Cara Gampang Menyiapkan Nasi Kebuli Ayam, Menggugah Selera

Nasi Kebuli Ayam. Coba resep nasi kebuli ayam yang bisa kamu masak menggunakan beras biasa. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan beras basmati dan daging kambing. Namun, cara membuat nasi kebuli yang satu ini terbilang sederhana dan simpel dilakukan siapa saja.

Mari kita simak bersama cara membuatnya di sini! Nasi Kebuli Ayam memang tiada bandingannya. Hidangan yang kerap ditemukan di Jakarta dan dijual oleh para keturunan Arab yang bermukim di Indonesia selama banyak.

Anda sedang mencari ide resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Coba resep nasi kebuli ayam yang bisa kamu masak menggunakan beras biasa. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan beras basmati dan daging kambing. Namun, cara membuat nasi kebuli yang satu ini terbilang sederhana dan simpel dilakukan siapa saja.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan nasi kebuli ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi kebuli ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Kebuli Ayam memakai 25 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:

  1. Siapkan Bahan utama:.
  2. Sediakan 1 ekor ayam potong2, direbus. Air rebusan jangan dibuang.
  3. Gunakan 600-700 gram beras Bramasti. Rendem 20-30menit lalu bersihka.
  4. Gunakan 3-4 telur. Digoreng dadar.
  5. Siapkan optional Kismis.
  6. Ambil Bumbu2 halus:.
  7. Sediakan 12 bawang merah.
  8. Gunakan 12 bawang putih.
  9. Sediakan 10 ketumbar.
  10. Gunakan 14 cabe lombok merah, buang bijinya.
  11. Sediakan 3 sendok makan Jinten bubuk/butiran juga boleh ntar ditumbuk halus.
  12. Siapkan 1 sendok makan pala halus/butiran juga boleh ntar tumbuk halus.
  13. Siapkan 1 sendok makan cengkeh halus / butiran juga boleh ntar tumbuk halus.
  14. Gunakan 1 sendok merica/butiran jg boleh ntar tumbuk halus.
  15. Gunakan 2 cm jahe.
  16. Siapkan 2 cm kunyit.
  17. Ambil Bumbu tumis:.
  18. Gunakan 1 buah tomat potong kecil2.
  19. Sediakan 1 buah bawang bombay potong kecil.
  20. Sediakan 2 batang sereh, digebukin ampe menyek.
  21. Gunakan 4 buah kayu manis.
  22. Gunakan 6 buah daun lawang.
  23. Sediakan 5 lembar daun salam.
  24. Sediakan 8 butir kapulaga, buang kulitnya.
  25. Ambil 15 sendok santen. Karena susu cair lagi ga ada, santen yang saya perbanyak.
Baca juga :  Resep Nasi Kebuli Ayam Ala-ala Anti Gagal

Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap. Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba. Semua rasanya sangat enak dan menggoda. Kali ini resepkuerenyah akan sajikan resep nasi kebuli ayam yang enak dan.

Cara membuat Nasi Kebuli Ayam:

  1. Blender bumbu2 halus. Sebelumnya kasih garam n minyak sayur dulu, baru dimainkan. Kalau ga ada blender, mending beli bumbu2 halus dalam botol plastik..itung2 buat stok. Kalau numbuk, kelamaan n suka muncrat2..jadi habis deh.
  2. Ayam direbus sampai matang. Air rebusan jangan dibuang, nanti dipakai buat rebus beras.
  3. Tumis bawang bombay, oseng2. Lalu masukan bumbu2 halus. Oseng2 lagi sampe haruum. Masukan semua bumbu tumis n tomat. Oseng2 lagi sampe harum. Tambahkan santen lalu masukan ayam yang tadi direbus serta sedikit air kaldu ayam. Udak aduk biar bumbu meresap ke sanubari ayam. Tambahkan garam secukupnya. Jangan lupa tes rasa, jangan sampai keasinan ntar dibilang mau nikah lage 😬😨. Kalau air tumisan udah nyusut, angkat ayam.
  4. Di kuali tadi, masukan beras bramasti, n air kaldu secukupnya. Jangan sampe kebanyakan air, ntar luntur warnanya 😂. Boleh nambah santen 1 – 2 sendok. Lalu aduk2 5-7 menitan biar rata.
  5. Saatnya kukus. Saya ga pake magiccom karena masih ada nasi mertua 😥😮😅. Air jangan sampe nyentuh batasan alas tatakan dangdang, biar ga kena beras ntar luntur lage. Sebelum dikukus, olesin dulu mentega or minyak sayur di alas tatakan dandang n kiri kanan dandang biar pas mateng nasi nanti ga nempel. Kukus kurang lebih 20 – 30 menit dengan api sedang sampe dandang keluar asep. Lalu dicek, udah mateng apa belum. Kalau belum, dikukus lagi aja ya.
  6. Ayam sebenarnya bisa ikut dikukus. Tapi saya digoreng aja deh. Sekalian bikin telor dadar.. standar aja telor dadarnya pake garem n daun bawanf potong2 tipis.
  7. Aksesoris lainnya kayak Kismis, acar, kerupuk bisa ditambahkan sendiri..

Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Masukkan ayam, aduk hingga ayam kaku. Tuangi kaldu, masak hingga air habis terhisap oleh beras. To be honest, the dish in this episode was requested by a kind viewer and I am interested to make it.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi kebuli ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Comment