Langkah Mudah untuk Membuat Coto Makassar, Bikin Ngiler

Coto Makassar. Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar. This thick and tasty soup is usually made with beef and a variety of innards, such as tripe, brain, lungs, or intestines.

HOW TO MAKE Coto Makassar: Boiled beef, tripe, liver and heart, give lemongrass, galangal, ginger. Once cooked remove and drain, cut into cubes. Heat oil, sauté the crushed spices until fragrant, put into the broth, add fried peanuts, bring to a boil.

Anda sedang mencari ide resep coto makassar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal coto makassar yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar. This thick and tasty soup is usually made with beef and a variety of innards, such as tripe, brain, lungs, or intestines.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto makassar, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan coto makassar yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah coto makassar yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Coto Makassar memakai 13 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Coto Makassar:

  1. Gunakan 1/2 kg daging sapi segar.
  2. Siapkan 7 siung bawang merah.
  3. Gunakan 4 siung bawang putih.
  4. Sediakan 3 ruas lengkuas.
  5. Sediakan 1 ruas jari jahe.
  6. Siapkan 3 buah kemiri digoreng.
  7. Siapkan 1/2 sdt jintan.
  8. Gunakan 3 btg sereh (ambil putihnya aja).
  9. Ambil Sedikit gula merah.
  10. Gunakan 2 sendok kecap manis (optional aku pake 1 sendok manis, 1 sendok asin).
  11. Gunakan Ketumbar bubuk, garam, lada bubuk, penyedap (royco sapi),kaldu totole.
  12. Sediakan 200 gr kacang tanah.
  13. Sediakan 1,5 lt air (optional secukupnya aja karna kt jg pake air kaldu sapi).
Baca juga :  Resep Coto Menggala, Lezat

The presentation, prepare a bowl, fill with meat and. Coto Makassar or Coto Mangkasara (Makassarese), is an Indonesian traditional soup originating from Makassar, South Sulawesi. It is a variant of soto traditional beef and offal stew with seasoned broth made from ground peanuts and spices. The main ingredient of this soup is beef and it can be mixed with innards such as intestine, liver, lungs, heart, tripe, or cow brain.

Langkah-langkah membuat Coto Makassar:

  1. Cuci bersih daging, potong sesuai selera, rebus dipresto sampai empuk.
  2. Goreng kacang tanah kemudian haluskan menggunakan blender.
  3. Smua bumbu dipotong2 dan dihaluskan (aku pake blender, bs jg pake cooper) kecuali kemiri dan jintan ini dihaluskan pake ulekan.
  4. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan (masukkan jg lada bubuk dan ketumbar bubuk) sampai kering dan sedikit kecoklatan.
  5. Panaskan air 1,5 lt dan ditambah dengan air kaldu (bebass disesuaikan kalo dirasa nanti kekentalan bs tambah air lagi).
  6. Setelah air mendidih, masukkan bumbu yg sdh ditumis kering, dan kacang yg sudah dihaluskan, tambahkan penyedap rasa sapi, kecap, gula merah, garam.
  7. Setelah tercampur dan dirasa tingkat kekentalan kuah sdh pas, masukkan daging yg sdh direbus tunggu sampai mendidih.
  8. Sebagai pelengkap siapkan jeruk nipis, cabe, potongan daun bawang & daun sop, dan tidak lupaaaa bawang goreng.
  9. Selamat menikmati ☺️.

Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, yang ditambah dengan beberapa bagian dalam dari sapi. Bagian – bagian tersebut seperti jeroan, paru, hati, usus, jantung, hingga babat.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan coto makassar yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Comment