Resep Coto makassar, Bisa Manjain Lidah

Coto makassar. Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar. This thick and tasty soup is usually made with beef and a variety of innards, such as tripe, brain, lungs, or intestines.

Coto Makassar or Coto Mangkasara (Makassarese), is an Indonesian traditional soup originating from Makassar, South Sulawesi. It is a variant of soto traditional beef and offal stew with seasoned broth made from ground peanuts and spices. The main ingredient of this soup is beef and it can be mixed with innards such as intestine, liver, lungs, heart, tripe, or cow brain.

Sedang mencari inspirasi resep coto makassar yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto makassar yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar. This thick and tasty soup is usually made with beef and a variety of innards, such as tripe, brain, lungs, or intestines.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari coto makassar, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan coto makassar enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan coto makassar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Coto makassar menggunakan 29 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Coto makassar:

  1. Siapkan 500 gram daging sapi.
  2. Ambil Air cucian beras ke 2 & 3.
  3. Siapkan Kacang tanah goreng (haluskan).
  4. Gunakan Seruas jari telunjuk Kayu manis.
  5. Sediakan Lengkuas, geprek.
  6. Siapkan 2 batang Serai, geprek.
  7. Gunakan 3 lembar Daun salam.
  8. Siapkan 3 lembar daun jeruk.
  9. Ambil Gula pasir.
  10. Sediakan Kaldu jamur.
  11. Gunakan Royco sapi.
  12. Siapkan Garam.
  13. Ambil Bumbu halus :.
  14. Siapkan 6 siung bawang merah.
  15. Siapkan 6 siung bawang putih.
  16. Siapkan 3 cm jahe.
  17. Sediakan 1 batang serai ambil putihnya.
  18. Gunakan 1 sdt ketumbar sangrai.
  19. Siapkan 4 biji kemiri sangrai.
  20. Siapkan 1/2 sdt pala bubuk.
  21. Ambil 1/2 sdt jintan sangrai.
  22. Gunakan 1/2 sdt lada bubuk.
  23. Gunakan Bahan pelengkap :.
  24. Gunakan Daun bawang potong².
  25. Siapkan Sambel.
  26. Siapkan Bawang goreng.
  27. Siapkan Kecap.
  28. Sediakan Jeruk nipis.
  29. Gunakan Kalau ada ketupat atau burasa lebih sadap.
Baca juga :  Cara Gampang Menyiapkan Coto Daging Maknyus, Enak Banget

HOW TO MAKE Coto Makassar: Boiled beef, tripe, liver and heart, give lemongrass, galangal, ginger. Once cooked remove and drain, cut into cubes. Heat oil, sauté the crushed spices until fragrant, put into the broth, add fried peanuts, bring to a boil. The presentation, prepare a bowl, fill with meat and.

Cara membuat Coto makassar:

  1. Pertama² rebus daging yg sudah di cuci dengan air cucian beras sampai matang, gengs biar gak kelamaan rebusnya dan biar irit gas, kita pake rumus masak 5.30.7 yah, maksudnya rebus selama 5 menit terus diamkan selama 30 menit dengan di tutup rapat, kemudian rebus lagi 7 menit, di jamin dagingnya empuk, sy sudah sering masak kaya gitu. Kalau dagingnya sudah empuk keluarin dari panci yah gengs dan potong sesuai selera, memang beda sih kaya soto² yg lain, yg dagingnya di potong² lebih dulu.
  2. Next, blender semua bumbu, kemudian panaskan minyak goreng, tuang bumbu yg sudah di haluskan tadi, terus masukkan lengkuas, serai, kayu manis, daun salam dan daun jeruk, aduk² sampai wangi dan bumbu menyusut yah gengs.
  3. Setelah bumbu menyusut tuang ke panci yg ada air rebusan daging tadi, jangan lupa tuang juga kacang tanah goreng yg sudah di haluskan, beri garam, royco sapi, kaldu jamur dan gula, cek rasa..
  4. Selamat mencoba gengs.

Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, yang ditambah dengan beberapa bagian dalam dari sapi. Bagian – bagian tersebut seperti jeroan, paru, hati, usus, jantung, hingga babat.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat coto makassar yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment