Resep Tum Daging Sapi Bumbu Bali, Enak Banget

Tum Daging Sapi Bumbu Bali. Resep Tum Sapi, Makanan Bali Mirip dengan Pepes. Ilustrasi tum atau pepes khas Bali. (SHUTTERSTOCK/ SRI WIDYOWATI) Wahyuni Mulyawati & Ilse Harahap. Tum khas Bali biasanya menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya, tapi kamu juga bisa menggantinya dengan daging sapi.

Maka dari itu, simak dan pahami langkah memasaknya ya biar nanti cita rasanya sama-sama lezat. Langkah-langkah memasak resep daging sapi bumbu bali: Cuci daging sampai bersih. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, kemiri, terasi, irisan gula jawa, dan lengkuas lalu tumis.

Lagi mencari ide resep tum daging sapi bumbu bali yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tum daging sapi bumbu bali yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Tum Sapi, Makanan Bali Mirip dengan Pepes. Ilustrasi tum atau pepes khas Bali. (SHUTTERSTOCK/ SRI WIDYOWATI) Wahyuni Mulyawati & Ilse Harahap. Tum khas Bali biasanya menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya, tapi kamu juga bisa menggantinya dengan daging sapi.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tum daging sapi bumbu bali, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan tum daging sapi bumbu bali yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah tum daging sapi bumbu bali yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Tum Daging Sapi Bumbu Bali memakai 23 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Tum Daging Sapi Bumbu Bali:

  1. Ambil 500 gr daging sapi cincang.
  2. Gunakan 5 lembar daun jeruk kembar.
  3. Sediakan 1 batang sereh peprek.
  4. Sediakan 10 lembar daun salam.
  5. Sediakan 150 ml air matang.
  6. Gunakan 6 sdt fibercreme bubuk.
  7. Sediakan 10 lembar daun pisang.
  8. Siapkan Tusuk gigi.
  9. Sediakan Minyak kelapa untuk menumis.
  10. Sediakan Bumbu Halus.
  11. Ambil 5 buah cabe merah besar.
  12. Sediakan 10 buah bawang merah.
  13. Siapkan 5 buah bawang putih.
  14. Gunakan 4 buah kemiri goreng.
  15. Ambil 1 ruas jahe.
  16. Gunakan 1 ruas kunyit.
  17. Gunakan 1 ruas lengkuas.
  18. Gunakan 1 batang sereh.
  19. Siapkan 1/2 ruas kencur.
  20. Gunakan 1/2 sdt terasi matang.
  21. Ambil 2 sdt himsalt / garam.
  22. Sediakan 1,5 sdt kaldu jamur.
  23. Siapkan 1,5 sdt coconut sugar / gula.
Baca juga :  Resep Tahu Telur bumbu bali yang Bisa Manjain Lidah

Punya stok daging sapi di rumah? Anda bisa kreasikan dengan bumbu bali. Daging sapi berlumur bumbu yang melimpah, sangat cocok buat pendamping nasi hangat. Cita rasanya begitu pas, bahan-bahan untuk membuatnya juga mudah didapatkan.

Cara menyiapkan Tum Daging Sapi Bumbu Bali:

  1. Siapkan semua bahan2.
  2. Panaskan minyak kelapa lalu tumis bumbu halus dengan sereh dan daun jeruk sampai harum dan matang lalu masukan daging aduk rata sampai daging berubah warna, kemudian tambahkan air matang dan fibercreme bubuk..
  3. Aduk rata kembali dan terus masak sampai air menyusut habis test rasa lalu biarkan sampai agak dingin, siapkan daun pisang yang sudah dipanaskan agar lemas taruh daun salam di atas daun pisang kemudian adonan secukupnya..
  4. Lalu lipat dan sematkan lidi, lakukan hingga adonan habis, setelah itu kukus kurang lebih 20-25 menit..
  5. Lalu tum bisa disajikan dimakan dengan nasi anget, sayur dan sambal kesukaan 🤤😍, note : ini saya versi kids friendly ya kalau mau yg versi pedasnya cabenya bisa diganti rawit semua atau campur kriting merah dan rawit ya suka2 deh pokoknya 😉, dan resep asli bisa pakai daging giling atau ayam utuh ya kalau saya lbh suka daging giling krn lbh meresap bumbunya selamat mencoba mudah bukan 😉..

KOMPAS.com – Serapah adalah sejenis lauk setengah basah yang terbuat dari daging yang dibumbui dengan aneka rempah, santan, dan tepung beras sebagai pengental Umumnya masyarakat Bali membuat serapah dengan menggunakan daging babi. Namun kamu dapat menggantinya dengan sapi yang halal. Lauk khas Bali ini bisa dijadikan sebagai menu makan siang saat perayaan Nyepi. Kalau hari raya galungan dan kuningan biasanya masyarakat Bali akan membuat masakan khas bali seperti tum. Tum Bali itulah sebutannya mengingat masakan ini hanya ada di Bali kalau diluar sering disebut pepes karena pembuatannya hampir sama dengan pepes.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Tum Daging Sapi Bumbu Bali yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Leave a Comment