Cara Gampang Membuat Coto makassar asli, Enak

Coto makassar asli. Resep Coto Makassar Asli Enak Spesial. Resep Coto Makassar Asli Enak Spesial – Coto Makassar merupakan hidangan berkuah seperti soto. Rasanya yang nikmat membuatnya terus eksis hingga kini.

Cara Membuat Coto Makassar Resep Coto Makassar Asli, Kuah Sedapnya Bikin Lidah Bergoyang. Makassar memiliki hidangan khas berkuah yang nikmat banget. Makanan berbahan dasar daging sapi dan jeroan ini memiliki rasa yang gurih.

Anda sedang mencari inspirasi resep coto makassar asli yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto makassar asli yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto makassar asli, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan coto makassar asli enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Resep Coto Makassar Asli Enak Spesial. Resep Coto Makassar Asli Enak Spesial – Coto Makassar merupakan hidangan berkuah seperti soto. Rasanya yang nikmat membuatnya terus eksis hingga kini.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah coto makassar asli yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Coto makassar asli memakai 20 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Coto makassar asli:

  1. Gunakan bumbu untuk rebus daging :.
  2. Sediakan 1 kg daging sapi (bisa di mix dgn jeroan sapi bila suka).
  3. Siapkan Daun salam.
  4. Siapkan Sereh geprek.
  5. Siapkan 1500 ml Air.
  6. Gunakan Bumbu yang di haluskan :.
  7. Sediakan 2 bonggol bawang putih (sekitar 20 siung).
  8. Gunakan 10 butir kemiri goreng/sangrai.
  9. Sediakan 4 batang serai iris kecil2 dan di goreng.
  10. Gunakan 3 ruas jempol lengkuas iris kecil2 dan di goreng.
  11. Sediakan 2 ruas jempol jahe iris kecil dan di goreng.
  12. Sediakan 500 gram kacang kacang tanah goreng/sangrai.
  13. Sediakan 1 sdm ketumbar sangrai.
  14. Gunakan 1 sdm lada sangrai.
  15. Siapkan 1/2 sdm jinten sangrai.
  16. Gunakan secukupnya Garam.
  17. Siapkan secukupnya Kaldu sapi.
  18. Gunakan secukupnya Gula.
  19. Gunakan Bahan pelengkap :.
  20. Gunakan Daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis dan sambal.

Menggunakan beragam bumbu rempah yang membuat coto makassar menjadi terasa nikmat. Coto makassar yang merupakan salah satu jenis soto khas nusantara ini mengandung berbagai macam bumbu kaya rempah. Untuk sambalnya, coto makassar memiliki sambal khas yang berbeda dari sambal soto pada umumnya. Resep coto makassar asli dengan kuah kental biasanya yang paling dicari.

Langkah-langkah membuat Coto makassar asli:

  1. Cuci bersih daging kemudian rebus bersama sereh dan daun salam selama 30 menit sambil ditutup pancinya, sesekali dibuka tutupnya utk membuang busa dr air rebusan daging, jika sdh 30 menit matikan api biarkan panci tetap tertutup selama 30 menit. setelah 30 menit, rebus kembali daging selama 15 menit dgn panci msh dalam keadaan tertutup.
  2. Blender / ulek kacang tanah hingga halus, sisihkan.
  3. Blender/ulek bumbu2 hingga halus, sisihkan.
  4. Angkat daging lalu potong2 dadu. air rebusan daging td jangan dibuang krn akan dipakai untuk kuahnya, setelah selesai dpotong masukan kembali daging dalam air rebusan daging sambil ditambah air kembali sekitar 500ml.
  5. Panaskan wajan, kemudian tumis bumbu, masak hingga bumbu matang, berubah warna dan harum lalu masukan kedalam air rebusan daging aduk2 biar rata, lalu masukan kacang tanah yg sdh dihaluskan aduk kembali biar rata, masukan garam, kaldu sapi, dan gula aduk kembali sambil tes rasa jika sudah pas masak sekitar 10 menit biar bumbu meresap, matikan api dan pindahkan ke mangkok saji.
  6. Tambahkan daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis, dan sambal, siap utk dinikmati 😍😋🤤.

Coto makassar biasanya menggunakan daging sapi untuk isiannya atau jeroan yang bisa disesuaikan dengan selera. Resep Coto Makassar atau Coto Mangkasara makanan enak asli nusantara merupakan masakan khas Makassar, Sulawesi Selatan. Masakan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama dengan racikan bermacam bumbu. Kata temanku yang asli Makassar dimana ada Coto, disitu ada Buras. PS Mana alamat Warung Coto Makassar langganan papahmu yang disekitar Cakung itu mbak. -> Entar deh kalo papah mau ngemeng lagi tentang resep buras mas. ini aja saya nanya resep coto sombong bangat!!

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Coto makassar asli yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Leave a Comment