boros bumbu tapi terbayar dg rasanya kok! Bagi anda pecinta pedas, sajian ayam bakar juga bisa dikreasikan dengan racikan bumbu pedas seperti bumbu padang, bumbu rujak, atau bumbu bali. Citarasanya dijamin akan jauh lebih sedap dan 'menggigit' dibanding ayam bakar kecap pada umumnya. Ayam suwir pedas merupakan sajian ayam khas pulau dewata.

Cara membuat Ayam Bumbu Bali Pedas:

  1. Rendam potongan ayam dengan garam & jeruk nipis lalu diamkan sekitar 10 menit untuk menghilangkan bau amis, setelah itu cuci lalu goreng 1/2 matang ayamnya..
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, kemiri, jahe. Setelah halus tumis bumbu dengan sedikit minyak setelah harum masukkan gula merah yg di iris halus. Setelah itu masukkan ayam lalu aduk2 dengan api kecil agar bumbunya meresap..
  3. Setelah ayamnya matang masukkan kecap manis aduk rata lalu diamkan sebentar kemudian angkat & siap di hidangkan..

Seperti hidangan Bali lainnya sajian ayam ini memakai bumbu lengkap dengan rasa pedas menyengat. Daging ayam yang direbus lalu disuwir kasar dan dimasak dengan bumbu ini jadi lauk pelengkap nasi Bali. Belakangan sering dipakai untuk lauk nasi rames. Panggang ayam sampai kecokelatan, kemudian suwir-suwir daging ayam. Tumis bumu halus sampai harum dan matang.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam bumbu bali pedas yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment