Bagaimana Membuat Tongkol suwir bumbu bali Anti Gagal

Tongkol suwir bumbu bali. Ikan Tongkol di Indonesia, biasanya itu ikan utuh. Hampir tidak ada fillet ikan, kecuali kamu fillet sendiri. Saya biasanya akan menggoreng atau mengukus seluruh ikan dan disuwir-suwir kemudian memasak ikan dengan bumbu pedas yang mantap khas Bali.

Setelah bumbu harum, tambahkan Lada bubuk, gula, garam dan kecap. Beri sedikit air dan test rasa. Ikan Tongkol Tahu bumbu bali siap dinikmati.

Lagi mencari inspirasi resep tongkol suwir bumbu bali yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal tongkol suwir bumbu bali yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol suwir bumbu bali, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan tongkol suwir bumbu bali yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Ikan Tongkol di Indonesia, biasanya itu ikan utuh. Hampir tidak ada fillet ikan, kecuali kamu fillet sendiri. Saya biasanya akan menggoreng atau mengukus seluruh ikan dan disuwir-suwir kemudian memasak ikan dengan bumbu pedas yang mantap khas Bali.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah tongkol suwir bumbu bali yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Tongkol suwir bumbu bali memakai 11 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Tongkol suwir bumbu bali:

  1. Gunakan 500 gr ikan tongkol.
  2. Siapkan 6 butir bawang merah.
  3. Siapkan 5 butir bawang putih.
  4. Gunakan sesuai selera Cabe merah.
  5. Siapkan sesuai selera Cabe rawit.
  6. Gunakan 1 ruas jahe.
  7. Ambil 2 batang serai, potong serong.
  8. Siapkan 2 ruas lengkuas.
  9. Gunakan 5 lembar daun jeruk, iris tipis.
  10. Ambil secukupnya Garam.
  11. Ambil secukupnya Gula merah.
Baca juga :  Resep Lele Bumbu Bali yang Enak Banget

Ikan tongkol bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang menggugah selera. Kamu bisa memadukan berbagai macam bumbu, mulai dari bumbu kuning, saus tiram, hingga beberapa butir cabai agar rasanya lebih pedas. Kalau kamu pengin berkreasi dengan ikan tongkol, cobalah membuat tongkol suwir pedas. Aroma dan rasanya bakal bikin kamu terbayang terus, deh.

Langkah-langkah menyiapkan Tongkol suwir bumbu bali:

  1. Goreng ikan tongkol setengah matang kemudian suwir dagingnya (gak perlu sampe halus).
  2. Blender bumbu2, kecuali bumbu rempah.
  3. Tumis bumbu halus, bumbu rempah, aduk rata.. beri garam dan gula merah secukupnya.
  4. Setelah bumbu matang,masukkan ikan tongkol suwir tadi,aduk rata hingga tercampur dg bumbu.
  5. Utk tingkat kekeringan bisa disesuaikan dgn selera.. semakin kering, semakin tahan lama…
  6. Tes rasa… setelah matang, siap disajikan dgn nasi putih panas.

Ikan tongkol biasanya diolah dengan cara digoreng untuk menjaga rasa gurihnya. Gak hanya digoreng, kamu pun bisa mencampurnya dengan bumbu kemangi yang menggugah selera. Apalagi kalau daging tongkolnya disuwir, bumbunya jadi makin meresap sempurna. Inilah cara membuat dan resep tongkol suwir kemangi yang bisa kamu coba di rumah. Kemudian tumis bumbu halus bersama bumbu daun, selain kemangi sampai harum ya Bun.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat tongkol suwir bumbu bali yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment